Bakar Lemak di Akhir Minggu dengan Konsumsi Ini!

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 03 Feb 2019, 16:30 WIB
Akhir minggu bukan berarti bisa makan sepuasnya. Tetaplah jaga pola makan, dan konsumsi makanan pembakar lemak ini.
Bakar Lemak di Akhir Minggu dengan Konsumsi Ini! (DexonDee/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Akhir minggu telah tiba. Saatnya bersantai di rumah dan menikmati waktu istirahat. Ada pula yang memilih untuk jalan-jalan bersama keluarga dan wisata kulineran. Apa pun kegiatan yang Anda pilih, tetaplah menjaga pola makan apalagi jika Anda sedang berdiet. Lebih baik mengonsumsi makanan sehat yang dapat membuat badan segar sekaligus mampu membakar lemak Anda.

"Mengonsumsi makanan pembakar lemak ini penting untuk meluruhkan lemak. Tapi sebenarnya lebih penting lagi menjaga supaya lemak-lemak jahat tidak masuk, dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang lainnya. Jadi tidak hanya bergantung pada makanan pembakar lemak ini saja,” kata dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter.

Dilansir NetDoctor, berikut beberapa jenis makanan yang dapat membantu membakar lemak Anda saat akhir minggu nanti.

1. Kunyit

Kunyit adalah sejenis rempah-rempah yang banyak tumbuh di sekitar Asia Tenggara. Bumbu kuning ini dapat mengurangi peradangan di tubuh, termasuk sel-sel lemak yang juga bisa meradang di dalam tubuh Anda. Sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan kurkumin yang ada di dalam kunyit juga dapat memengaruhi persentase lemak tubuh.

2. Alpukat

Alpukat merupakan jenis buah yang mengandung lemak tak jenuh tunggal tingkat tinggi. Ia dapat membantu memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah, mengurangi kadar gula darah, dan membantu tubuh memecah lemak. Penelitian menunjukkan bahwa makanan yang menurunkan kadar gula darah dapat memaksa tubuh membakar lemak untuk melepaskan energi.

3. Minyak kelapa

Pilihlah minyak yang memiliki lemak baik seperti minyak kelapa. Jenis minyak ini dapat membantu menurunkan berat badan dan bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. Ketika Anda mengonsumsi makanan yang kaya lemak baik, bebas gula, dan karbohidrat olahan, Anda bisa kenyang lebih lama dan dapat mengatur gula darah terkait respons insulin.

4. Blueberry

Blueberry kaya akan antioksidan dan baik untuk membantu pembakaran lemak. Buah ini juga mengandung serat dan air yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Tak hanya itu, blueberry dapat mengelola pembakaran serta penyimpanan lemak sehingga membantu mengurangi lemak perut.

5. Almon

Makan almon secara rutin dapat menguntungkan pinggang Anda. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association menunjukkan, mengonsumsi 42 gram almond setiap hari dapat mengurangi kolesterol total, lemak perut, serta lingkar pinggang.

6. Telur

Telur mengandung protein dalam jumlah tinggi dan rendah kalori. Tak heran jika makanan ini merupakan pilihan tepat untuk membakar lemak dalam tubuh. Selain itu, telur mengandung asam amino yang disebut leusin, yang berfungsi untuk membakar lemak dan menjaga massa otot.

7. Salmon

Salmon merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang bermanfaat untuk menghilangkan lemak, karena tubuh harus bekerja lebih keras untuk mencernanya. Makan salmon juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Di samping itu, salmon mengandung asam lemak omega-3, yang terbukti mengurangi peradangan dan meningkatkan pembakaran lemak. Studi menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan dapat membantu mengurangi lemak perut serta kortisol (hormone stres yang terkait dengan penyimpanan lemak).

Supaya lebih manjur dalam membakar lemak pada akhir minggu, dr. Dyan Mega turut menyarankan agar Anda berolahraga. Pola makan yang baik dan olahraga teratur adalah kombinasi yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

“Sepertinya sudah bukan rahasia lagi ya, bahwa olahraga dan perubahan pola makan merupakan kunci dalam program penurunan berat badan. Dengan penghancuran lemak yang cepat, berat badan ideal juga pastinya segera tercapai,” tuturnya.

Jadikan akhir minggu sebagai waktu untuk menimbang kembali gaya hidup Anda selama ini, termasuk pola makan. Meski judulnya hari libur, tetap penting untuk konsisten menjaga pola makan serta tidak kebablasan ngemil makanan tinggi kalori dan lemak jenuh. Jadi, mau bakar lemak dengan makanan apa nanti?

[RS/ RVS]

Sinta AceuksSinta Aceuks

saya pengen diet tapii suka pusing kepalanya kalo gak makan setengah harii... dulu badanku sangat kecill, mempunyai pinggang indah.. tapi apa sekarangg susah sekali... bagaimana car mengecilkan badan lagi ya??