5 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Tubuh Makin Sehat

Oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc pada 12 Feb 2019, 10:00 WIB
Ingin tubuh sehat hingga akhir hayat? Jadikan 5 hal ini sebagai kebiasaan yang Anda lakukan setiap hari.
5 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Tubuh Makin Sehat (MPH Photos/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Melakukan aktivitas fisik secara rutin dan mengonsumsi makanan dengan proporsi gizi seimbang merupakan elemen penting dalam penerapan gaya hidup sehat. Namun ternyata, gaya hidup sehat tak hanya terbatas pada dua hal itu saja, lho! Ada banyak faktor yang perlu Anda lakukan untuk membangun tubuh sehat.

Fakta menyebutkan, di samping rutin melakukan aktivitas fisik dan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, tubuh yang sehat sepanjang hayat juga bisa didapatkan dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan tertentu. Tahukah Anda kebiasaan apa saja yang dimaksud?

Ini dia 5 kebiasaan sehat dan sederhana yang bisa bikin tubuh Anda sehat sepanjang hayat.

  1. Waktu tidur yang cukup

Ingin tubuh yang sehat? Jika ya, Anda wajib menargetkan waktu tidur yang cukup, yakni sekitar 7 hingga 9 jam per malam. Hindari kekurangan jam tidur, apalagi hingga berulang-ulang. Penelitian menyebutkan, kekurangan waktu tidur dapat memengaruhi serangkaian fungsi kognitif, seperti kemampuan mengambil keputusan, dan suasana hati atau mood.

Terdapat beberapa hal yang dapat Anda terapkan untuk memastikan waktu tidur yang cukup, salah satunya adalah menghindari kafein menjelang malam hari dan menjaga konsistensi waktu tidur setiap hari. Selain itu, Dr. Gavin Buckingham dari University of Exeter juga menambahkan bahwa menghindari penggunaan media elektronik seperti ponsel dan laptop menjelang tidur juga dapat membantu seseorang tertidur dengan lebih mudah.

  1. Mengenali pola pikir diri sendiri

Menurut Dr. Nadine Sammy dari University of Exeter, mengenali perasaan, motivasi, dan perilaku diri sendiri dengan lebih dalam dapat membuat seseorang bertindak secara lebih sadar dalam membuat keputusan untuk diri sendiri.

Dengan memahami diri sendiri secara lebih mendalam, Anda dapat memanfaatkan kekuatan dan mengatasi kelemahan sehingga bisa meng-upgrade diri menjadi lebih baik lagi.

  1. Mengadopsi hewan peliharaan

Mengadopsi hewan peliharaan juga dapat bermanfaat, baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Dr. Rhys Thatcher dari Aberystwyth University menyampaikan bahwa dengan memiliki hewan peliharaan seseorang mendapatkan manfaat emosional dari keterikatan dengan hewan tersebut, serta manfaat fisik dari merawatnya.

  1. Konsumsi buah dan sayur yang bervariasi

Tidak dimungkiri bahwa buah dan sayur merupakan komponen yang penting dalam pola makan sehari-hari. Hal ini juga dibenarkan oleh seorang peneliti dari Department of Nutritional Sciences di King’s College London, Dr. Megan Rossi.

Beliau mengutarakan bahwa yang harus diingat bukan hanya jumlah dari buah dan sayur yang dikonsumsi, namun juga variasinya. Dengan mengonsumsi 30 jenis makanan berbasis tumbuhan setiap minggu, hal ini dapat menunjang pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran cerna.

  1. Menjaga mood

Menurut artikel yang dilansir British Broadcasting Corporation, menjaga kestabilan mood dapat membuat tubuh menjadi semakin sehat. Dr. James Gill dari Warwick Medical School menyampaikan bahwa orang yang lebih sering tersenyum dan mengidentifikasi serta mengubah hal-hal yang membuat mereka tidak bahagia dapat memperbaiki kesehatan fisik maupun mental.

Jadikan hal-hal sederhana di atas sebagai aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari demi membangun tubuh sehat. Pastikan pula Anda melakukannya secara konsisten, agar manfaat dari kebiasaan sehat tersebut bisa benar-benar Anda rasakan. Selamat mencoba!

(NB/ RVS)