Kenali 4 Gejala Anda Mengalami Penuaan Dini

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 10 Feb 2019, 15:00 WIB
Penuaan bisa datang lebih cepat dari yang Anda duga. Kenali tanda-tanda Anda mengalami penuaan dini.
Kenali 4 Gejala Anda Mengalami Penuaan Dini (Robert-Przybysz/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Berbicara tentang menua lebih cepat, banyak orang menghubungkannya dengan munculnya kerutan di kulit. Akan tetapi, penuaan dini dalam tubuh nyatanya bisa datang lebih awal dari kerutan di wajah Anda. Biasanya, fase tersebut dimulai ketika Anda memasuki usia 40 tahun.

Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi dari KlikDokter, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan penuaan dini.  “Misalnya, faktor genetik, stres, alkohol, rokok, asupan nutrisi buruk, dan sering terpapar sinar matahari serta polusi. Penuaan diduga juga merupakan proses multidimensional yang tak hanya terkait dengan faktor jasmani, tapi psikologis dan sosial,” kata dr. Jesslyn.

Untuk kulit dan wajah, selain faktor-faktor di atas, ada hal lain yang dapat membuat kulit dan wajah tampak lebih tua daripada usia normal, seperti struktur tulang wajah yang tegas.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengenali tanda-tanda penuaan dini yang dapat terjadi pada tubuh. Dilansir dari Reader’s Digest, ada empat tanda tubuh Anda mengalami penuaan lebih cepat.

1. Luka dalam tubuh lebih lama sembuh

Kulit merupakan organ terbesar yang ada di tubuh dan biasanya memiliki kemampuan luar biasa untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Jika Anda mengalami luka dan cedera sembuh dengan waktu yang lama, hal itu bisa jadi merupakan salah satu tanda penuaan dini.

Apabila luka tersebut tidak kembali pulih, sudah pasti terdapat sesuatu yang salah pada sistem penuaan internal Anda. Segera periksakan kondisi Anda tersebut pada dokter.

2. Sering merasa lemas

Kekuatan otot berkorelasi langsung dengan usia. Semakin tua usia, maka Anda akan semakin benar-benar kehilangan massa otot dan membuat tubuh lebih mudah merasa lelah. Kendati begitu, Anda dapat meningkatkan kembali kekuatan dan membangun massa otot. Latihan beban merupakan olahraga terbaik yang dapat mewujudkan hal tersebut.

3. Rambut rontok

Sebagian dari Anda biasanya lebih memperhatikan tanda-tanda penuaan dini hanya dari yang tampak jelas, seperti kulit dan wajah. Terkadang, Anda malah tidak menggubris perubahan pada rambut yang ditandai dengan kemunculan uban sebelum waktunya.

Rambut bisa diartikan sebagai perpanjangan dari kulit yang memiliki peran tertentu, seperti kelenjar keringat, rambut, dan kuku. Selain uban, tanda penuaan pada mahkota kepala Anda adalah kerontokan dan rambut tampak semakin tipis. Tak hanya di kulit kepala Anda, hal ini juga terjadi pada rambut di tangan, kaki, dan kemaluan.

4. Perubahan emosional

Biasanya, tanda penuaan dini bisa dilihat dari cara Anda yang tidak mampu lagi menikmati aktivitas sehari-hari. Aspek mental dan fisik pada tubuh kita terkait erat, sehingga penting untuk memperhatikan kesehatan jiwa.

 Keempat kondisi di atas merupakan tanda penuaan dini yang dapat Anda kenali. Meski proses menua tidak dapat dicegah, Anda dapat memperlambat proses ini dengan cara menerapkan gaya hidup sehat. Cara yang dapat dilakukan antara lain mengelola stres, mengonsumsi banyak buah dan sayur kaya akan antioksidan, istirahat yang cukup, hingga olahraga teratur.

[HNS/ RVS]