Usai Sembuh dari Flu, Bersihkan 5 Benda Ini

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 10 Feb 2019, 11:35 WIB
Meski sudah sembuh dari flu, Anda masih bisa menularkan penyakit tersebut ke orang lain. Agar tidak demikian, segera bersihkan 5 benda ini.
Usai Sembuh dari Flu, Bersihkan 5 Benda Ini (igorstevanovic/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Flu adalah penyakit yang dapat menyerang sejumlah organ tubuh, yakni hidung, tenggorakan, dan paru-paru. Virus penyebab penyakit tersebut, yakni influenza, dapat menyebabkan infeksi jika daya tahan tubuh tidak terjaga optimal, apalagi di saat cuaca dingin atau terdapat penderita flu di sekitar Anda.

Pada tahap awal, gejala yang ditimbulkan akibat flu adalah batuk, nyeri tenggorok, demam, dan nyeri sendi. Berdasarkan penjelasan dr. Rio Aditya, flu biasanya akan sembuh sendiri dalam kurun wakti sekitar tujuh hari.

“Namun, proses penyembuhan flu pada tiap orang bisa berbeda-beda. Sedangkan pengobatan flu itu sendiri bisanya simptomatik, yang artinya hanya mengobati gejala yang ada,” ujarnya.

Nah, ketika Anda sudah terbebas dari flu, tubuh tentu akan terasa lebih segar daripada sebelumnya. Anda pun menjadi punya tenaga dan semangat untuk kembali menjalani aktivitas sehari-hari.

Akan tetapi, Anda sebaiknya tetap berhati-hati. Hal ini karena virus flu yang kemarin sempat menjangkit masih ada dan hidup di benda yang ada di sekitar Anda. Maka dari itu, supaya tak kembali terserang flu, Anda sebaiknya segera membersihkan benda-benda berikut ini:

1. Remote televisi

Virus influenza dapat hidup di permukaan keras selama 24 jam. Jadi, ketika penderita flu bersin dan droplet yang keluar dari mulut atau hidungnya menempel di remote televisi, maka benda tersebut dapat menjadi media penularan penyakit.

Atas alasan tersebut, Anda sebaiknya membersihkan remote televisi dengan disinfektan agar virus benar-benar musnah sepenuhnya. Sehingga, Anda atau anggota keluarga lainnya tidak akan terserang penyakit flu.

2. Ponsel

Saat menyentuh ponsel secara intens saat sakit flu, Anda pun bisa meninggalkan “jejak” virus di benda tersebut. Jadi, saat orang lain memegang ponsel itu, dirinya berisiko terserang penyakit flu gara-gara tertular dari Anda.

Maka dari itu, Anda wajib membersihkan ponsel dengan pembersih disinfektan setiap hari. Jika salah satu anggota keluarga sakit, jangan biarkan mereka menggunakan atau menyentuh ponsel mereka. Kemungkinan besar, virus akan menular ke siapapun pemegang selanjutnya.

3. Sarung bantal dan seprai

Jika Anda, pasangan, atau anak terserang flu, sarung bantal dan seprai bisa ikut terkontaminasi. Oleh sebab itu, saat Anda telah sembuh, sarung bantal dan seprai wajib dicuci hingga bersih sempurna. Jika bantal telah menyatu dengan seprai, pisahkan selama beberapa hari untuk membiarkan virus yang tersisa mati sebelum meletakkannya kembali di tempat tidur.

4. Sikat gigi

Sikat gigi juga dapat menjadi sasaran virus influenza. Seperti permukaan keras lainnya, virus flu dapat hidup pada sikat gigi—khususnya bulu atau gagang—selama 24 jam.

Supaya sikat gigi tersebut tidak menyebarkan penyakit flu di lingkungan rumah, Anda sebaiknya memasukkan sikat gigi itu ke dalam obat kumur antiseptik dan membiarkannya selama beberapa menit. Atau, buang sikat gigi tersebut dan ganti dengan yang baru.

5. Boneka

Selama Anda atau sang buah hati sakit, benda-benda lucu seperti boneka bisa menjadi pelipur lara dalam masa pemulihan. Namun secara diam-diam, boneka tersebut bisa menjadi sarang virus influenza dan siap menyerang siapapun kapan saja!

Oleh karena itu, sempatkanlah untuk mencuci boneka hingga benar-benar bersih dan menjemurnya di bawah terik matahari. Jika hal tersebut tidak memungkinkan, lebih baik asingkan boneka tersebut selama beberapa hari hingga virus mati secara perlahan.

Jaga kebersihan diri dan benda-benda di sekitar, apalagi bila Anda baru saja dilanda penyakit flu. Anda tak ingin menjadi agen penular penyakit yang disebabkan oleh virus influenza tersebut, bukan?

(NB/ RVS)