Siapkan Sejak Sekarang, Kulit Sehat di Hari Valentine

Oleh Ayu Maharani pada 11 Feb 2019, 14:00 WIB
Ingin kulit sehat, cantik, dan menawan saat kencan di hari Valentine tak bisa instan. Yuk, lakukan beberapa perawatan simpel di bawah ini!
Siapkan Sejak Sekarang, Kulit Sehat di Hari Valentine (Pavel0Ryabushkin/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Hari Valentine sebentar lagi tiba. Bagi pasangan lama, makan malam di restoran bersuasana romantis telah menjadi rutinitas. Sedangkan, bagi Anda yang baru saja melakukan pedekate alias pendekatan, kesan kencan pertama di hari spesial tersebut sangatlah penting! Terutama soal penampilan. Ada baiknya Anda menyiapkan kondisi kulit yang sehat dari sekarang agar saat kencan pertama, kulit Anda tampak cerah dan menawan.

Untuk mendapatkan kondisi kulit sehat, tak perlu yang treatment yang rumit, kok. Cukup lakukan beberapa persiapan seperti berikuti ini.

  1. Perhatikan asupan makanan

Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, apa yang Anda konsumsi juga sangat memengaruhi kondisi kulit. Untuk itu, hindari makanan yang tinggi lemak dan berminyak karena dua jenis makanan tersebut dapat meningkatkan produksi minyak pada wajah. Semakin banyak minyak di wajah, maka kulit wajah akan terlihat kusam dan kemungkinan munculnya jerawat juga semakin tinggi.

“Lebih baik, perbanyak asupan air putih, buah, dan sayur yang dapat membantu proses regenerasi kulit,” pungkas dr. Theresia.

  1. Gunakan tabir surya dan aplikasikan gel lidah buaya

Jika kulit terbakar sinar matahari, tentu permukaan kulit akan memerah, lalu menghitam. Belum lagi kulit akan mengelupas. Kalau sudah begitu, jangan harap kulit bisa cerah saat bertemu si pujaan hati. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, gunakanlah tabir surya bila Anda pergi ke luar rumah. “Selain itu, Anda dapat melakukan upaya untuk menghindari sinar matahari secara langsung dengan menggunakan payung atau topi,” dr. Theresia menambahkan.

Setidaknya, minimalkan dengan mengenakan pakaian berlengan panjang dan celana panjang atau rok panjang agar kulit tidak terbakar matahari, khususnya di siang bolong. Jika Anda telanjur terkena sinar matahari dalam waktu yang cukup lama, jangan lupa oleskan gel lidah buaya untuk mendinginkan kulit dan meminimalkan efek terbakar.

  1. Aplikasikan pelembap

Bagi wanita berkulit kering, menggunakan pelembap bukanlah hal yang asing lagi, Tetapi bagi wanita dengan kulit berminyak, terkadang hal ini malah dihindari. Katanya, takut wajah semakin lengket dan berminyak. Padahal, setiap jenis kulit membutuhkan pelembap karena kulit yang terhidrasi dengan baik akan nampak kenyal, bersinar, dan bebas keriput.

Bila Anda termasuk punya kulit yang berminyak, bisa juga Anda menggunakan pelembap yang cair atau gel agar lebih mudah terserap dan tidak lengket. Intinya, jangan melewatkan pelembap dari sesi persiapan kulit Anda.

1 of 2

Selanjutnya

  1. Buatlah masker wajah rumahan

Menurut dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter, dengan membuat masker sendiri, Anda dapat menghemat pengeluaran, tetapi tetap merasakan manfaat yang signifikan. Coba lihat dulu di dapur dan kulkas Anda, adakah bahan-bahan seperti alpukat, lidah buaya, lemon, yoghurt, dan telur? Jika salah satunya ada, maka Anda bisa membuat masker rumahan!

Mungkin dari beberapa bahan yang telah disebutkan, telurlah yang paling sering ada di kulkas. “Bila kulit Anda kering, ambil kuning telur dan kocok. Tapi kalau kulit Anda berminyak, ambil putih telurnya saja lalu campurkan dengan madu dan lemon. Lalu, oleskan telur ke wajah dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air hangat sesudahnya,” jelas dr. Adeline. Setelah mengaplikasikan masker, pasti pori-pori wajah akan terlihat lebih kecil, lebih lembut, dan wajah terlihat lebih cerah.

  1. Lakukan double cleanse dan jangan lupakan toner

Terkadang, Anda malas membersihkan wajah dengan sungguh-sungguh. Padahal, itu sangat penting demi kebersihan dan kesehatan kulit. Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, Anda bisa melakukan double cleanse agar kulit tampak cerah dan sehat seperti artis Korea. Hal itu dilakukan dengan dua pembersih wajah yang berbeda.

Pembersih pertama yang digunakan adalah berbasis minyak. Ini digunakan untuk menghapus sisa riasan. Setelah itu, bersihkan kembali wajah dengan sabun cuci muka biasa.

Bila Anda memiliki sikat berbulu halus atau yang terbuat dari silikon, aplikasikan sabun muka dengan alat tersebut agar alat itu bisa mengangkat sisa kotoran dan minyak pada pori-pori. Sesudah dikeringkan dengan handuk bersih (hanya ditepuk-tepuk), aplikasikan toner untuk menyegarkan dan menenangkan kulit.

  1. Berolahragalah!

Dengan berolahraga, tak cuma kulit yang bisa tampak lebih sehat dan muda, tubuh juga bisa terlihat lebih ideal. Menurut dr. Theresia, berolahraga rutin menjelang hari Valentine bisa membantu membuat wajah bersinar dan tubuh senantiasa bugar.

American College of Sports Medicine (ACSM) mengatakan bahwa seseorang dikatakan hidup aktif bila waktu yang dihabiskan untuk berolahraga intensitas sedang mencapai 150 menit dalam seminggu.

Itulah beberapa persiapan yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kulit sehat di Hari Valentine. Jika poin dua, tiga, empat, dan lima sudah Anda jadikan rutinitas merawat kulit harian, berarti Anda bisa menitikberatkan persiapan pada cara pertama dan keenam, yakni menjaga asupan makanan dan berolahraga. Dengan melakukan hal simpel di atas, Anda bisa tampil dengan percaya diri di hadapan si pujaan hati saat kencan Valentine nanti. Selamat mencoba!

[RS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓