5 Fakta Kesehatan yang Dialami Wanita Lanjut Usia

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 20 Feb 2019, 15:30 WIB
Wanita memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami kondisi kesehatan tertentu, khususnya jika telah memasuki fase lanjut usia.
5 Fakta Kesehatan yang Dialami Wanita Lanjut Usia (goodluz/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Wanita dituntut untuk benar-benar memperhatikan kesehatan tubuhnya. Mulai dari selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, berolahraga secara rutin, istirahat cukup, kelola stres dengan baik, dan menjauhi rokok maupun alkohol, kesemuanya mesti dipraktikkan sejak dini. Jika tidak, wanita lebih berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan, khususnya setelah menopause yang umumnya terjadi di usia 50 tahun.

Dilansir dari Reader’s Digest, ini dia beberapa kondisi kesehatan yang rentan terjadi pada wanita yang berusia 50 tahun atau lebih:

1. Penyakit jantung

“Pada usia muda, risiko penyakit jantung pada wanita jauh lebih rendah dibandingkan dengan pria. Akan tetapi, beranjak lansia, yakni di atas usia 65 tahun, wanita  akan mulai rentan terserang penyakit jantung. Salah satu faktor yang diduga kuat berpengaruh adalah kadar hormon estrogen yang berkurang akibat menopause,” ujar dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter.

Gejala umum dari penyakit jantung umumnya meliputi sesak napas, serta terasa tertekan atau sakit di sekitar dada bagian bawah. Risiko terjadinya keadaan ini kian meningkat setelah seorang wanita mengalami menoupause, dimana kadar hormon estrogen benar-benar berkurang.

2. Demensia

Bagi seorang wanita, jangan sekali-kali menunda olahraga. Pasalnya, aktivitas sehat ini dapat mencegah demensia sebagai kumpulan gejala yang memengaruhi kemampuan terkait ingatan, pikiran, dan bahasa. Demensia banyak ditemukan pada wanita usia paruh baya.

Minimnya waktu untuk  berolahraga dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, gangguan sirkulasi darah, kelebihan berat badan atau obesitas, yang memengaruhi fungsi pada otak. Pada akhirnya, risiko demensia akan meningkat berlipat ganda.

3. Kanker payudara

Kebiasaan bangun pagi merupakan hal yang baik bagi wanita. Menurut sebuah penelitian, wanita yang tidur lebih awal dan bangun pagi memiliki risiko terkena kanker payudara lebih rendah dibandingkan mereka yang memiliki waktu tidur larut atau bangun siang.

4. Stroke

HRT alias Hormon Replacement Therapy merupakan sebuah terapi untuk menanggulangi masalah hormon, yang umumnya diterapkan pada wanita menopause untuk menunjang produksi hormon estrogen. Sejumlah penelitian menyebut bahwa terapi itu dapat meningkatkan risiko stroke, kanker payudara, dan ovarium jika tidak dilaksanakan dengan tepat atau sesuai prosedur.

5. Kekurangan vitamin B12

Salah satu akibat dari penuaan pada wanita adalah tidak mendapatkan pasokan gizi yang memadai, salah satunya vitamin B12. Padahal, zat gizi tersebut sangat penting untuk menghasilkan DNA, juga menjaga sel-sel saraf dan darah agar tetap sehat.

Sederet keadaan mengerikan seperti yang telah disebutkan di atas adalah kemungkinan kondisi kesehatan yang bisa dialami wanita saat mulai beranjak lanjut usia. Artinya, keadaan tersebut bisa dikendalikan atau dihindari, yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat sejak dini.

(NB/ RVS)