Mau Lebih Sehat? Hindari Kebiasaan Makan di Meja Kerja!

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 01 Feb 2019, 17:00 WIB
Pegawai kantoran kerap makan siang di meja sambil mengerjakan tugas-tugas. Sehatkah kebiasaan ini?
Mau Lebih Sehat? Hindari Kebiasaan Makan di Meja Kerja! (Photographee.eu/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Anda pegawai kantoran yang selalu diburu tenggat waktu, dan memiliki kebiasaan makan siang di meja kerja? Hal ini mungkin dirasa praktis. Tapi tahukah Anda bahwa kebiasaan ini membahayakan kesehatan tubuh? 

Perlu Anda ketahui, kebiasaan makan di meja kerja dapat berakibat buruk pada kesehatan sekaligus memengaruhi tingkat produktivitas Anda. Untuk mengatasi hal tersebut, dr. Nadia Octavia dari KlikDokter menyarankan, meski Anda sibuk mengerjakan tugas-tugas di meja kerja Anda, usahakan untuk selalu menyempatkan diri untuk bergerak aktif.

Saran di atas berguna untuk menjaga agar Anda selalu bugar. Namun jika Anda lebih sering duduk dan makan di meja kerja Anda – meskipun sambil mengerjakan tugas – Anda rentan mengalami sejumlah hal ini. Dilansir dari Reader’s Digest, berikut ini adalah dampak buruk dari kebiasaan makan di meja kerja:

1. Cenderung makan berlebihan

Makan sembari bekerja sebetulnya dapat berdampak buruk. Biasanya Anda tidak menyadari, sudah berapa kali mengunyah makanan tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas makan yang terganggu dengan hal lain dapat mengakibatkan Anda cenderung melahap makanan secara berlebihan.

Contoh aktivitas makan yang terganggu adalah makan sambil menonton televisi, membaca, atau mengerjakan sesuatu. Agar terhindar dari gangguan-gangguan tersebut, luangkan waktu untuk fokus pada makanan Anda.

Jauhkan diri dari layar komputer, gawai dan hal-hal lain yang dapat mengganggu perhatian Anda saat makan. Lewat pola makan yang sadar, Anda akan makan lebih sedikit namun tetap kenyang.

2. Otak kelelahan

Waktu makan siang adalah kesempatan yang tepat untuk mengistirahatkan otak. Hindari terjebak pada layar gawai dan menjauhlah sejenak dari pekerjaan kantor. Cobalah untuk melakukan hal yang baru pada saat Anda makan siang.

3. Duduk terlalu lama

Seseorang mampu menghabiskan 15 jam per hari untuk duduk, baik saat kerja di kantor, mengemudi kendaraan, bekerja, sarapan di meja makan, hingga menonton televisi. Dengan makan sambil melanjutkan pekerjaan, semakin lama pula waktu Anda duduk.

Penelitian menunjukkan bahwa terlalu lama duduk berbahaya bagi kesehatan dan kesejahteraan jangka panjang. Menghabiskan waktu lama dengan hanya duduk pun akan menimbun kalori dalam tubuh.

Cobalah untuk berdiri dan berjalan mengitari ruangan kerja. Lebih bagus lagi jika perusahaan menyediakan alat olahraga dan penunjang aktivitas fisik. Sebab, hal tersebut baik untuk membakar kalori dan bikin tubuh lebih sehat.

4. Kehilangan waktu bersosialisasi

Menghabiskan waktu makan siang terkurung di kantor dapat membatasi waktu yang dimiliki untuk bersosialisasi. Dampaknya akan terasa pada kebahagiaan dan produktivitas Anda. Cobalah atur pertemuan dengan teman untuk sekadar makan siang di luar.

Hal tersebut dapat memulihkan tenaga, dan mengurangi stres yang ada pada pikiran Anda. Selain itu, Anda juga akan merasa lebih fokus dan bahagia dalam menjalani banyak hal, salah satunya menggarap pekerjaan.

Kebiasaan makan di meja makan memang pada akhirnya rentan menumbuhkan keempat masalah di atas. Untuk mengatasinya, dr. Nadia Octavia memberikan solusi yang mudah.

“Ubahlah kebiasaan sebelum pergi ke kantor dengan memperbanyak jalan kaki, olahraga di sela istirahat kantor, dan mengonsumsi makanan sesuai kebutuhan kalori,” tuturnya.

Nah, bila ingin memiliki tubuh yang sehat, hindari makan di meja kerja meski sambil mengerjakan tugas kantor. Tak hanya berpengaruh terhadap berat badan, kebiasaan tersebut juga dapat memengaruhi kondisi mental Anda. Tanpa Anda sadari, kebiasaan ini akan membuat Anda mengalami banyak gangguan kesehatan.

[NP/ RVS]