5 Makanan Untuk Gigi dan Gusi Sehat

Oleh drg. Wiena Manggala Putri pada 03 Feb 2019, 08:35 WIB
Jika Anda ingin memiliki gigi dan gusi yang sehat Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan di bawah ini.
5 Makanan Untuk Gigi dan Gusi Sehat (Sofi-photo/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Siapa yang tak ingin memiliki gigi dan gusi yang sehat. Anda dapat mewujudkannya dengan cara mencegah agar gigi tidak mudah berlubang serta menjaga kesehatan mulut dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan pola makan dan pemilihan makanan yang menduking kesehatan gigi dan gusi.

Perubahan pada kesehatan gigi dan mulut dimulai dari memilih makanan-makanan tertentu yang Anda konsumsi. Bakteri di dalam mulut mengubah gula dan karbohidrat dari makanan yang Anda makan menjadi asam. Asam itulah yang nantinya akan merusak bagian pada enamel gigi sehingga gigi menjadi rusak dan berlubang.

Untuk menjaga agar gigi dan gusi tetap sehat, terdapat beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi. Makanan yang bisa Anda pilih antara lain :

1. Makanan yang mengandung kalsium dan fosfor

Keju, susu, yoghurt tawar dan tahu adalah beberapa makanan yang dipercaya dapat bermanfaat bagi kesehatan gigi karena tingginya kasium dan nutrisi yang diberikan.

Selain itu, makanan kaya protein seperti daging, unggas, ikan dan telur merupakan sumber fosfor terbaik. Kedua mineral ini memiliki peran penting dalam kesehatan gigi, yaitu melindungi dan memperkuat kembali lapisan enamel gigi (remineralisasi).

2. Sayur

Sayur adalah pilihan yang baik untuk senyum yang sehat karena sayur mengandung banyak air dan serat yang berfungsi untuk menyeimbangkan gula yang di kandungnya dan membantu dalam membersihkan gigi.

Bagi Anda yang tidak toleran terhadap laktosa dan produk yang mengandung susu, konsumsilah sayuran hijau, seperti bayam atau brokoli yang tinggi kalsium.

3. Buah

Pilihlah buah-buahan seperti apel dan pir. Buah ini memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat mengencerkan efek gula yang dikandungnya.

Selain itu, makanan ini juga berfungsi untuk merangsang produksi aliran air liur. Produksi air liur ini berfungsi untuk membersihkan asam-asam berbahaya dan sisa-sisa makanan dari gigi serta melindungi gigi dari kerusakan.

4. Batasi minuman manis

Air terutama air yang mengandung fluoride adalah pilihan terbaik, termasuk susu dan teh tanpa pemanis. Anda dapat membatasi minuman yang mengandung gula tinggi, seperti minuman ringan atau berkarbonasi, kopi atau teh dengan tambahan gula.

5. Permen karet

Mengunyah permen karet tanpa gula sebenarnya bermanfaat bagi kesehatan gigi Anda. Aktivitas mengunyah permen karet dapat membantu mengeluarkan makanan yang tersangkut di sela-sela gigi.

Selain itu, dengan mengunyah permen karet juga dapat meningkatkan produksi aliran air liur untuk melindungi dan menetralkan asam di dalam mulut. Beberapa produk permen karet mengandung bahan yang dapat mengurangi gigi berlubang, namun bila terdapat masalah pada rahang Anda, sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan ini.

Selain mengonsumsi makanan-makan di atas, perawatan dasar untuk gigi dan gusi juga harus dilakukan, seperti :

  • Sikat gigi  secara teratur 2 kali sehari, pada pagi hari setelah makan  dan malam sebelum tidur.
  • Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride agar gigi tidak mudah berlubang.
  • Bersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan dental floss minimal 1 kali sehari.
  • Berkumurlah dengan obat kumur minimal sekali dalam sehari.
  • Jangan lupa lakukan kunjungan secara rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.

Menjaga pola makan memang penting agar gigi dan gusi tetap sehat, tetapi perawatan gigi dan gusi ini juga tak kalah penting untuk dilakukan.  Dengan memilih makanan yang tepat serta menjalankan pola makan yang sehat, Anda bisa menjaga kondisi gigi dan gusi selalu sehat.

[RVS]