Lebih Penting Vitamin C atau Vitamin E untuk Kulit?

Oleh Ayu Maharani pada 12 Feb 2019, 15:45 WIB
Vitamin C dan vitamin E sama-sama baik untuk kulit. Namun, manakah yang lebih bisa membuat kulit tampak lebih sehat dan menawan?
Lebih Penting Vitamin C atau Vitamin E untuk Kulit? (lithian/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Selain merawat dari luar, demi mendapatkan kulit yang sehat, lembut, dan cerah, Anda juga membutuhkan nutrisi tambahan, seperti vitamin C dan vitamin E. Kedua vitamin itu dipercaya bisa meningkatkan kualitas kulit jika dikonsumsi secara rutin. Namun, di antara dua jenis vitamin itu, manakah yang paling baik untuk kesehatan kulit?

Vitamin C dan vitamin E sama-sama bermanfaat

Sebelum menjawab hal itu, baik vitamin C maupun vitamin E sama-sama bermanfaat untuk tubuh, khususnya kulit. Bahkan, dr. Melyawati Hermawan Sp. KK dari KlikDokter mengatakan bahwa kombinasi antara vitamin C dan vitamin E mampu melindungi kulit dari efek tidak baik sinar matahari (UV).

Hal itu juga dibenarkan dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter. Menurutnya, kedua vitamin tersebut tidak bisa dipisahkan dan sebenarnya bukan merupakan aspek utama dalam mendapatkan kondisi kulit terbaik.

“Iya, karena yang paling penting adalah menerapkan hidup sehat. Jika pola hidup sehat itu sudah diterapkan secara teratur, pasti manfaatnya juga dirasakan kulit,” kata dr. Alvin.

Pola hidup sehat yang dimaksud adalah menjaga waktu istirahat, mengatur pola makan, dan rutin berolahraga. Adapun pengonsumsian suplemen, seperti vitamin C atau vitamin E,adalah sekadar tambahan.

Di sisi lain, dr. Alvin juga mengatakan, bila fokusnya adalah untuk kesehatan kulit, vitamin E adalah yang paling berperan penting. Meski demikian, bukan berarti vitamin C itu tidak penting, karena vitamin C alias asam askorbat merupakan vitamin yang berperan dalam pembentukan kolagen. Sementara itu, kolagen sendiri penting untuk menjaga elastisitas kulit agar selalu tampak awet muda.

Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk memproduksi kolagen akan menurun. “Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk menjaga asupan vitamin C yang cukup agar produksi kolagen dalam tubuh tetap terpenuhi,” katanya.

Pada dasarnya, vitamin E dan vitamin C merupakan antioksidan yang kuat. Namun, ketika vitamin E digabungkan dengan vitamin C, hasilnya untuk kulit akan lebih memuaskan, terutama dalam treatment yang berfokus pada anti-penuaan dini.

“Lagi pula, vitamin E juga dapat menyehatkan kulit kepala, misalnya membuat rambut tumbuh lebih lembut dan berkilau,” tutur dr. Karin.

Dengan demikian, tak hanya bisa membawa perubahan positif terhadap kulit wajah dan tubuh, vitamin E juga bisa menyehatkan kulit kepala serta rambut.

1 of 2

Sumber alami vitamin C dan vitamin E

Vitamin C antara lain bisa Anda dapatkan dari buah dan sayuran, seperti jeruk, brokoli, pepaya, stroberi, nanas, kembang kol, dan jambu biji. Adapun, untuk asupan alami vitamin E, Anda bisa mengonsumsi makanan laut, serealia, brokoli, bayam, dan sayuran hijau lainnya. Anda juga bisa mendapatkan vitamin E dalam camilan biji bunga matahari alias kuaci, kacang hazelnut, dan minyak nabati, seperti minyak bunga matahari.

Bila Anda mengonsumsi makanan sehat kemasan, perhatikan pula komposisinya. Bila ada tulisan dl-alpha-tokoferol, berarti makanan tersebut mengandung vitamin E sintetis. Yang perlu Anda tahu, vitamin E alami lebih kuat ketimbang versi sintetisnya.

Selain itu, Anda perlu mengonsumsi vitamin E dengan makanan yang mengandung lemak sehat. Sebab, vitamin E akan larut dalam makanan yang berlemak. Di luar saran itu, tidak ada bukti bahwa meminumnya di waktu tertentu lebih baik atau lebih buruk bagi kesehatan.

Jadi, vitamin C dan vitamin E sama-sama baik untuk kesehatan kulit. Vitamin E memang lebih fokus pada kesehatan kulit, tapi bila dikombinasikan dengan vitamin C, hasilnya akan jauh lebih maksimal.

Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi kedua suplemen tersebut. Namun yang terpenting, utamakan pola hidup sehat terlebih dahulu. Akan sia-sia jika Anda mengonsumsi vitamin C dan vitamin E, tetapi masih sering begadang, merokok, jarang membersihkan wajah, dan kerap mengonsumsi makanan berminyak. Itu karena kulit Anda akan tetap tampak kusam dan bermasalah.

[HNS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓