5 Kiat agar Keluarga Terhindar dari Tifus
searchtext customer service

5 Kiat agar Keluarga Terhindar dari Tifus

Jika ada teman, tetangga, atau orang-orang di sekitar Anda terjangkit tifus, jangan panik. Ini kiat agar Anda dan keluarga terhindar dari tifus.
5 Kiat agar Keluarga Terhindar dari Tifus

Klikdokter.com, Jakarta Selain demam berdarah dengue, Demam Tifoid atau populer disebut penyakit tipes, juga sedang merebak di sejumlah daerah di Indonesia. Untuk itu, Anda juga perlu melakukan beberapa upaya pencegahan agar tidak terinfeksi bakteri Salmonella typhi, penyebab tifus. Jika ada orang-orang di sekitar Anda yang terkena penyakit tifus dan mengalami demam tifoid, jangan cemas berlebihan, ada kiat mudah agar Anda dan keluarga terhindar dari penyakit ini.

Ya, upaya pencegahan mesti berawal dari lingkungan rumah dan orang-orang yang menghuninya. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan agar semua penghuni rumah terhindar dari tifus.

Konsumsi Makanan dan Air Minum yang Bersih dan Matang

Menurut dr. Andika Widyatama, konsumsi makanan dan air minum yang bersih dan matang merupakan salah satu cara agar Anda terhindar dari penyakit tifus. Ini karena kemungkinan bahwa bakteri yang masih hidup di dalam makanan atau minuman sangat kecil.

Proses pemasakan yang matang dan mendidih dapat membunuh bakteri yang tertinggal, beda dengan proses pemasakan setengah matang yang membuat Anda berisiko terinfeksi bakteri tifus.

Artikel Lainnya: Cara Membedakan Demam karena Sakit Tipes dan DBD

“Selain itu, perhatikan juga kebersihan wadah makanan dan minuman yang akan Anda konsumsi. Bila ingin minum minuman yang ada es batunya, pastikan es batunya terbuat dari air matang,” dr. Andika menambahkan.

1 dari 4

Cuci Tangan Setelah Menggunakan Toilet

Cuci Tangan Setelah Menggunakan Toilet
loading

Meski sepele, banyak orang yang masih mengabaikan kebiasaan mencuci tangan—entah karena lupa, malas, atau memang bukan kebiasaan. Padahal, tangan bisa menjadi sarang berbagai bakteri dan kuman penyakit.

Agar bakteri tidak ikut tertelan bersama makanan yang Anda makan (apalagi jika makannya menggunakan tangan langsung tanpa alat makan), cuci bersih tangan dengan sabun antibakteri dan air mengalir, lalu keringkan.

Bila kebetulan tidak ada air mengalir di dekat Anda, gunakanlah hand sanitizer. Kandungan alkoholnya cukup ampuh dalam membunuh bakteri.

Selain cuci tangan sebelum makan, jangan lupa juga untuk mencuci tangan sesudah menggunakan toilet. Ini penting supaya tidak ada sisa kotoran dan bakteri yang terselip di kuku maupun sela-sela jari.

Artikel Lainnya: Mengapa Tifus Bisa Datang Bersamaan dengan DBD?

2 dari 4

Kurangi Jajan di Luar

Seorang Wanita Jajan di Luar
loading

Bakteri tifus umumnya terkandung dalam makanan yang tidak terjaga kebersihannya. Oleh sebab itu, kurangi frekuensi jajan di luar rumah, apalagi jajan makanan di pinggir jalan.

Saat sedang musim tifus seperti ini, sebaiknya lebih sering memasak di rumah dan makan bersama keluarga. Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan alat masak yang digunakan.

Jangan sampai ada kontaminasi silang dari pisau dan talenan Anda. Bawalah bekal dari rumah agar saat di sekolah atau di kantor, Anda tidak tergoda dengan jajanan lain. Dengan begitu, manfaat makan makanan sehat dan bersih bisa dirasakan oleh seluruh anggota keluarga.

Artikel Lainnya: Hati-hati, Penyakit Tifus Rentan Membuat Stres

3 dari 4

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Konsumsi Vitamin C
loading

dr. Adeline Jaclyn ikut bicara. Katanya, tak hanya menghindari pencetusnya, Anda juga mesti meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Pasalnya, bakteri bisa ditemukan di mana saja dan terkadang Anda tak bisa menghindarinya.

“Cara terbaiknya, ya, dengan meningkatkan kekebalan tubuh. Caranya, jaga pola istirahat, jangan terlalu capek, dan jangan terlalu sering begadang. Jaga pola makan dan bila perlu konsumsi vitamin C,” paparnya.

Dapatkan Vaksin Tifus

Vaksin merupakan cara pencegahan terbaik untuk mencegah penyakit tertentu. Dokter Andika mengatakan, vaksin tifus diyakini dapat membantu mencegah dan menurunkan kasus tifus, khususnya di wilayah endemik seperti Indonesia.

“Pastikan pemberian vaksin tifus ini sebaiknya diulang setiap 3 tahun sekali,” dr. Andika menegaskan.

Itulah beberapa kiat agar Anda dan keluarga terhindar dari tifus. Lakukanlah secara konsisten agar manfaatnya bisa terasa. Ajak pula anggota keluarga untuk cerewet, dalam arti jangan bosan untuk saling mengingatkan.

Baca Juga

Percayalah, langkah pencegahan ini penting. Masalahnya, kalau sudah terkena tifus, gejala tipes sangat mengganggu, gejala seperti demam, sakit kepala, nyeri sendi, sakit tenggorokan, sembelit, hingga nyeri perut bisa bikin Anda sulit beraktivitas, bahkan harus bed rest.

(RN/ RVS)

ARTIKEL TERKAIT

Kenali Gejala Tifus pada Anak dan Pencegahannya

Info Sehat
06 Feb

Awas, Sering Jajan Sembarangan Bisa Picu Tifus!

Info Sehat
31 Jan

Hati-hati, Penyakit Tifus Rentan Membuat Stres

Info Sehat
17 Jan

Mengapa Tifus Bisa Datang Bersamaan dengan DBD?

Info Sehat
10 Jan

Merayakan Tahun Baru di Keramaian, 5 Penyakit Menular Ini

Info Sehat
31 Des

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat