5 Cara Mudah Hilangkan Bau Mulut Akibat Makan Bawang

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 11 Feb 2019, 14:30 WIB
Bau mulut setelah makan bawang tak hanya mengganggu diri sendiri, namun juga orang lain. Ikuti sederet cara mudah menghilangkannya berikut.
5 Cara Mudah Hilangkan Bau Mulut Akibat Makan Bawang (Antonio-Guillem/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Bau mulut yang menyerupai bawang bisa terjadi setelah Anda mengonsumsi umbi yang biasanya dipakai sebagai bumbu masakan tersebut. Jenis seperti bawang putih, bawang merah dan bawang bombai, merupakan penyebab utama dari bau bawang yang menetap di mulut.

Kedua jenis tanaman tersebut merupakan famili Allium yang mengandung banyak senyawa belerang alias sulfur. Akibatnya, saat mulut mengunyah bawang, terlebih dalam kondisi mentah, wajar bila Anda mengalami bau mulut.

Mengenai penyebab bau mulut, drg. Callista Argentina dari KlikDokter turut menjelaskan. “Bau mulut atau halitosis bisa disebabkan oleh banyak hal. Beberapa penelitian menyebutkan sekitar 80-90 persen bau mulut disebabkan oleh bakteri. Hal ini berhubungan dengan gaya hidup, berbagai masalah mulut, atau makanan,” ucapnya.

Jadi, tak heran bila usai makan bawang, mulut Anda pun mengeluarkan bau yang cukup mengganggu. Ketahui cara tepat untuk mengatasinya agar bau mulut tak mengganggu aktivitas Anda.

Tips hilangkan bau mulut setelah makan bawang

Sekalipun metode biasa tidak dapat menghilangkan bau mulut, Anda tak perlu panik. Bau mulut masih bisa diatasi dengan sejumlah cara. Basmi aroma tak sedap akibat makan bawang lewat upaya berikut ini:

1. Minum susu

Berdasarkan studi yang dilakukan Journal of Food Science, susu efektif mengurangi bau bawang pada mulut jika Anda meminumnya sebelum atau selama makan bawang. Kandungan lemak dalam susu mampu menetralkan zat belerang yang terdapat pada bawang.

2. Bersihkan lidah

Bakteri penyebab bau mulut dapat menumpuk di lidah, apalagi bila Anda tidak membersihkannya saat menyikat gigi. Untuk menghilangkan bau bawang pada mulut, jangan lupa untuk menggunakan pembersih lidah saat Anda menyikat gigi.

Cara ini akan membantu menghilangkan sel kulit mati, mikroba, dan partikel kecil makanan yang menempel di lidah. Biasakan pula untuk membersihkan lidah kapan saja, meski Anda sedang tidak mengonsumsi bawang.

3. Menggunakan obat kumur

Salah satu cara paling efektif untuk menetralkan senyawa sulfur dalam makanan seperti bawang putih adalah menggunakan obat kumur yang mengandung klorin dioksida atau seng. Selain itu, kandungan lainnya seperti chlorhexidine dan cetylpyridinium chloride juga perlu Anda pertimbangkan keberadaannya pada obat kumur Anda.

4. Makan buah-buahan

Wajar bila buah-buahan disebut sebagai makanan pencuci mulut setelah menyantap sejumlah asupan, khususnya yang mengandung bawang putih. Enzim alami dalam buah-buahan sehat seperti apel, berry, nanas, dan kiwi, mampu memecah senyawa sulfur pada bawang.

Oleh sebab itu, konsumsi jeruk nipis setelah Anda makan bawang putih juga tidak boleh diabaikan. Asam dari kandungan buah tersebut mampu menetralkan alliinase yang merupakan enzim penyebab bau mulut akibat konsumsi bawang.

5. Minum air putih

Cara ini adalah yang paling sederhana untuk mengatasi bau mulut usai makan bawang. Air putih tersebut dapat membersihkan bawang putih yang tersangkut di gigi atau menempel di lidah Anda, sehingga mengurangi bau mulut yang ada.

Minumlah secara perlahan dan berkumurlah hingga tak ada bawang yang tersisa di sela-sela gigi dan mulut Anda.

Bila Anda mengalami bau mulut yang berkepanjangan, satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan menghilangkan seluruh lapisan biofilm yang mengandung bakteri dengan bantuan dokter gigi. Menurut dr. Callista, perkara ini bukanlah sembarangan.

“Dibutuhkan pembersihan karang gigi dengan alat khusus setiap 6 bulan sekali. Selain itu gigi yang berlubang juga perlu ditutup dengan penambalan dan sisa akar gigi yang busuk juga harus dicabut,” tuturnya.

Selebihnya, biasakan untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari saat pagi sesudah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Menghentikan kebiasaan merokok dan menjauhi alkohol juga dapat mengurangi terjadinya bau mulut yang membandel.

Konsumsi bawang memang sehat. Namun hati-hati, setelah melahapnya Anda dapat mengalami bau mulut yang mengganggu. Atasi hal tersebut dengan melakukan berbagai langkah di atas, dan tentunya jangan sampai melupakan rutinitas sikat gigi, ya!

[NP/ RVS]