5 Cara Ampuh untuk Dapatkan Rambut Panjang dan Sehat

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 06 Feb 2019, 12:00 WIB
Rambut panjang yang sehat dan indah adalah impian banyak wanita. Jika Anda ingin memiliki rambut panjang dan sehat, ini caranya.
5 Cara Ampuh untuk Dapatkan Rambut Panjang dan Sehat (Irina Bg/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki rambut panjang dan sehat merupakan impian banyak wanita. Sayang, memiliki rambut panjang yang sehat dan indah bukanlah perkara mudah. Banyak hal yang perlu Anda lakukan, termasuk perawatan dari luar maupun dalam.

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, supaya rambut tumbuh panjang, indah, dan sehat, perlu cara tersendiri. Anda perlu melakukan creambath di salon hingga memakai berbagai produk perawatan rambut.

“Selain itu, supaya rambut indah dan sehat, pasokan gizi dari dalam juga sangat penting,” tambah dr. Nadia.

Berarti, apakah memiliki rambut panjang yang sehat dan berkilau membutuhkan biaya yang besar? Tidak juga. Selain cara yang disarankan oleh dr. Nadia, Anda juga bisa memiliki rambut yang panjang dengan melakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Konsumsi makanan sehat

Anda dianjurkan memperbanyak makanan mengandung asam amino, seperti kacang-kacangan, daging sapi, unggas, quinoa, dan brokoli. Telah terbukti bahwa asam amino berkontribusi pada pertumbuhan rambut dengan mengoptimalkan produksi keratin dan kolagen. Hal tersebut juga memperkuat folikel dan menyediakan zat gizi penting untuk rambut.

Selain itu, Anda juga wajib menjaga asupan gizi lain, seperti protein, zat besi, vitamin A, vitamin B, omega-3, seng, selenium, magnesium, dan vitamin D. Kombinasi semuanya terbukti mampu menghentikan kerontokan, dan membuat rambut Anda tumbuh subur serta sehat.

  1. Meredam stres

Stres fisik, mental atau emosional dapat memicu segala macam perubahan dalam tubuh, termasuk kerontokan rambut. Tanpa gangguan seperti stres, sekitar 80 persen rambut akan tumbuh subur.

Ketika stres besar terjadi, ada perubahan dalam siklus pertumbuhan rambut yang membuat produksi folikel terbatas. Sejumlah upaya yang dilakukan untuk meredam stres meliputi meditasi, yoga, dan ragam jenis olahraga.

  1. Gunakan topi

Rambut yang berada di bagian paling atas kepala lebih rentan terkena sinar ultraviolet dari matahari. Paparan sinar tersebut terbukti mampu menyebabkan kerusakan pada rambut secara perlahan. Selain itu, paparan radikal bebas di lingkungan sekitar yang dapat menyebabkan stres oksidatif juga berdampak pada kesehatan rambut Anda.

Demi mengurangi jumlah kerusakan rambut yang ditimbulkan oleh ultraviolet dan kondisi lingkungan sekitar, Anda disarakan untuk mengenakan topi. Hal ini wajib dilakukan, apalagi ketika Anda sedang liburan ke tempat-tempat terbuka seperti pantai.

  1. Jauhkan rambut dari panas

Catok, pengering rambut dan sejenisnya bisa jadi penyebab rambut rontok. Banyak ahli menyebut bahwa cara penataan atau pengeringan rambut seperti itu adalah penyebab kerusakan rambut terbesar.

Maka dari itu, jika Anda ingin rambut tumbuh subur dan sehat, kurangi kebiasaan tersebut dari sekarang. Sebagai gantinya, biasakanlah diri Anda untuk mengeringkan rambut secara alami.

  1. Kunjungi dokter

Apabila Anda telah mencoba berbagai perawatan namun rambut tak kunjung tumbuh panjang dan sehat, sebaiknya segera berkonsultasi lebih lanjut pada dokter. Hal ini bertujuan untuk mencari “kesalahan” yang ada pada rambut Anda. Bisa saja Anda mengalami gangguan kesehatan pada kulit kepala atau akar rambut.

Nah, agar Anda mendapatkan rambut panjang dan sehat sekaligus indah, lakukan cara-cara di atas secara konsisten, agar hasilnya benar-benar optimal. Jangan lupa untuk mengombinasikan cara di atas dengan penerapan gaya hidup sehat, menjauhi rokok dan alkohol, serta cukup istirahat. Dengan begitu, rambut panjang, sehat, dan berkilau bukan hanya angan-angan semata.

(NB/ RVS)