Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Oleh dr. Rio Aditya pada 28 Jun 2020, 12:36 WIB
Bukan sembarang tanaman, daun kelor ternyata punya banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Apa saja? Simak manfaat daun kelor untuk kesehatan berikut.
Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Klikdokter.com, Jakarta Daun kelor cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Memiliki ukuran yang kecil, daun yang memiliki nama Latin Moringa oleifera itu lezat diolah menjadi beragam masakan. Namun, lebih dari itu, ternyata ada banyak manfaat daun kelor untuk kesehatan.

1 of 3

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh

Daun Kelor
Daun Kelor

Sebelum mengetahui apa saja manfaatnya, Anda harus tahu kalau khasiat daun kelor rupanya telah tersohor sejak ribuan tahun lalu. Hal ini lantaran tanaman yang berasal dari India bagian utara tersebut mengandung antioksidan dan komponen bioaktif yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Jadi, apa saja, sih, manfaat daun kelor untuk kesehatan? Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Daun Kelor Mengandung Berbagai Zat Nutrisi

Dua kandungan daun kelor yang penting adalah vitamin dan mineral, antara lain vitamin B6, vitamin B2, vitamin C, vitamin A, zat besi, dan magnesium. 

Selanjutnya, daun kelor ternyata juga mengandung protein nabati. Satu mangkuk daun kelor (sekitar 21 gram) mengandung protein 2 gram.

Artikel Lainnya: Manfaat Daun Pangi Bisa Obati HIV/AIDS, Mitos atau Fakta?

  1. Daun Kelor Kaya Antioksidan

Antioksidan merupakan salah satu zat yang penting untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. 

Kadar radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan stres oksidatif yang berkaitan dengan berbagai penyakit kronik dan berbahaya, seperti hipertensi, penyakit jantung koroner, stroke, dan diabetes mellitus tipe II.

Beberapa zat yang bersifat antioksidan yang ada dalam kandungan daun kelor, antara lain vitamin C, beta karoten, quercetin, dan chlorogenic acid.

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi dapat menjadi masalah kesehatan serius. Mengapa demikian? Gula darah yang tinggi biasanya tidak akan berdiri sendiri, dan akan diikuti oleh berbagai komplikasi. Seperti penyakit jantung dan ginjal. Itulah alasannya penting sekali menjaga kadar gula darah yang normal.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa khasiat daun kelor juga dapat menurunkan kadar gula darah. Namun demikian, sebagian besar penelitian ini masih penelitian yang dilakukan pada hewan. Perlu dilakukan kajian lebih mendalam untuk memperkuat hasil penelitian sebelumnya.

Artikel Lainnya: Manfaat Centella Asiatica (Daun Pegagan) bagi Kesehatan Kulit

  1. Daun Kelor Dapat Mengurangi Proses Peradangan

Peradangan atau inflamasi merupakan respons natural tubuh terhadap infeksi atau cedera tubuh. Peradangan merupakan mekanisme yang penting dalam proses pertahanan tubuh.

Akan tetapi, proses inflamasi yang berlangsung kronik juga dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung bawaan dan kanker. Nah, daun kelor mengandung antiinflamasi yang bernama isothiocyanate.

Zat ini penting untuk mengurangi proses peradangan kronis dalam tubuh. Akan tetapi, penelitian mengenai efek antiinflamasi daun kelor ini juga masih terbatas pada studi hewan sehingga dibutuhkan studi lebih lanjut pada manusia untuk membuktikan hal ini.

  1. Daun Kelor Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

Kegunaan daun kelor untuk kesehatan lainnya adalah menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol darah yang tinggi sangat berbahaya karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.Ada beberapa penelitian pada hewan maupun manusia yang membuktikan bahwa daun kelor bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol darah.

  1. Melindungi dari Keracunan Arsen

Kontaminasi arsen dalam makanan dan minuman merupakan salah satu masalah kesehatan di beberapa tempat. Dampak jangka panjang kontaminasi arsen dalam makanan dan air dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kanker.

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa salah satu kegunaan daun kelor dapat melindungi hewan dari dampak keracunan arsen. Namun, lagi-lagi masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk menguatkan hasil penelitian pada hewan sebelumnya.

  1. Mengatasi Gangguan Metabolisme Lemak pada Penderita HIV

Gangguan metabolisme lemak bisa terjadi pada penderita HIV yang mengonsumsi obat retrovirus atau obat untuk mengobati infeksi HIV. 

Ternyata, ekstrak daun kelor dapat memperbaiki metabolisme lemak yang terganggu dan terbukti pada penurunan angka kolesterol serta trigliserida pada penderita HIV.

Artikel Lainnya: Manfaat Daun Saga bagi Kesehatan Tubuh

2 of 3

Efek Samping Daun Kelor

Daun Kelor
Daun Kelor

Ternyata banyak, ya, manfaat daun kelor bagi kesehatan! Tapi, tetap saja, mengonsumsi segala sesuatu yang terlalu berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan, begitu juga dengan daun kelor.

Dalam beberapa penelitian yang dilakukan terhadap subjek mencit yang diberikan ekstrak daun kelor selama 60 dan 90 hari. Namun, ditemukan bahwa tidak terdapat efek samping daun kelor yang signifikan.

Dalam salah satu penelitian tersebut didapatkan memang terdapat penurunan kadar gula darah, tapi penurunan yang terjadi tidak berarti dan tidak menimbulkan gangguan kesehatan pada subjek penelitian. 

Walaupun belum terbukti bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya, perlu penelitian lebih lanjut untuk konsumsi selama lebih dari 90 hari.

Bukan sembarang tanaman, ternyata ada banyak manfaat daun kelor bagi kesehatan. Anda pun dapat mengonsumsinya untuk menjaga kesehatan, dengan tetap memperhatikan jumlahnya. 

Agar kesehatan makin optimal, imbangi dengan makanan bernutrisi, gaya hidup sehat, dan rutin berolahraga. Jangan lewatkan informasi terbaru seputar gaya hidup dan tips kesehatan lainnya di aplikasi KlikDokter.

(HNS/AYU)

Lanjutkan Membaca ↓
Mielda KaharMielda Kahar

apakah daun kelor aman untuuk penderita asam urat

Sarwati WatiSarwati Wati

terimakasih atas info daun kelor

ina76ina76

sygnya msh untuk hewan, trs batasan berapa byk dikonsumsi juga belum ada takarannya, artinya walau daun kelor byk manfaatnya, tetapi msh tanda tanya jaminannya.

Lihat Lainnya