7 Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi Saat Tengah Malam

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 13 Feb 2019, 13:00 WIB
Makan tengah malam memang tak dianjurkan, apalagi jika Anda mengonsumsi makanan ini.
7 Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi Saat Tengah Malam (Andrey_Popov/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Makan tengah malam disebut sebagai salah satu kebiasaan buruk yang tak direkomendasikan banyak pakar medis. Alasannya, proses metabolisme tubuh kian melambat seiring gelapnya hari dan butuh istirahat. Terlebih, jika Anda makan dan langsung tidur.

Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid dari KlikDokter, bila Anda terbiasa makan larut malam, sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini. Berbagai studi telah membuktikan bahwa makan terlalu larut dapat meningkatkan kemungkinan naiknya berat badan.

“Pada malam hari, secara alamiah, tubuh akan mengistirahatkan organ-organnya karena mempersiapkan diri untuk tidur. Makan terlalu malam menyebabkan lebih banyak makanan yang disimpan tubuh sebagai lemak, dibandingkan yang diubah menjadi energi untuk beraktivitas,” ujar dr. Resthie.

Selain itu, dilansir Telegraph, peneliti dari Dokuz Eylul University, Turki, telah menemukan bahwa makan malam setelah jam 7 malam dapat meningkatkan risiko serangan jantung. 

Jika memang Anda sangat lapar saat harus begadang pada tengah malam, pastikan untuk mengonsumsi asupan bergizi seperti buah-buahan. Hindarilah memilih makanan ini sebagai camilan tengah malam:

  1. Gorengan

Makan makanan yang digoreng, tidak baik untuk dikonsumsi saat makan malam. Kandungan lemak yang tinggi akan membuat tubuh Anda jadi lebih fokus terhadap pencernaan ketimbang tidur. Selain itu, gorengan juga bisa bikin perut mulas dan kembung.

  1. Alkohol

Alkohol telah terbukti mengganggu fase tidur Rapid Eyes Movement (REM), atau fase mimpi. Alhasil, Anda bisa terbangun dengan perasaan kurang sehat. Selain itu, minuman keras juga berkaitan dengan insomnia atau kesulitan tidur.

  1. Teh

Teh, baik itu teh hitam, teh hijau, dan teh putih, mengandung senyawa kafein. Seperti yang Anda ketahui, kafein dapat membuat orang terjaga sehingga jadi sulit tidur.

1 of 2

Selanjutnya

  1. Popcorn

Popcorn mengandung mentega dan garam, dua kandungan yang bisa bikin Anda haus. Bukannya mengantuk, Anda malah terbangun terus-terusan karena ingin minum.

  1. Keripik kentang

Keripik kentang sarat akan minyak dan lemak yang meningkatkan kemungkinan mulas serta bangun di malam hari untuk minum. Selain itu, keripik kentang termasuk jenis makanan yang sulit dicerna tubuh sehingga bikin Anda tidak fokus istirahat.

  1. Permen

Para peneliti telah menemukan bahwa aroma peppermint dalam permen meningkatkan kewaspadaan dengan mengaktifkan area-area utama otak. Makan peppermint di malam hari, atau bahkan menyikat gigi dengan pasta gigi rasa peppermint, bisa membuat Anda terjaga pada malam hari.

  1. Susu cokelat panas

Susu cokelat panas memang dapat menghasilkan triptofan yang menciptakan sensasi tenang. Tetapi, orang-orang cenderung lupa bahwa cokelat juga mengandung kafein yang mampu membuat mata terjaga.

Bisa disimpulkan bahwa segala makanan yang mengandung garam, gula, lemak, minyak, dan kafein tidaklah baik untuk tubuh. Apalagi jika dikonsumsi pada tengah malam. Haus, perut kembung, bahkan susah tidur adalah efek yang kemungkinan besar akan Anda alami.

Menurut dr. Resthie, belum ada petunjuk baku kapan makan malam terakhir boleh dilakukan. Namun secara medis, Anda dianjurkan untuk makan malam paling lambat tiga jam sebelum tidur.

“Jika Anda biasanya tidur pada pukul 10 malam, maka sebaiknya Anda menuntaskan makan malam sebelum pukul 7 malam. Hal ini penting untuk memberikan kesempatan bagi lambung dan usus untuk memetabolisme makanan dengan baik,” tuturnya.

Biasakan untuk tidak makan malam menjelang jam tidur Anda. Jika memang sangat lapar, usahakan mengonsumsi asupan sehat seperti buah-buahan. Tak lupa, luangkan waktu untuk berolahraga rutin serta menghindari merokok agar kualitas tidur kian meningkat.

[RS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓