Ingin Makan Durian Saat Hamil, Amankah?

Oleh dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons pada 18 Feb 2019, 11:00 WIB
Beberapa kalangan tidak merekomendasikan wanita untuk makan durian saat hamil. Apakah durian benar-benar terlarang bagi ibu hamil?
Ingin Makan Durian Saat Hamil, Amankah? (Gowithstock/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Durian adalah salah satu buah favorit sebagian orang. Saking sukanya, sampai muncul istilah mabuk durian. Namun sebenarnya, masyarakat di daerah asal durian, Asia Tenggara, tidak menganjurkan untuk memakan buah ini selama kehamilan. Beberapa komunitas di Asia bahkan merekomendasikan wanita untuk tidak makan durian saat hamil. Mereka percaya bahwa makan durian dapat memanaskan tubuh dan membahayakan bayi yang belum lahir. Benarkah demikian?

Di Asia Tenggara durian dikenal sebagai raja buah. Buah ini memiliki bentuk yang khas, yakni ukurannya yang besar dan kulit yang tertutup duri. Tidak ada penelitian terbukti yang secara efektif menyatakan efek negatif dari makan durian saat Anda hamil. Namun, tidak ada pula penelitian yang mengatakan bahwa makan durian selama hamil adalah baik. 

Kandungan durian

Durian adalah sumber lemak, karbohidrat, dan gula. Dikutip dari Foodfacts Mercola, dalam 100 gram (gr) durian, mengandung 5 gr lemak dan 27 gr karbohidrat. Selain itu, dua biji durian berukuran sedang memiliki sekitar 60 kalori. Buah berduri ini juga merupakan makanan dengan indeks glikemik tinggi, yang dapat menyebabkan lonjakan tajam pada glukosa darah Anda.

Oleh karena itu, penting untuk membatasi asupan durian saat Anda hamil, meskipun dianggap aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Tak hanya untuk wanita hamil, hindarilah makan durian yang berlebihan, terutama bagi Anda yang menderita diabetes gestasional atau riwayat keluarga dengan diabetes.

Namun, kabar baiknya, durian segar juga merupakan sumber nutrisi yang kaya. Kandungan nutrisi durian yang bermanfaat untuk kesehatan antara lain besi, riboflavin, tembaga, folat, kalsium, serat, seng, karoten, mangan, fosfor, magnesium, kalium, niasin, tiamin, gula, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan asam askorbat.

Berikut adalah manfaat dari makan buah durian selama  kehamilan:

  1. Tinggi energi, mineral, dan vitamin

Daging buah durian tersusun atas daging lunak yang mudah dicerna. Buah ini mengandung gula sederhana - seperti fruktosa dan sukrosa - yang akan memasok energi sehingga membuat Anda akan merasa berenergi.

  1. Tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh

Durian juga merupakan sumber serat makanan yang baik. Durian dapat bertindak sebagai pencahar alami dan mencegah kekhawatiran sembelit, yang merupakan kejadian umum saat wanita sedang hamil.

  1. Bantu jaga selaput lendir

Kandungan serat yang ada dalam durian akan membantu menjaga selaput lendir Anda terlindungi karena mengurangi waktu paparan terhadap racun. Ini juga akan membantu mengikat dan menghilangkan bahan kimia apa pun dari usus Anda yang mungkin memiliki kemungkinan menyebabkan kanker. 

  1. Kaya vitamin B kompleks

Durian kaya dengan vitamin B kompleks yang sehat seperti niacin, thiamin, dan riboflavin. Semua kandungan tersebut bisa membantu kesehatan Anda secara keseluruhan dan sangat penting untuk fungsi tubuh Anda yang sehat.

  1. Sumber tembaga, mangan, besi, dan magnesium

Buah ini juga merupakan sumber tembaga, mangan, besi dan magnesium yang baik. Tembaga dan zat besi membantu membuat sel darah merah di tubuh Anda. Sel darah merah penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda yang belum lahir. 

Meskipun ada banyak manfaat dari makan durian bagi kesehatan, namun Anda tidak boleh mengonsumsinya dalam porsi yang berlebihan. Selain itu, efek durian pada ibu hamil masih belum diketahui pasti. Oleh karenanya, sebelum memakan durian, bicarakan dulu dengan dokter kandungan Anda. Dokter dapat memandu Anda tentang apakah Anda boleh makan durian saat hamil atau tidak, dengan melihat kondisi kesehatan Anda saat ini.

[HNS/ RVS]