Jalan Kaki Mundur, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 10 Feb 2019, 13:00 WIB
Jangan anggap jalan kaki mundur sebagai hal yang aneh. Faktanya, berjalan mundur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.
Jalan Kaki Mundur, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan (Morocko/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Anda pernah melihat seseorang atau sekelompok orang berolahraga dengan berjalan  kaki mundur? Meski terlihat lucu, nyatanya jalan kaki mundur punya manfaat bagi kesehatan. Dikutip dari Livestrong, berjalan mundur populer di Jepang. Salah satu alasannya karena lebih banyak kalori yang terbuang daripada berjalan kaki ke depan.

Manfaat berjalan kaki

Sebelum membahas manfaat kesehatan dari berjalan mundur, Anda harus tahu manfaat umum dari olahraga jalan kaki. Banyak orang yang menganggap sepele masalah berjalan kaki. Itu karena menurut sebagian besar orang, mendapatkan tubuh yang sehat harus ditempuh dengan berolahraga secara ekstrem, menghindari banyak makanan, dan juga mengonsumsi vitamin atau obat-obatan.

Padahal, tanpa disadari, berjalan kaki ternyata dapat meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Memang kelihatan sangat sederhana dan efek yang ditimbulkan tidak langsung terasa, berbeda dengan berolahraga di pusat kebugaran atau bermain futsal.

Menurut dr. Sophia Hage kepada KlikDokter, setiap kali kita berjalan kaki selama 1 jam, usia harapan hidup kita bertambah 2 jam.

“Selain itu, karena jalan kaki termasuk olahraga aerobik maka juga bermanfaat meningkatkan kebugaran khususnya ketahanan paru,” kata dr. Sophia.

Manfaat jalan kaki mundur

Dilansir dari Verywell health, berjalan mundur mirip dengan jalan yang sangat cepat atau lari santai. Dengan kata lain, intensitasnya lebih tinggi dibanding jalan kaki biasa. Anda juga dapat meningkatkan keseimbangan dan berolahraga untuk beberapa otot yang tidak sering Anda gunakan saat berjalan.

Jadi, apa saja manfaat jalan kaki mundur? Berikut ulasannya.

  • Bakar 40 persen lebih banyak kalori

Pengeluaran energi olahraga untuk berjalan mundur diukur dan diperingkat dalam Compendium of Physical Activities, bersama dengan ratusan aktivitas fisik lainnya. Jalan cepat dengan kecepatan 5,6 km per jam menghasilkan 4,3 MET (metabolic equivalents), sementara berjalan mundur pada kecepatan itu menghasilkan 6,0 MET.

Artinya, ada peningkatan 40 persen kalori yang Anda bakar per menit berjalan mundur. Sebagai informasi, metabolic equivalents adalah ukuran objektif dari rasio tingkat di mana seseorang mengeluarkan energi.

Jika Anda berjalan mundur menanjak pada tingkat 5 persen, Anda hampir menggandakan pengeluaran energi Anda, menghasilkan 8,0 MET dibandingkan dengan 4,3 MET untuk tingkat berjalan di arah maju biasa. Peningkatan kalori yang dibakar ini bisa bermanfaat. Ini adalah cara yang baik untuk menambah interval intensitas yang lebih tinggi untuk latihan berjalan Anda.

  • Keseimbangan dan manfaat terapi

Studi terhadap orang dewasa dan anak-anak yang sehat menunjukkan berjalan mundur dapat meningkatkan keseimbangan. Ini juga melatih otot dan persendian Anda.

Menambahkan sedikit berjalan mundur ke rutinitas Anda baik untuk semua orang. Ini banyak dilakukan oleh pelatih atletik agar atlet mereka mendapatkan keseimbangan. Ini bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menambahkan latihan keseimbangan.

Selain menggunakan berjalan mundur dalam berolahraga, terapis fisik menggunakan berjalan mundur dalam program rehabilitasi dan terapi untuk masalah lutut, stroke, dan penyakit Parkinson.

1 of 2

Tips pencegahan agar tidak cedera

Jika Anda siap untuk memulai melakukan jalan kaki mundur, pikirkan dulu tentang keamanan. Anda harus berlatih berjalan mundur di area yang bebas dari rintangan, seperti pepohonan, batu dan kerikil, serta jalan raya. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan potensi cedera.

  • Treadmill

Ini adalah tempat latihan paling aman. Mulailah dari kecepatan lambat. Saat Anda menjadi lebih mahir, Anda dapat meningkatkan kecepatan dan intensitasnya. Treadmill bisa menjadi cara yang baik untuk menambahkan intensitas berjalan mundur Anda dan mendapatkan manfaat latihan dari latihan berjalan mundur dengan putaran treadmill yang lebih berat.

  • Di dalam ruangan

Anda bisa berlatih di dalam ruangan. Namun, pilih tempat di mana Anda bisa aman berjalan mundur, seperti tidak dekat tangga, furnitur, atau hewan peliharaan yang bisa membuat Anda tersandung. Lorong bisa menjadi pilihan yang baik.

  • Trek khusus berjalan

Menggunakan trek khusus berjalan di dalam atau di luar ruangan adalah pilihan yang lebih aman untuk mengurangi bahaya tersandung. Berjalanlah searah dengan pengguna trek lain untuk meminimalkan potensi bertabrakan.

  • Minta bantuan rekan

Sulit untuk menemukan area yang aman untuk berjalan mundur di luar ruangan untuk waktu yang lama. Untuk itu, mintalah bantuan rekan Anda yang berjalan maju. Nantinya, rekan Anda dapat mengingatkan jika ada halangan di belakang Anda, seperti lubang, undakan di trotoar, batu, puing, dan genangan air.

  • Berjalan mundur bersama rekan

Jika Anda berjalan bersama keluarga atau teman, berbalik dan berjalan mundur saat mengobrol dapat menambah sedikit kesenangan. Berjalan mundur bersama pasangan juga ide yang baik.

Anda sudah bisa mulai mencoba olahraga jalan kaki mundur karena manfaatnya ternyata lebih baik dibanding jalan kaki biasa. Namun, selalu perhatikan keamanan untuk menghindarkan Anda dari cedera. Anda bisa meminta orang lain untuk membantu mengawasi Anda ketika sedang berjalan mundur.

[HNS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓