Benarkah Sports Bra Lebih Baik Ketimbang Bra Lain?

Oleh Ayu Maharani pada 16 Feb 2019, 13:00 WIB
Ada yang menyarankan Anda untuk selalu pakai sports bra meski tak sedang olahraga? Sebelum menurutinya,cari tahu faktanya di bawah ini.
Benarkah Sports Bra Lebih Baik Ketimbang Bra Lain? (Wayne0216/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian besar wanita tahu bahwa umumnya bra dibagi menjadi dua jenis, yakni bra untuk keseharian dan sports bra. Ya, dari namanya saja, sudah ketahuan bahwa sports bra khusus digunakan untuk berolahraga. Namun,ada pula wanita yang kerap memakai sports bra, meski tidak sedang berolahraga. Salah satu alasan yang paling umum adalah lebih nyaman ketimbang bra biasa. Lantas, benarkah sports bra lebih baik ketimbang bra biasa dan punya manfaat sehat untuk payudara Anda?

Mengapa dianggap lebih baik?

Dilansir dari Lifealth.com, tak sedikit wanita yang mengeluhkan tentang penggunaan bra konvensional sehari-hari. Bra konvensional memiliki teknik kait dan kawat yang bila terlalu ketat/ sempit bisa mengganggu sirkulasi darah, bahkan iritasi kulit.

Selain itu, untuk menopang dan membentuk payudara agar terlihat ideal, bra konvensional menggunakan teknik cup. Adapun sports bra tidak memiliki teknik-teknik tersebut karena fokusnya bukanlah membentuk payudara ideal saat mengenakan pakaian, tetapi lebih menekankan kepada kenyamanan tubuh.

Oleh karena itu, untuk menjawab apakah sports bra lebih baik ketimbang bra konvensional, kembali pada karakter dan kebutuhan si pemakai. Misalnya, jika Anda ingin berolahraga, terutama olahraga yang memiliki gerakan yang berulang secara teratur, seperti lompat tali atau joging, penggunaan sports bra jauh lebih baik ketimbang bra ber-cup dan berkawat. Apalagi bahan sports bra juga lebih menyerap keringat ketimbang bra biasa.

Dapat kurangi nyeri akibat gerak payudara

Menurut dr. Sara Elise Wijono MRes dari KlikDokter, sports bra dapat menyokong payudara sehingga dapat mengurangi nyeri payudara saat melakukan aktivitas yang dinamis. Menurut dia, perlu diketahui dulu bahwa secara alami, payudara tidak memiliki penyangga yang baik. Payudara terdiri atas jaringan susu, jaringan lemak, dan ditopang oleh kulit serta ligamen.

“Berdasarkan penelitian, payudara akan bergerak membentuk angka delapan saat berlari. Tidak hanya bergerak naik turun, tetapi juga menyamping ke kanan kiri. Bahkan, payudara dapat bergerak hingga 10 sentimeter saat berlari,” ujar dr. Sara.

Gerakan yang cukup heboh itu akan menyebabkan tarikan pada jaringan penyokong payudara sehingga menimbulkan nyeri, terutama bagi Anda yang memiliki payudara besar.

Sementara itu, dikutip dari Lifealth.com, rasa sakit juga biasanya timbul ketika bra konvensional tidak memberikan ruang yang cukup untuk gerakan payudara. Dengan menggunakan sports bra yang ukurannya benar-benar sesuai, payudara Anda memiliki ruang yang cukup untuk bergerak, tapi tetap bisa menopang dengan baik sehingga tidak menimbulkan nyeri.

Bagi yang belum pernah memakai, sebenarnya sports bra bukannya sama sekali tidak memiliki cup, lo. Pasalnya, di dalam lapisan kainnya, terdapat dua cup untuk menopang payudara. Hanya saja, perbedaannya terletak pada tingkat fleksibilitas. Cup pada sports bra tidak dibuat kaku dan lebih tipis, serta tidak ada penambahan kawat.

Pilih yang mana?

Bila Anda sedang tidak melakukan kegiatan yang aktif secara fisik dan mesti mengenakan pakaian resmi, seperti kemeja, kebaya, atau gaun untuk acara formal, sports bra bukanlah pilihan yang tepat. Ini karena sports bra tidak bisa memberikan bentuk tubuh yang ideal dan justru membuat dada Anda tampak “rata”, meski terasa nyaman.

Namun, jika Anda tidak masalah dengan kondisi itu, menggunakan sports bra untuk acara-acara resmi sah-sah saja. Karena terkadang, rasa nyaman bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang sehingga bisa tampil lebih menarik.

Dengan demikian, penggunaan sports bra lebih baik ketimbang bra konvensional, terutama bagi mereka yang aktif bergerak, banyak berkeringat, dan mengutamakan kenyamanan. Namun ingat, pilihlah bahan dan ukuran yang tepat agar manfaatnya lebih terasa. Selain itu, dr.Sara juga berpesan, sebelum Anda membeli sports bra, jangan ragu untuk mencoba beberapa model untuk mendapatkan bra yang benar-benar nyaman. Anda juga disarankan untuk melakukan gerakan olahraga sederhana seperti melompat atau berlari kecil di kamar ganti saat mencoba sports bra untuk menilai kualitasnya. Jadi, apakah Anda tertarik untuk memakai sports bra setiap hari?

[HNS/ RVS]