8 Manfaat Yoga bagi Kesehatan Anak Anda
search

Berbagai Manfaat Yoga untuk Kesehatan Anak

Si kecil ingin ikut Anda berlatih yoga? Perbolehkan saja! Sebab, ada sejumlah manfaat di balik latihan yoga untuk anak.
Berbagai Manfaat Yoga untuk Kesehatan Anak

Klikdokter.com, Jakarta Dewasa ini, orang tua sudah mulai sadar bahwa olahraga merupakan hal penting bagi anak. Olahraga memiliki berbagai manfaat kesehatan dan kegiatan ini harus mulai diperkenalkan sejak dini.

Ada banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh anak, bahkan bermain merupakan salah satu bentuk olahraga. Salah satu jenis olahraga yang dapat diperkenalkan kepada si kecil adalah yoga.

Terdengar ekstrim, tapi sebenarnya yoga dapat dilatih sejak si kecil berusia 7 tahun. Yoga untuk anak biasanya berupa gerakan-gerakan tahap pemula yang sederhana. Walaupun terlihat simpel, yoga dapat menguras banyak kalori dengan menghadirkan berbagai manfaat kebugaran bagi si kecil.

Lantas, apa saja manfaat yoga bagi anak? Simak ulasannya di bawah ini.

1 dari 5

1. Mengajarkan Anak Pola Hidup Sehat

Ilustrasi Yoga untuk Anak Autis
loading

Berlatih yoga membuat anak terbiasa untuk melakukan hidup sehat. Sebab, yoga merupakan aktivitas fisik yang punya manfaat kesehatan bagi tubuh.

Bila dibiasakan sejak dini, kebiasaan untuk beraktivitas fisik ini akan terbawa sampai ia dewasa. Kendati begitu, orang tua harus tetap mencontohkan perilaku sehat tersebut, ya, agar anak tidak malas-malasan.

2. Mencegah Anak Obesitas

Yoga dapat membakar banyak kalori jika dilakukan dengan intensitas, frekuensi, dan durasi tertentu. Nah, Anda bisa mengajak anak rutin berlatih yoga guna mencegahnya mengalami kelebihan berat badan (obesitas).

Sebab, kini semakin banyak anak yang mengalami obesitas akibat pola hidup sedentary (malas gerak) dan kurangnya aktivitas fisik. Itulah mengapa yoga dapat menjadi salah satu alternatif untuk menghindari kondisi tersebut

Artikel Lainnya: Tips Latihan Yoga Bersama Bayi Anda

2 dari 5

3. Melatih Keseimbangan anak

Yoga dapat Melatih Keseimbangan anak
loading

Yoga punya manfaat untuk melatih keseimbangan tubuh anak. Keseimbangan merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan motorik si kecil. Manfaat keseimbangan tubuh bisa diperoleh perlahan sesuai dengan tahapan atau tingkat gerakan yoga yang dilakukan.

4. Melatih Kedisiplinan Anak

Rutinitas aktivitas fisik apa pun, termasuk yoga, dapat melatih anak jadi disiplin. Kedisiplinan datang saat ia berlatih tepat waktu dan dengan frekuensi yang telah disepakati bersama antara anak, orangtua, dan pelatih.

Kedisiplinan sangat penting sebagai bekal bagi anak di kemudian hari baik, baik dalam proses pendidikan maupun di dunia kerja nantinya.

3 dari 5

5. Melatih Ketenangan Anak

Melatih Ketenangan Anak
loading

Yoga dapat melepaskan ketegangan otot dan pikiran anak. Aktivitas fisik seperti yoga dapat merangsang tubuh mengeluarkan hormon dan neurotransmitter positif. Efeknya, mood atau suasana hati anak jadi lebih tenang.

Bukan hanya itu saja, berlatih yoga juga dapat mengurangi stres dan kepanikan si kecil saat menjalani aktivitas sehari-hari.

Artikel Lainnya: 5 Manfaat Luar Biasa Yoga untuk Anak Autis

6. Melatih Pernapasan Anak

Yoga punya manfaat untuk melatih pernapasan anak. Latihan pernapasan ini bertujuan untuk mendapatkan energi secara maksimal, khususnya ketika kita mempertahankan posisi atau gerakan tubuh tertentu saat yoga.

Pengaturan napas ini juga penting bagi kesehatan si kecil. Selain bisa mendapatkan pasokan oksigen yang cukup untuk proses metabolisme tubuh, yoga dapat melatih pernapasan anak guna mencegah serangan panik.

4 dari 5

7. Membantu anak tidur nyenyak di malam hari

Membantu anak tidur nyenyak di malam hari
loading

Rutin berlatih yoga dapat membuat anak tidur lebih lelap di malam hari. Hal ini dipicu oleh berbagai hormon dan neurotransmitter yang dikeluarkan saat melakukan aktivitas fisik.

Kelelahan sehabis melakukan aktivitas fisik juga membuat anak lebih mudah terlelap di malam hari. Namun, jangan over atau terlalu kelelahan, ya. Apabila terlalu lelah, anak justru menjadi sulit tidur di malam hari.

Artikel Lainnya: 10 Pose Yoga untuk Mengatasi Sembelit Anda

8. Menyediakan kegiatan positif bagi anak

Memiliki hobi tertentu seperti yoga merupakan hal baik bagi anak. Sebab, yoga merupakan aktivitas menyehatkan yang dapat dilakukan buah hati untuk mengisi waktu luangnya.

Memiliki kegiatan positif dan menyehatkan sangat penting agar anak tak terjerumus hal negatif yang dapat berdampak kepada kenakalan remaja.

Baca Juga

Nah, kini Anda telah mengetahui apa saja manfaat yoga bagi si kecil. Jangan lupa untuk mendampingi si kecil saat melakukan yoga.

Pilih instruktur yang kooperatif, latih anak secara bertahap dengan gerakan sederhana dan mudah diikuti. Lalu, jangan sampai berlatih yoga secara berlebihan, ya. Cari tahu informasi kesehatan tentang anak lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Cara Menyampaikan Kritik secara Tepat kepada Anak

Info Sehat
26 Nov

Langkah Penanganan Asma pada Anak di Rumah

Info Sehat
25 Nov

Tak Disangka, Gerakan Yoga Berikut Ini Bisa Atasi Sembelit!

Info Sehat
16 Nov

Manfaat Senam Yoga untuk Lansia

Info Sehat
10 Nov

Awas! 5 Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Anemia pada Anak

Info Sehat
10 Nov

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat