Nonton Debat Capres Kedua, Siapkan Diri Anda dengan Olahraga Ini

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 16 Feb 2019, 15:30 WIB
Menonton debat capres kadang dapat menguras emosi. Nah, lakukan olahraga ini saja agar Anda lebih bisa mengatur emosi.
Nonton Debat Capres Kedua, Siapkan Diri Anda dengan Olahraga Ini (Faizal Fanani/Liputan6.com)

Klikdokter.com, Jakarta Debat calon presiden (capres) akan digelar pada hari Minggu (17/2). Ini adalah debat kedua setelah sebelumnya dilaksanakan pada 17 Januari. Bagi Anda yang menantikan acara debat ini, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri dengan olahraga agar bisa lebih tenang dalam menyaksikan tayangan debat capres tersebut. Tahu, kan, kalau olahraga dapat membantu mengatur emosi dan suasana hati?

Anda tentunya sudah tak sabar untuk melihat debat capres kedua nanti. Debat kedua ini akan berfokus pada tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. Jalannya debat diprediksi akan panas mengingat ini akan head-to-head antara calon presidennya saja, tanpa wakil di atas panggung.

Satu hal yang harus Anda ingat adalah, Anda harus menonton dengan pikiran jernih. Jangan sampai terpancing emosi dengan penyataan kedua calon presiden, atau karena jagoan Anda diserang oleh pasangan lainnya. Selain itu, debat ini akan berlangsung panjang sampai malam. Mungkin waktu tidur Anda akan sedikit terganggu akibat acara tersebut. Tidak ada salahnya Anda untuk mempersiapkan diri juga dengan baik.

Nah, salah satu persiapan yang bisa Anda lakukan adalah dengan berolahraga. Dengan berolahraga, Anda akan terhindar dari sikap mudah emosi. Menurut dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc dari KlikDokter, olahraga bisa meningkatkan suasana hati. “Saat olahraga, tubuh kita melepaskan hormon endorfin, yang berhubungan dengan perasaan bahagia dan euphoria,” katanya.

Jadi, jika Anda ingin menonton debat dengan perasaan senang, cobalah untuk berolahraga sebelumnya. Berikut dua jenis olahraga yang mungkin bisa Anda lakukan:

  1. Lari

Lari merupakan olahraga yang mudah, praktis, namun efektif dalam membakar kalori. Di sisi lain, menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, gerakan berulang yang dilakukan saat berlari dapat memicu pengeluaran zat kimia di otak, yang disebut serotonin dan norepinefrin. “Keduanya dapat membuat Anda merasa nyaman dan senang sesudahnya,” kata dr. Nadia. Selain itu, dengan olahraga lari Anda juga dapat tidur lebih nyenyak pada malam hari.

  1. Yoga

“Gerakan-gerakan yoga tak hanya dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih lentur, namun pernapasan Anda juga menjadi lebih terlatih sehingga dapat membuat Anda menjadi lebih tenang,” ujar dr. Nadia.

Selain itu, penelitian yang dipublikasikan di Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menyebutkan bahwa seluruh partisipan yang mengikuti kelas yoga berkurang gejala depresi, kecemasan, serta tingkat emosinya. Ketika emosi turun, Anda jadi bisa lebih nyaman menyaksikan debat capres kedua.

Di samping olahraga, Anda juga bisa memfokuskan diri pada meditasi. “Aktivitas meditasi dapat membantu mengurangi rasa stres, kelelahan, gangguan mood, hingga gangguan tidur,” kata dr. Nadia. Berdasarkan tinjauan yang dimuat oleh American Heart Association (AHA), meditasi juga dapat membantu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

Jika Anda sudah siap menonton debat capres putaran kedua, jangan lupa untuk berolahraga dulu, ya. Apalagi untuk Anda yang mudah emosian. Lagi pula, berolahraga dapat mencegah tubuh lelah setelah begadang nonton debat. Perhatikan juga camilan Anda saat nonton. Singkirkan keripik kentang atau hamburger, dan gantilah dengan kudapan yang lebih sehat seperti buah-buahan segar.

[RS/ RVS]