4 Manfaat Sehat Konsumsi Rumput Laut

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 18 Feb 2019, 17:00 WIB
Anda hobi konsumsi rumput laut? Jenis tanaman laut ini ternyata bisa memberikan segudang manfaat sehat.
4 Manfaat Sehat Konsumsi Rumput Laut (Foodio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Rumput laut merupakan salah satu makanan sehat yang kerap diabaikan keberadaannya. Selama ini masyarakat lebih mengenalnya sebagai bumbu pelengkap. Padahal, kandungan gizi di dalamnya mampu menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berdasarkan penjelasan dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, rumput laut adalah bagian dari kelompok alga yang tumbuh di laut, sungai, dan danau. Jenis yang biasa dimakan umumnya berasal dari laut, karena mayoritas yang tumbuh di air tawar mengandung racun.

“Beberapa jenis rumput laut yang umum dikonsumsi, antara lain nori yang biasa digunakan pada hidangan sushi, dan kombu sebagai bahan kaldu alami. Selain itu ada pula wakame yang biasa ditemukan dalam sajian salad dan sup,” ujar dr. Astrid.

Lebih lanjut, dr. Astrid menjelaskan bahwa rumput laut mengandung lebih banyak gizi dibandingkan makanan lain kebanyakan. Inilah mengapa, rumput laut sering juga disebut sebagai sayuran super.

Beberapa fakta terkait manfaat kesehatan rumput laut adalah sebagai berikut:

  • Mengoptimalkan kinerja kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid melepaskan hormon untuk membantu mengendalikan pertumbuhan, produksi energi, reproduksi, dan perbaikan sel-sel yang rusak pada tubuh. Proses tersebut membutuhkan sejumlah yodium, yang bisa Anda temukan pada rumput laut.

Kandungan yodium rata-rata dari tiga jenis rumput laut, yaitu:

  • Nori: 37 mcg per gram
  • Wakame: 139 mcg per gram
  • Kombu: 2523 mcg per gram

Selain yodium, rumput laut juga mengandung asam amino bernama tirosin. Senyawa tersebut juga bermanfaat untuk menunjang fungsi tiroid.

  • Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral

Menaburkan rumput laut kering pada makanan tidak hanya menambah rasa dan tekstur, tetapi juga cara mudah untuk meningkatkan asupan vitamin serta mineral. Secara umum, 1 sendok makan yang terdiri dari 7 gram rumput laut kering mengandung kalori, karbohidrat, protein, lemak, serat, hingga zat besi.

Rumput laut juga mengandung sejumlah kecil vitamin A, C, E dan K, bersama dengan folat, natrium, kalsium dan magnesium. Biota laut itu juga hadir sebagai sumber lemak omega-3 dan vitamin B12 yang baik untuk kesehatan.

  • Melindungi membran sel

Rumput laut memiliki beragam senyawa tanaman bermanfaat, termasuk flavonoid dan karotenoid yang terbukti melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Banyak penelitian telah berfokus pada satu karotenoid tertentu yang disebut fucoxanthin yang telah terbukti melindungi membran sel lebih baik daripada vitamin A.

  • Mengurangi risiko penyakit jantung

Salah satu kandungan karbohidrat dalam rumput laut memiliki nama fucans. Sebuah penelitian pada hewan mendapatkan hasil bahwa fucans yang diekstrak dari rumput laut mampu mencegah terjadinya pembekuan darah, yang merupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung dan serangan jantung.

Itu dia beberapa manfaat sehat yang bisa Anda dapatkan dari rumput laut. Setelah mengetahuinya, apakah Anda berkeinginan untuk menjadikan rumput laut sebagai konsumsi sehari-hari? Jika ya, pastikan Anda tetap memperhatikan porsi agar tidak berlebihan saat dikonsumsi. Jangan lupa untuk mengimbangi konsumsi rumput laut dengan penerapan gaya hidup aktif dan sehat, ya!

(NB/ RVS)