5 Alasan Mengapa Harus Melepas Sepatu Saat Masuk Rumah

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 12 Feb 2019, 12:15 WIB
Cerewet mengingatkan untuk melepas sepatu saat masuk rumah bukanlah tanpa alasan. Dari sudut pandang medis, ini buktinya!
5 Alasan Mengapa Harus Melepas Sepatu Saat Masuk Rumah (Polkadot_Photo/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Saat pulang ke rumah dari kantor atau sekolah, badan rasanya capek, inginnya segera rebahan. Setelah menutup pintu, sering kali tanpa sadar atau bahkan karena malas, Anda pun masuk dan berjalan di dalam rumah tanpa melepas sepatu. Padahal, dari sudut pandang medis, ada alasan kenapa Anda harus melepas sepatu saat masuk rumah.

Bayangkan, sepatu selalu menjadi teman setia kaki Anda, menemani ke mana pun Anda pergi. Dengan sepatu, Anda melangkah ke tempat becek, berdebu, berlumpur, atau bahkan tak sengaja menginjak kotoran hewan atau kotoran lainnya. Tentu saja sepatu jadi kotor dan bisa jadi sarang kuman. Inilah kenapa sebaiknya sepatu dilepas sebelum masuk ke dalam rumah.

Nyatanya, dilansir dari Reader’s Digest, ada beberapa bahaya yang mengintai jika Anda nekat mengenakan sepatu di rumah. Apa saja yang bisa dibawa serta sepatu yang kotor?

  1. Bakteri

Menurut sebuah studi dari Universitas Houston, Amerika Serikat, 40 persen sepatu terkontaminasi bakteri penyebab diare, Clostridium difficile, dan 20 persen sepatu bot yang disterilkan bisa tertempel bakteri E. Coli setelah dibawa berjalan di luar ruangan.

Jika Anda mengenakan sepatu outdoor in dalam rumah, ada kemungkinan Anda akan menyebarkan bakteri di rumah. Ada pula penelitian gabungan antara Universitas Arizona, AS, dan The Rockport Company menemukan, lebih dari 90 persen waktu, bakteri di sepatu dapat berpindah ke lantai rumah dan (lebih buruk lagi) karpet.

  1. Racun

Sebuah studi dalam jurnal “Environmental Science & Technology” menemukan bahwa lebih residu pada sepatu lebih mudah untuk masuk dan menempel di karpet atau sudut-sudut ruangan. Contoh racun yang bisa menempel adalah 2,4D, yang bisa bertahan hingga seminggu setelah digunakan. Menurut Pusat Informasi Pestisida Nasional AS, paparan kimia tersebut dapat menyebabkan ruam kulit ringan, bahkan gangguan pencernaan. Coba pikirkan ini sebelum Anda selonjoran di sofa dengan lantai berkarpet dengan sepatu masih terpasang di kaki.

  1. Kotoran

Selain partikel yang tak kasatmata, kotoran yang menempel juga harus dipertimbangkan. Siapa yang mau kotoran di bagian bawah sepatu mengotori lantai dan karpet, apalagi rumah baru dibersihkan?! Karenanya, bersihkan bagian bawah sepatu di keset depan pintu masuk rumah, lalu lepaskan dan letakkan di rak sepatu.

  1. Sopan santun

“Melepas sepatu bukan hanya untuk alasan sanitasi, tapi juga simbol sopan santun,” kata desainer interior sekaligus penulis buku “Feng Shui: Truths, Myths & Misconceptions” Jenny Nakao Hones, kepada Reader’s Digest. Dengan melepas sepatu, Anda menghargai pemilik rumah, mengerti tata krama, lingkungan, dan siapa pun yang tinggal di rumah tersebut.

  1. Bikin bising

Ya, berjalan di rumah dengan sepatu seperti sepatu hak tinggi, bot, atau sepatu pantofel bisa bikin bising. Padahal, orang lain yang sedang di rumah sedang mengingkan ketenangan, dan suara sepatu Anda bisa membuat ketenangan tersebut buyar.

1 of 2

Lebih baik beraktivitas tanpa sepatu di rumah

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, melepas sepatu dan beraktivitas di rumah tanpa memakainya memiliki keuntungan.

“Sirkulasi udara di kaki menjadi sangat baik, sehingga kulit kaki menjadi mudah bernapas. Ini tentu dapat mencegah terjadinya infeksi jamur,” kata dr. Dyah.

Jika ada anak-anak di rumah, dr. Dyah mengatakan ada pula tambahan manfaatnya. Beraktivitas tanpa sepatu di rumah bisa membuat otot kakinya berkembang lebih kuat sekaligus melatih keseimbangan tubuh anak.

Ditambahkan oleh dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, memakai sepatu terus-terusan dari aktivitas harian hingga sampai rumah, apalagi memakai sepatu sama setiap harinya, bisa mengakibatkan kaki lembap.

“Kondisi kaki yang lembap ini dapat meningkatkan risiko infeksi jamur, apalagi jika sepatu Anda terbuat dari bahan plastik, dan Anda tidak menggunakan kaus kaki ketika memakai sepatu,” kata dr. Nadia.

Mulai sekarang, jangan pernah lupa untuk melepas sepatu saat masuk rumah, apalagi setelah banyak menjejaki tempat-tempat kotor. Dengan melepas sepatu, Anda tak hanya menghargai mereka yang sudah bersusah payah mengepel lantai dan membersihkan seisi rumah, tapi juga membantu mencegah penyebaran kuman dan bakteri di dalam rumah.

(RN/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓