5 Jenis Rempah Ini Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 17 Feb 2019, 12:35 WIB
Anda memiliki tekanan darah tinggi? Redakan gejala yang mengganggu dengan konsumsi beberapa jenis rempah berikut ini.
5 Jenis Rempah Ini Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi (Africa-Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tekanan darah tinggi dapat dialami oleh siapa saja, biasanya dipengaruhi oleh aktivitas yang terlalu intens dan memacu jantung hingga berdegup kencang. Orang yang menderita hipertensi, tekanan darahnya bisa mencapai 140/90 mmHG. Untuk menurunkannya, ada beberapa jenis rempah yang bisa diandalkan.

Dijelaskan oleh dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter, kondisi tekanan darah yang terlalu tinggi dan tak segera dikendalikan dapat menyebabkan komplikasi.

“Komplikasi yang terjadi bisa berupa kerusakan pada organ vital dan pembuluh darah. Kondisi ini bisa menyebabkan serangan jantung, gagal jantung, gagal ginjal, stroke, gangguan pada mata, demensia, dan masih banyak lagi,” jelasnya.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki risiko tekanan darah tinggi, lakukan upaya pencegahan agar terhindar dari komplikasi tersebut.

Meski mengurangi tekanan darah tinggi dapat diupayakan lewat konsumsi jamu atau suplemen, hal tersebut perlu pengawasan dokter agar terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan. Akan lebih baik bila Anda menggunakan bahan alami untuk menurunkan tekanan darah.

Seperti dilansir dari Healthline, berikut ini beberapa macam rempah yang dapat membantu mengatasi lonjakan tekanan darah:

1. Kayu manis

Kayu manis, selain digunakan sebagai bumbu masakan ternyata juga dapat menurunkan tekanan darah. Rempah yang satu ini kaya akan kandungan antioksidan dan mampu memberikan berbagai macam manfaat pada kesehatan.

“Ada juga yang memanfaatkan kayu manis sebagai obat. Misalnya untuk mengontrol gula darah, meringankan sakit kepala, dan sebagainya,” ujar dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter. Jadi, jangan ragu menaburkannya pada sereal, oatmeal, hingga kopi Anda.

2. Daun basil

Daun basil kaya akan manfaat, salah satunya membantu menurunkan tekanan darah. Daun basil segar tidak mengandung efek samping dan baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani upaya diet.

3. Bawang putih

Bawang putih tidak sekadar menambahkan aroma pada bumbu masakan. Bawang ini mampu menurunkan tekanan darah dengan membantu meningkatkan zat dalam tubuh yang dikenal sebagai nitric oxide.

Itulah sebabnya konsumsi bawang putih mampu membuat pembuluh darah melebar dan memungkinkan aliran darah lebih lancar, sehingga Anda pun terhindar dari tekanan darah tinggi.

Tambahkan bawang putih segar ke dalam sejumlah resep favorit Anda. Jika rasanya terlalu kuat, Anda dapat memanggangnya terlebih dahulu.

4. Jahe

Jahe memiliki rasa yang lezat dan mampu membantu mengontrol tekanan darah. Selain kerap digunakan sebagai bumbu masak, jahe juga merupakan bahan serbaguna yang dapat ditambahkan ke permen atau minuman.

Rempah ini biasanya cocok disajikan dengan cara dipotong, dicincang, atau diparut. Sajikan bersama kentang goreng, sup, hidangan mie serta sayuran, atau tambahkan pada minuman seperti teh untuk merasakan sensasinya yang menyegarkan.

5. Kapulaga

Kapulaga merupakan sebuah bumbu yang berasal dari India dan sering digunakan dalam masakan Asia Selatan. Anda yang memiliki tekanan darah tinggi dapat menurunkannya dengan cara mengambil 1,5 gram bubuk kapulaga dua kali sehari selama 12 minggu.

Libatkan biji kapulaga sebagai bumbu masak untuk sup, semur, bahkan makanan yang dipanggang. Selain dapat melezatkan masakan, kapulaga mampu mendatangkan manfaat kesehatan yang positif.

Tekanan darah tinggi yang tak segera diatasi dapat menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius di kemudian hari. Cobalah untuk mengonsumsi deretan jenis rempah yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi di atas. Selain itu, lakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin dan terapkan gaya hidup sehat dari sekarang.

[NP/ RVS]