7 Makanan yang Buruk untuk Kadar Kolesterol Anda

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 13 Feb 2019, 10:45 WIB
Terbiasa mengonsumsi tujuh makanan ini? Waspada, kadar kolesterol bisa memburuk akibat sering mengonsumsi jenis makanan berikut.
7 Makanan yang Buruk untuk Kadar Kolesterol Anda (Pixel Shot/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sering mendengar istilah kolesterol, tapi bingung dalam menggambarkannya? Ya, kolesterol adalah zat seperti lilin yang ditemukan dalam lemak darah Anda. Kolesterol baik untuk membangun sel tubuh agar tetap sehat, meski berdampak buruk jika terlalu banyak.

Saat tubuh menimbun terlalu banyak kolesterol, beragam risiko gangguan kesehatan akan meningkat. Salah satu yang identik adalah penyakit jantung serta penyempitan pembuluh darah yang berujung pada stroke.

Menurut dr. Fiona Amelia dari KlikDokter, kolesterol terbagi menjadi dua sumber, yakni dari dalam dan luar tubuh. Meski sebagian besar produksi kadar tersebut dihasilkan dari dalam tubuh, makanan juga dapat menjadi pemicu utama yang tak boleh dipandang sebelah mata.

Batas kolesterol yang sehat

Kolesterol terbagi menjadi dua, yaitu kolesterol baik atau HDL (High Density Lipoprotein) dan kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein). Kedua jenis tersebut punya kadar total yang dianjurkan agar tetap sehat.

dr. Fiona menjelaskan, “Kadar kolesterol total yang dianjurkan adalah di bawah 250 mg/dL, sedangkan untuk kolesterol LDL sebaiknya di bawah 130 mg/dL dan akan lebih optimal bila dapat mencapai di bawah 100 mg/dL.

“Untuk kolesterol HDL, bagi wanita sebaiknya di atas 50 mg/dL. Kolesterol HDL ini, semakin tinggi semakin baik,” tutur dr. Fiona.

Agar kadar kolesterol tetap normal, beberapa jenis makanan harus Anda batasi dan hindari. Apa saja? Dilansir dari Reader’s Digest, waspadai tujuh makanan berikut:

  1. Daging olahan

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Circulation menyimpulkan bahwa konsumsi daging olahan dikaitkan dengan insiden penyakit jantung kronis yang lebih tinggi. Hal itu berasal dari kandungan kolesterol pada daging olahan yang berlebihan dan tidak baik buat tubuh Anda.

  1. Makanan mengandung lemak trans

Lemak trans mampu meningkatkan kolesterol yang berkontribusi terhadap risiko penyakit jantung. dr. Fiona menjelaskan, “Asam lemak trans adalah lemak yang paling buruk sehingga perlu dihindari. Jika menumpuk dalam jumlah berlebih di dalam tubuh, kejadian penyakit diabetes, penyakit jantung dan stroke tidak bisa dihindari lagi.”

Jenis makanan yang dipanggang dalam kemasan, makanan penutup, bahkan beberapa jenis cokelat, berisiko mengandung lemak trans yang buruk untuk kadar kolesterol.

  1. Mentega

Mentega terbukti bukanlah pilihan yang sehat jika Anda berniat menurunkan kadar kolesterol. Jenis asupan yang satu ini kerap dikaitkan dengan lemak trans hingga minyak yang dapat meningkatkan kolesterol Anda. Konsumsi secara bijak, jangan sering-sering!

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa (Africa-Studio/Shutterstock)
Minyak kelapa (Africa-Studio/Shutterstock)

Minyak kelapa cukup populer karena baik untuk kesehatan. Kendati demikian, kandungan lemak jenuh di dalamnya sangat tinggi sehingga mampu meningkatkan kolesterol jahat. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi minyak kelapa dalam jumlah yang sedikit.

  1. Gorengan

Proses menggoreng umumnya membutuhkan pemanasan minyak dalam waktu yang cukup lama. “Proses ini membuat asam lemak di dalam minyak yang dipakai untuk memasak makin jenuh hingga memunculkan asam lemak trans. Asam lemak trans merupakan asam lemak yang paling memicu pembentukan kolesterol LDL dan harus dihindari sebisa mungkin,” kata dr. Fiona. Oleh karena itu, makanan seperti ayam, kentang, dan ikan akan lebih baik jika diolah dengan cara direbus atau dikukus.

  1. Makanan mengandung karbohidrat

Ketika Anda makan karbohidrat dalam taraf berlebihan, tubuh akan memecahnya seperti gula. Padahal di balik itu, makan makanan mengandung karbohidrat terlalu banyak karbohidrat olahan justru dapat meningkatkan kolesterol.

Penelitian menunjukkan bahwa makan makanan yang mengandung serat sebenarnya dapat membantu menurunkan peradangan dengan beberapa cara yang mengejutkan. Jadi, konsumsilah karbohidrat dalam jumlah yang tidak berlebihan ya.

  1. Olahan susu

Secara umum, tidak apa-apa mengonsumsi produk olahan susu dalam jumlah sedang. Namun, hindarilah porsi yang berlebihan agar tetap sehat dan tidak dapat mendongrak kadar kolesterol Anda hingga melambung. dr. Dyan Mega Inderawati dari Klikdokter menambahkan, “Batasi susu dan produk turunannya yang mengandung lebih dari 1 persen lemak.” Produk olahan susu antara lain krim, keju, es krim, dan creamer kopi.

Anda yang ingin menjaga kadar kolesterol tetap normal dan “aman”, bisa menghindari tujuh makanan di atas. Kalaupun sedang ingin makan, konsumsilah dalam jumlah sedikit. Imbangi juga dengan asupan makanan lain yang mengandung serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk tubuh.

[HNS/ RVS]