8 Gejala Kanker yang Harus Diwaspadai Wanita

Oleh Ayu Maharani pada 04 Feb 2019, 11:00 WIB
Kaum hawa, kenali dan waspadai ragam gejala kanker di bawah ini untuk harapan hidup wanita yang lebih baik.
8 Gejala Kanker yang Harus Diwaspadai Wanita (Branislav Nenin/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Dulu, mungkin wanita bisa pasif terhadap kondisi kesehatannya sendiri dengan mengabaikan segala gejala kanker dan mengatakan, “Ah, ini bukan apa-apa.” Tapi kini, dengan semakin banyaknya informasi terkait gejala kanker dan makin tingginya angka kematian wanita yang disebabkan oleh kanker, seharusnya bisa membuat Anda lebih peka terhadap penyakit mematikan tersebut.

Agar Anda bisa lebih waspada terhadap kanker pada Hari Kanker Sedunia yang jatuh tepat hari ini (04/02), berikut adalah berbagai gejala kanker yang dikutip dari WebMD.

  1. Ada yang “aneh” pada payudara

Salah satu cara termudah untuk melihat apakah Anda berpotensi terkena kanker payudara adalah mengecek segala perubahan yang terjadi pada payudara. Misalnya, apakah puting terlalu masuk ke dalam atau justru terlalu keluar, ada kemerahan dan kerak pada puting atau kulit payudara, dan ada atau tidaknya benjolan.

Jika Anda menemukan gejala tersebut, sebaiknya segera kunjungi dokter agar dokter bisa melakukan pemeriksaan fisik dan mencari tahu riwayat kesehatan Anda. Bila perlu, Anda akan menjalani tes mammogram atau biopsi untuk memastikan apakah ada sel kanker yang bersarang di payudara.

  1. Sering kembung

Menurut Marleen Meyers, MD, seorang ahli onkologi dari NYU Langone Medical Center, wanita memang sering merasakan kembung dan umumnya terjadi selama seminggu ataupun dua minggu. Namun, bila gejala tersebut tidak kunjung membaik, terlalu sering kambuh, dan dibarengi dengan penurunan berat badan hingga perdarahan, sebaiknya segera periksakan kondisi tersebut ke dokter.

Sering kembung yang disertai dengan gejala lain bisa menjadi tanda kanker usus, lambung, ovarium, serviks, ataupun pankreas. Saat Anda diperiksa oleh dokter terkait gejala kanker, mereka mungkin akan menyarankan Anda untuk melakukan beberapa pemeriksaan, seperti tes darah, mammogram, kolonoskopi, endoskopi, dan CT scan untuk mencari akar permasalahan.

1 of 3

Selanjutnya

  1. Pola menstruasi berubah-ubah

Menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, adanya perubahan pola menstruasi, termasuk perubahan durasi haid, frekuensi haid, nyeri haid berlebihan, dan volume darah haid yang berlebihan merupakan salah satu tanda dari kanker ovarium.

“Gangguan pada ovarium, termasuk kanker ovarium, dapat menyebabkan perubahan hormonal sehingga berdampak pada perubahan pola menstruasi,” jelas dr. Reza. Jadi, bagi Anda yang punya masalah menstruasi, jangan segan untuk memeriksakan diri ke dokter sebelum terlambat.

  1. Mudah lelah

Salah satu ciri tubuh yang sehat adalah tubuh yang tak mudah lelah. Ketika Anda mudah lemas padahal Anda tidak melakukan pekerjaan yang berat, bisa jadi ada yang tak beres pada tubuh. Bicarakanlah kondisi kelelahan ekstrem Anda pada dokter.

Ingat-ingat pula adakah tanda-tanda lain yang selama ini Anda anggap remeh, misalnya feses yang berwarna kemerahan dan sebagainya. Dengan begitu, dokter akan menanyakan soal riwayat medis lengkap dan menyarankan untuk cek darah.

  1. Berat badan turun drastis tanpa diet

Meski tidak diet, wanita memang bisa mengalami penurunan berat badan yang signifikan bila sedang stres ataupun terkena masalah tiroid. Tapi, bisa juga itu disebabkan oleh kanker, misalnya kanker pankreas, usus besar, lambung, dan paru-paru. Jadi, Anda mesti curiga bila berat badan turun terus tanpa usaha ekstra.

2 of 3

Selanjutnya (2)

  1. Sulit menelan

Kondisi ini kerap dikaitkan dengan ciri-ciri kanker tenggorokan ataupun kanker saluran pencernaan. Bila Anda akhir-akhir ini sulit untuk menelan ditambah dengan mual dan berat badan turun drastis, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk dilakukan CT scan leher, dada, dan perut.

  1. Sering nyeri dan demam

Waspadalah bila tanpa sebab yang pasti, Anda kerap merasa nyeri dan demam. Pasalnya, demam yang berulang dan tak kunjung sembuh berkaitan dengan gejala kanker darah (leukemia). Sedangkan nyeri berkepanjangan bisa menandakan ada yang tidak beres dari tulang ataupun otak Anda.

  1. Ada darah pada kencing atau feses

Meski kotoran berdarah sering kali disebabkan oleh wasir, tidak menutup kemungkinan itu adalah awal mula dari kanker usus besar. Sedangkan menurut Herbert Lepor, MD, seorang ahli Urologi di NYU Langone Medical Center, buang air kecil yang berdarah merupakan salah satu tanda kanker kandung kemih atau ginjal.

Itu dia delapan gejala kanker yang harus diwaspadai oleh wanita. Semakin cepat Anda menyadari dan semakin dini dokter mendeteksi, semakin besar pula kesempatan Anda untuk sembuh. Adalah kesalahan yang fatal bila Anda memupuk sikap abai dan tak mau tahu terhadap kondisi tubuh sendiri. Dan bila Anda memiliki pengetahuan yang lebih terhadap penyakit ini, jangan sungkan untuk berbagi dan membantu sesame agar mereka memiliki semangat untuk sembuh dan melanjutkan hidup bagaimanapun kondisinya nanti. Selamat Hari Kanker Sedunia!

[RS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓