Sorotan Minggu Ini: Sesak Napas Saat Hamil, Tifus, dan Pusing

Oleh Rudolf Santana pada 10 Feb 2019, 11:00 WIB
Jangan pernah menyepelekan gejala gangguan kesehatan apa pun, termasuk sesak napas saat hamil, tifus, bahkan pusing.
Sorotan Minggu Ini: Sesak Napas Saat Hamil, Tifus, dan Pusing (@saphira_indah/Instagram)

Klikdokter.com, Jakarta Ada banyak gangguan kesehatan yang sering dipandang sebelah mata oleh sebagian kalangan masyarakat. Pusing adalah salah satunya. Faktanya, pusing bisa menjadi gejala adanya penyakit yang lebih serius. Sesak napas saat hamil pun sering menjadi kondisi yang dipandang umum terjadi pada wanita hamil. Padahal kondisi ini bisa berakibat fatal jika diabaikan. Lalu bagaimana dengan tifus? Apakah Anda juga hanya menganggapnya sebagai penyakit akibat dari gemar jajan sembarangan?

Pusing, sesak napas saat hamil dan tifus menjadi sorotan menarik KlikDokter minggu ini. Perkaya wawasan Anda dengan menyimak kembali ketiga topik yang menjadi pembahasan sepanjang minggu ini.

1 of 4

1. Jangan Abaikan Sesak Napas Saat Hamil

Jangan Abaikan Sesak Napas Saat Hamil (@saphira_indah/Instagram)
Jangan Abaikan Sesak Napas Saat Hamil (@saphira_indah/Instagram)

Meninggalnya artis FTV Saphira Indah pada akhir Januari lalu, Rabu (30/1), menyisakan duka bagi penggemarnya. Saphira tengah hamil trimester kedua saat mengembuskan napas terakhirnya.

Dilansir Liputan 6, sebelumnya Saphira sempat mengalami sesak napas saat hamil sebelum meninggal dunia. Padahal menurut sang suami, Rico Hidros Daeng, mendiang istrinya itu tidak memiliki penyakit kronis apa pun sebelumnya, termasuk asma.

Berdasarkan keterangan dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, sesak napas saat hamil seperti yang dialami oleh Saphira Indah sebenarnya hal yang umum dialami ibu hamil manapun. Dipaparkan oleh dr. Sepri, sekitar 60-70% ibu hamil memang mengalami kesulitan bernapas tersebut.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh bertambahnya ukuran rahim karena mengikuti perkembangan janin sehingga menekan diafragma dan paru. Bisa ditebak, ibu hamil pun menjadi sulit bernapas.

Meski tergolong kondisi yang umum terjadi, namun dr. Sepri juga menyarankan agar jangan menyepelekan kondisi sesak napas saat hamil. Jika sesak napas sudah mulai terasa mengganggu, tindakan yang paling tepat adalah segera membawa ibu hamil ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Meski sesak napas saat hamil sering dianggap sebagai hal yang umum terjadi, namun ibu hamil perlu lebih mewaspadainya. Kenali lebih jauh gangguan kesehatan tersebut di sini.

2 of 4

2. Waspada, Wabah Tifus di Musim Hujan

Waspada, Wabah Tifus di Musim Hujan (Tommaso79/Shutterstock)
Waspada, Wabah Tifus di Musim Hujan (Tommaso79/Shutterstock)

Musim hujan tidak hanya membawa penyakit demam berdarah dengue yang disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Musim hujan juga rentan membawa penyakit tifus.

Penyakit yang juga memiliki istilah medis demam tifoid ini masuk dalam kategori penyakit endemik di Indonesia. Departemen Kesehatan pada tahun 2013 bahkan menyebutkan kasus penderita tifus di Indonesia mencapai 81% per 100.000 orang.

Menurut dr. Andika Widyatawa dari KlikDokter infeksi tifus disebabkan oleh masuknya bakteri Salmonella typhii ke dalam tubuh. Bakteri tersebut masuk ke dalam usus manusia melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh bakteri tersebut.

Asal kontaminasi bakteri ini bisa terjadi karena kondisi lingkungan dan sanitasi yang tidak memadai serta  minimnya akses terhadap air bersih, baik untuk air minum maupun cuci. Itu mengapa jajan sembarangan di warung yang tidak memperhatikan kebersihan juga sangat memungkinkan tertular penyakit ini.

Lalu apa saja gejala dan bagaimana cara pencegahan penyakit tifus ini? Mulailah dengan membacanya di sini.

3 of 4

3. Ada Apa di Balik Pusing?

Ada Apa di Balik Pusing? (Antonio Guillem/Shutterstock)
Ada Apa di Balik Pusing? (Antonio Guillem/Shutterstock)

Semua orang termasuk Anda pasti pernah merasakan pusing. Dalam kondisi ini, biasanya Anda akan merasa semuanya berputar. Menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter, pusing tak hanya mengakibatkan sensasi berputar, tetapi juga miring, bergoyang, merasa tak mantap berpijak, sehingga Anda rentan kehilangan keseimbangan tubuh.

Meski sensasi akibat pusing tampak sangat mengganggu, lucunya kebanyakan orang kerap menyepelekan pusing. Padahal gangguan kesehatan ini bisa saja merupakan gejala penyakit yang lebih serius. Beberapa penyakit yang bisa mengakibatkan pusing antara lain infeksi telinga dalam, hipotensi ortostatik, dehidrasi, hingga kadar gula yang rendah.

Pencegahan pusing sendiri sangat tergantung pada penyebabnya. Oleh karena itu, Anda perlu mengenali seluk beluk tentang pusing agar lebih waspada dengan gejala gangguan kesehatan yang satu ini. Kenali seluk beluk tentang pusing di sini agar Anda bisa melakukan tindakan pencegahan sejak dini.

Memahami berbagai gejala gangguan kesehatan amatlah penting, agar Anda bisa melakukan tindakan pencegahan terhadap semua penyakit. Sesak napas saat hamil dan pusing yang sering dianggap sebagai gejala umum ternyata juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Demikian pula tifus yang sering dianggap sebagai hasil dari hobi jajan di sembarang tempat.

Setiap gejala penyakit yang muncul, sekecil atau seringan apa pun, perlu mendapat perhatian. Jangan abaikan pusing yang menyerang. Begitu juga dengan adanya tanda-tanda tifus atau sesak napas. Sikap peduli ini bukanlah tindakan paranoid, melainkan upaya preventif yang sudah selayaknya Anda lakukan untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga.

[RH]

Lanjutkan Membaca ↓