Ani Yudhoyono Dirawat di Rumah Sakit Diduga Akibat Kelelahan

Oleh Rudolf Santana pada 12 Feb 2019, 11:00 WIB
Mantan Ibu Negara RI ke-6, Ani Yudhoyono, dirawat di rumah sakit. Diduga, akibat kelelahan karena aktivitas yang padat.
Ani Yudhoyono Dirawat di Rumah Sakit Diduga Akibat Kelelahan (Foto: Windi Sucipto/Fimela.com)

Klikdokter.com, Jakarta Ani Yudhoyono, sejak Sabtu pekan lalu dikabarkan tengah dirawat di sebuah rumah sakit di Singapura. Hingga artikel ini diturunkan, penyebab mantan Ibu Negara RI ke-6 ini dirawat masih belum dikonfirmasikan. Namun dilansir Kumparan, menurut Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean, Ani dirawat karena faktor kelelahan.

"Ibu Ani sedang dirawat di Singapura pasca melakukan perjalanan ke Sumatera Utara dan Aceh dua minggu lalu," kata Ferdinand, dikutip dari kumparan, Senin (11/2).

Menempuh perjalanan darat sepanjang 1.200 kilometer demi mendampingi SBY berkampanye jelang Pemilu 2019, membuat Ani yang terkenal aktif dan sangat sehat, akhirnya tumbang. Meski dikabarkan mengalami sedikit keluhan di bagian punggung akibat kelelahan dan sedang menunggu observasi lanjutan, kondisi Ani Yudhoyono saat ini dikatakan stabil.

Penyebab kelelahan pada umumnya

Kelelahan seperti yang dialami oleh Ani Yudhoyono rupanya juga pernah menyerang SBY setahun lalu. Padatnya jadwal SBY kala itu juga sempat membuat pria kelahiran Pacitan itu tumbang.

Menurut dr. Faza Yuspa Liosha kepada KlikDokter, kelelahan secara umum merupakan suatu respons tubuh yang bersifat normal. Ketika tubuh melakukan beban kerja yang berat secara terus menerus, tubuh meresponsnya.

Seseorang yang berada dalam situasi ini biasanya akan merasakan badan lemas dan kurang bertenaga. Selain itu, beban kerja yang ringan namun dilakukan dalam durasi yang melebihi kapasitas tubuh juga rentan mengakibatkan kelelahan.

Pada umumnya ada sejumlah gangguan kesehatan yang rawan menyebabkan seseorang mengalami kelelahan. Beberapa penyakit seperti anemia, kelainan jantung, gangguan pada paru, stres depresi hingga efek samping obat, bisa menjadi penyebab kelelahan yang harus diwaspadai.

Senada dengan itu, dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter juga menyebutkan bahwa kelelahan juga bisa dipicu oleh sejumlah faktor seperti dehidrasi, kurang istirahat, pola makan yang tidak teratur hingga stres psikis. Namun demikian, biasanya kelelahan dapat membaik jika penderita kondisi ini bisa meluangkan waktu untuk beristirahat dalam durasi cukup dan berkualitas.

Gejala kelelahan yang patut diperhatikan

Kondisi kelelahan memang rentan menyerang para tokoh yang dikenal memiliki jadwal yang sangat padat. Selain pernah menghinggapi SBY dan Aa Gym –beberapa waktu lalu– kini Ani Yudhoyono harus rela untuk rehat barang sejenak akibat kondisi ini.

Dijelaskan oleh dr. Theresia Rina Yunita dari KikDokter, kondisi kelelahan yang dialami seseorang dapat timbul akibat aktivitas fisik dan mental yang berlebihan tanpa istirahat yang cukup. Itulah mengapa tubuh kemudian kelelahan. Kondisi kesehatan yang menurun drastis juga mengakibatkan daya tahan tubuh juga ikut menurun.

Ada sejumlah gejala yang menurut dr. Theresia bisa menjadi alarm bagi Anda agar terhindar dari kondisi tersebut. Beberapa gejala yang harus Anda waspadai adalah sulit berkonsentrasi, gangguan emosi, sulit tidur dan menjadi lebih sering sakit.

Meski terdengar kompleks karena ada banyak penyebab kelelahan, namun sebenarnya ada banyak cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kondisi tubuh.

Saat mulai merasa kelelahan, perbanyak konsumsi buah dan sayuran, cukupi kebutuhan air putih, istirahatlah yang cukup dan berkualitas, serta minum vitamin sesuai petunjuk dokter. Jangan lupa, lakukan olahraga secara rutin.

Kelelahan yang saat ini dialami oleh Ani Yudhoyono akibat padatnya aktivitas, bisa menjadi tanda bahwa wanita penyuka fotografi ini juga perlu istirahat beberapa saat. Tidak ada salahnya untuk memiliki segudang aktivitas positif. Meski demikian, kondisi tubuh juga harus selalu menjadi prioritas nomor satu. Semoga kondisi mantan Ibu Negara RI ke-6 ini terus membaik dan bisa segera kembali berkarya bagi Bangsa.

[RH]