8 Makanan Ini Baik untuk Penderita Sakit Ginjal

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 15 Feb 2019, 17:30 WIB
Bingung menentukan makanan apa yang cocok untuk penderita sakit ginjal? Cobalah mengonsumsi deretan makanan berikut ini.
8 Makanan Ini Baik untuk Penderita Sakit Ginjal (Hywards/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit ginjal tak bisa dianggap sepele. Pasalnya, sekitar 10 persen populasi manusia di dunia terdiagnosis sakit ginjal. Orang dengan penyakit diharuskan menjaga asupan dengan mengonsumsi makanan sehat demi menjaga kondisi kesehatannya.

Ginjal sendiri adalah organ kecil berbentuk seperti kacang yang dapat bekerja melakukan banyak fungsi penting.

Pada dasarnya, ginjal bertanggung jawab untuk menyaring produk limbah, melepaskan hormon yang mengatur tekanan darah, menyeimbangkan cairan dalam tubuh, memproduksi urine dan banyak tugas penting lainnya. Itulah kenapa, menjaga kesehatan ginjal amat disarankan.

Ada berbagai hal yang rentan membuat organ vital rusak, salah satunya penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi. Namun, terdapat juga risiko lainnya yang dapat mengakibatkan penyakit ginjal, seperti obesitas, merokok, genetika, jenis kelamin, faktor usia, hingga alkohol.

Konsumsi makanan ini!

Bagi Anda yang memiliki penyakit ginjal, disarankan untuk melakukan diet khusus dengan membatasi konsumsi sodium, potasium, fosfor, dan protein. Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah beberapa makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita ginjal:

1. Kembang kol

Kembang kol merupakan sayuran yang kaya akan banyak nutrisi. Di dalamnya terdapat vitamin C, vitamin K, vitamin B dan asam folat. Kol juga kaya akan senyawa antiinflamasi dengan sumber serat yang sangat baik bagi tubuh.

2. Blueberry

Blueberry mengandung antioksidan bernama antosianin yang dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung, kanker, penurunan kognitif dan diabetes. Buah ini juga dapat dijadikan salah satu bahan diet yang ramah pada ginjal karena rendah sodium, fosfor serta kalium.

3. Anggur

Mirip dengan blueberry, anggur mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C dan antioksida flavonoid yang dapat mengurangi peradangan. Satu hal yang juga penting, anggur ramah terhadap ginjal.

4. Putih telur

Putih telur merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang ramah ginjal. Jika Anda menderita penyakit ginjal, sebaiknya konsumsi dua putih telur berukuran besar (66 gram) yang mengandung sodium 110 mg, kalium 108 mg dan fosfor 10 mg.

1 of 2

Selanjutnya

5. Minyak zaitun

8 Makanan Ini Baik untuk Penderita Sakit Ginjal (DUSAN-ZIDAR/Shutterstock)
8 Makanan Ini Baik untuk Penderita Sakit Ginjal (DUSAN-ZIDAR/Shutterstock)

Sebagai sumber lemak dan bebas fosfor, minyak zaitun menjadi pilihan asupan yang tepat bagi penderita penyakit ginjal. Biasanya, Anda yang memiliki penyakit ginjal sulit menjaga berat badan. Hal ini menjadikan makanan sehat dengan tinggi kalori seperti minyak zaitun menjadi penting.

6. Kubis

Kubis kaya akan vitamin dan mineral. Sayuran ini merupakan sumber vitamin K, vitamin C, vitamin B dan asam folat. Selain itu, kubis menyediakan serat tidak larut yang dapat menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat.

7. Ayam tanpa kulit

Untuk Anda yang mengalami masalah pada ginjal, sudah seharusnya membatasi asupan protein ke dalam tubuh. Salah satu sumber protein yang baik Anda konsumsi adalah dada ayam tanpa kulit yang mengandung lebih sedikit fosfor, kalium dan natrium.

Pilihlah ayam yang segar dan hindari yang dibakar, karena dapat mengandung banyak natrium dan fosfor. Anda disarankan mengonsumsi tiga ons dada ayam tanpa kulit yang mengandung 63 mg sodium, 216 mg kalium, dan 192 mg fosfor.

8. Bawang

Bawang sangat baik karena bebas natrium, sehingga dapat digunakan sebagai penyedap hidangan bagi penderita penyakit ginjal. Coba tumis dengan bawang putih dan minyak zaitun untuk menambah citarasa pada hidangan tanpa membahayakan kesehatan ginjal Anda.

Untuk menjaga kondisi ginjal tetap sehat, jagalah asupan dan gaya hidup Anda sejak dini. HIndari minuman bersoda, alkohol, dan juga beberapa minuman berenergi yang tinggi kalori. Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, jenis minuman tersebut dapat memengaruhi fungsi ginjal dalam jangka panjang. Lebih baik, konsumsi beragam makanan sehat di atas, terutama bila Anda sakit ginjal.

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓