9 Manfaat Olahraga bagi Penderita Kanker

Oleh dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid pada 06 Feb 2019, 08:00 WIB
Olahraga memiliki banyak manfaat bagi penderita kanker. Ini manfaat dan tips olahraga untuk penderita kanker.
9 Manfaat Olahraga bagi Penderita Kanker (Veles Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Jika seseorang mengalami kanker tak berarti ia hanya dapat berbaring saja di tempat tidur. Penderita kanker justru disarankan untuk sebisa mungkin tetap aktf bergerak dan berolahraga. Berbagai studi telah membuktikan bahwa rutin berolahraga membawa banyak manfaat bagi penderita kanker.

Berikut ini adalah sembilan manfaat olahraga untuk orang yang mengalami kanker:

  1. Mengurangi rasa lelah
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh
  3. Memperlancar aliran darah
  4. Mengurangi mual muntah dan meningkatkan nafsu makan
  5. Mencegah terjadinya penyakit trombosis vena dan emboli paru yang sering terjadi pada penderita kanker
  6. Mencegah pengecilan otot (atrofi otot)
  7. Menambah rasa percaya diri dan meningkatkan kualitas hidup
  8. Mengurangi risiko depresi dan gangguan cemas
  9. Mencegah tulang menjadi rapuh dan mudah patah.
1 of 2

Jenis olahraga yang tepat bagi penderita kanker

Olahraga yang disarankan bagi penderita kanker adalah olahraga yang bersifat ritmik. Artinya, olahraga yang memiliki gerakan sama berulang-ulang dan melibatkan otot-otot besar seperti otot tungkai dan lengan. Contoh olahraga yang dianjurkan adalah jalan kaki, joging, berenang, bersepeda, senam, yoga, tai chi,  dan sebagainya.

Tak hanya itu, aktivitas sehari-hari di rumah pun bisa memiliki manfaat yang sama dengan olahraga. Misalnya menyapu dan mengepel rumah, mencuci dan menjemur, berkebun, atau naik turun tangga. Yang terpenting adalah sebisa mungkin penderita kanker tetap aktif bergerak. Hindari hanya berdiam diri atau banyak berbaring saja karena dapat membuat tubuh makin mudah lelah dan letih.

Agar olahraga membawa manfaat yang optimal bagi penderita kanker, hal-hal berikut ini perlu diperhatikan:

  1. Mulailah olahraga secara bertahap

Idealnya aktivitas fisik dilakukan setidaknya selama 30 menit setiap harinya. Namun kadang penderita kanker mudah merasa lelah. Jika ini yang terjadi, mulailah olahraga secara bertahap.

Misalnya, olahraga selama selama 10 menit pada hari pertama, lalu 15 menit pada hari kedua, 20 menit pada hari ketiga dan seterusnya. Alternatif lain, porsi olahraga bisa dibagi-bagi menjadi 10 menit di pagi hari, 10 menit di siang hari, dan 10 menit sisanya di sore hari.

  1. Buatlah olahraga menjadi aktivitas yang menyenangkan

Olahraga tak boleh menjadi beban bagi penderita kanker. Untuk menjadikannya menyenangkan, olahraga bisa dilakukan sambil mendengarkan musik atau radio melalui headphone. Mengajak sahabat atau keluarga untuk berolahraga bersama juga menjadikan olahraga lebih menarik untuk dijalani.

  1. Konsultasikan dulu dengan dokter

Secara umum, penderita kanker dianjurkan untuk berolahraga. Namun jika sedang menjalani pengobatan, ada beberapa jenis olahraga yang tidak terlalu baik untuk dilakukan.

Misalnya penderita kanker yang sedang menjalani pengobatan radiasi, umumnya tidak dianjurkan untuk berenang dahulu karena kulitnya dapat mengalami iritasi. Jika penderita kanker masih menjalani pengobatan, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter mengenai jenis olahraga yang aman untuk dilakukan pada fase pengobatan tersebut.

  1. Ukur suhu tubuh sebelum berolahraga

Penderita kanker lebih rentan mengalami infeksi dibandingkan orang sehat pada umumnya. Oleh karena itu, jika hendak berolahraga, ukur dahulu suhu tubuh menggunakan termometer.

Jika suhu tubuh mencapai 38 derajat Celsius atau lebih, sebaiknya rencana berolahraga diurungkan dulu. Selain itu, jika merasa sangat lelah atau tidak enak badan, tidak perlu memaksakan diri untuk berolahraga. Ambil waktu untuk beristirahat. Jika dalam 2-3 hari kondisi tak kunjung membaik, periksakan diri ke dokter.

Olahraga memberikan segudang manfaat bagi penderita kanker. Jika Anda memiliki kerabat atau sahabat yang sedang sakit kanker, ajaklah ia untuk berolahraga agar kondisi kesehatan fisik dan mentalnya menjadi lebih baik.

[RS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓