Yuk, Makan Sayur untuk Jaga Kesehatan Mental

Oleh Ayu Maharani pada 19 Feb 2019, 14:45 WIB
Mengubah pola makan dengan cara memperbanyak makan sayur dinilai dapat membantu meningkatkan kesehatan mental.
Yuk, Makan Sayur untuk Jaga Kesehatan Mental (Voyagerix/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Saat Anda merasa tidak mood, kesal, sedih, atau bahkan stres berat, makanan memang bisa menjadi penawar perasaan negatif tersebut. Tapi hati-hati, salah pilih makanan justru dapat membuat Anda makin stres. Salah satu cara yang disarankan untuk meredakan stres dan menjaga kesehatan mental adalah makan sayur.

Jika tak pandai mengontrol diri, perilaku meredakan stres dengan mengonsumsi makanan bisa menjadi bumerang. Pasalnya, bila makanan yang dilahap mengandung kadar gula tinggi, banyak lemak trans, dan punya nilai kalori yang besar pula, makanan tersebut justru bisa membuat Anda semakin gemuk bahkan obesitas.

Nah, kalau sudah begitu, bukannya suasana hati menjadi membaik, justru risiko penyakit kardiovaskular dan ketidakpercayaan diri yang Anda dapatkan. Jadi, sebisa mungkin pilihlah makanan sehat sebagai penawar stres, misalnya menu yang berbahan sayuran.

Sayuran untuk kesehatan mental

Mungkin, tidak terpikir oleh Anda bahwa makanan alami nan sehat seperti sayur bisa memperbaiki kondisi mental. Sebab, selama ini, Anda berpikir bahwa hanya makanan manislah yang mampu mengembalikan kebahagiaan yang hilang.

Padahal, dengan banyak mengonsumsi sayuran, bukan cuma kesehatan fisik yang membaik, tetapi kualitas kesehatan mental juga bisa meningkat.

Dilansir dari Edition.cnn.com, sebuah studi dari Australia pada 2016 menemukan bahwa orang yang banyak mengonsumsi ragam buah dan sayuran mengalami peningkatan kesejahteraan psikologis.

Agar hasil penelitiannya sesuai, penelitian tersebut juga memperhitungkan faktor kesejahteraan psikologis lainnya, yakni kesehatan fisik, pendapatan, dan asupan makanan lain.

Hasilnya, menambahkan satu porsi sayur dan buah setiap makan dapat memberikan kebahagiaan jiwa dan menyehatkan mental Anda. Hal ini setara dengan jalan-jalan selama 7 sampai 8 hari dalam sebulan. Satu porsi itu sendiri sama dengan satu cangkir atau satu kepalan tangan tiap individu.

Penelitian tersebut menyadarkan masyarakat bahwa kini meningkatkan kesehatan mental tidak sulit. Hanya butuh usaha yang mudah, yaitu banyak mengonsumsi sayuran dan buah.

Kandungan sayuran dan manajemen stres

Hubungan antara banyak makan sayur dan buah dengan kesehatan mental ini pun dibenarkan oleh dr. Atika dari KlikDokter. Menurutnya, mengonsumsi banyak sayur dan buah tiap kali makan memang secara tidak langsung dapat memperbaiki kondisi psikis seseorang.

“Iya, jadi, sayur dan buah itu ‘kan kaya akan vitamin, serat, dan  antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal segala pengaruh negatif atau radikal bebas. Secara otomatis, tubuh akan sehat setelah rutin mengonsumsinya. Jika kesehatan dan kebugaran tubuh terjaga, secara tidak langsung mental pun akan sehat.” jelasnya.

Untuk sementara ini, dr, Atika menganggap bahwa hubungan antara konsumsi sayur dan buah dengan kesehatan mental itu memiliki hubungan yang tidak langsung.

Pasalnya, bagaimanapun juga, penderita stres berat mesti menerapkan manajemen stres, memecahkan masalah, dan berbagi kisah dengan orang yang tepat agar tekanan negatif yang menghimpit psikisnya bisa segera hilang.

“Nah, kalau penderita stres berat melakukan manajemen stres, lalu melakukan aktivitas yang menyenangkan baginya, serta diimbangi dengan makan banyak sayur dan buah, kondisi mentalnya pasti akan meningkat dan ia bisa hidup lebih baik.” dr. Atika menambahkan.

Jadi, saat kondisi hati Anda sedang buruk dan bahkan perasaan negatif terus ada dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya perhatikan pola makan Anda. Selalu sertakan satu porsi sayur dan buah setiap kali Anda makan.

Dengan cara seperti ini, segala kandungan vitamin dan antioksidannya bisa memperbaiki kondisi kesehatan fisik yang secara tidak langsung dapat meningkatkan kualitas kesehatan mental. Selain itu, jangan lupakan pula manajemen stres sebagai pilar utama upaya Anda dalam meredakan stres. Disamping banyak makan sayur dan buah, tetap lakukan hobi yang Anda sukai.

Kombinasi cara-cara tersebut sangat ampuh untuk menjaga kesehatan mental dan mengobati permasalahan psikis yang tengah dialami. Tunggu apa lagi? Ayo, perbanyak stok sayur dan buah di rumah, dan konsumsilah keduanya secara rutin.

[NP/ RVS]