6 Penyebab Jari Tangan Terasa Kebas

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 20 Feb 2019, 16:40 WIB
Tidak bisa dianggap sepele, jari tangan terasa kebas ternyata bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan ini!
6 Penyebab Jari Tangan Terasa Kebas (Malochka-Mikalai/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Jari Anda terasa kebas atau mati rasa? Jangan anggap sepele! Keadaan tersebut bisa sangat menganggu aktivitas, bahkan hingga menurunkan kualitas hidup orang yang mengalaminya. Pasalnya, tangan merupakan bagian tubuh yang sangat berperan untuk melakukan aktivitas penting, seperti menulis, berkendara, dan lainnya. Jika bagian tubuh tersebut mengalami gangguan, aktivitas yang Anda lakukan pasti akan terusik atau terhenti di tengah jalan.

Lantas, apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi jari tangan terasa kebas?

1. Sindrom carpal tunnel

Menurut American Society for Surgery of the Hand (ASSH), penyebab paling sering dari tangan terasa kebas adalah sindrom carpal tunnel. Keadaan tersebut umumnya terjadi akibat adanya penekanan pada saraf median, baik oleh kebiasaan yang salah ataupun penyakit seperti diabetes, hipotiroid, dan sejenisnya.

Untuk mencegah terjadinya sindrom carpal tunnel, Anda wajib mengubah kebiasaan sehari-hari. Misalnya, melakukan peregangan jari secara berkala. Sedangkan untuk mengendalikan gejala, penderitanya bisa berobat ke dokter. Di dokter, penderita mungkin akan diberikan belat (pelurus jari) untuk mencegah atau mengurangi peregangan.

Jika gejala masih terjadi atau tidak kunjung reda, penderita mungkin memerlukan suntikan steroid untuk mengurangi peradangan. Dalam kasus lain, operasi mungkin diperlukan untuk menciptakan lebih banyak “ruang” bagi saraf yang ada di carpal tunnel.

2. Neuropati perifer

Menurut dr. Rio Aditya kepada KlikDokter neuropati perifer merupakan kerusakan saraf yang terjadi di ekstremitas, seperti jari-jari, tangan, dan kaki. Gejala yang muncul berbeda-beda, tergantung bagian saraf yang mengalami kerusakan. Jika jari terasa kebas, bisa jadi Anda mengalami penyakit ini.

Penyebab neuropati perifer meliputi diabetes, konsumsi alkohol berlebih dalam jangka panjang, kekurangan vitamin B-12, penyakit hati atau ginjal kronis, cedera, dan hipotiroidisme.

3. Fibromyalgia

Menurut dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter, fibromyalgia adalah kondisi kronis dengan keluhan utama nyeri otot dan sendi yang dirasakan di seluruh tubuh. Selain itu, fibromyalgia juga menyebabkan kebas, termasuk di jari.

Selain jari tangan kebas, fibromyalgia juga bisa menyebabkan gangguan tidur, kelelahan, gangguan memori, dan kesulitan berkonsentrasi atau berpikir. Orang yang mengalami fibromyalgia lebih berisiko terkena sindrom carpal tunnel dibandingkan orang lainnya.

4. Neuropati kompresi

Neuropati kompresi terjadi ketika saraf tertekan, sehingga menyebabkan hilangnya sensasi pada bagian tubuh tertentu. Menurut ASSH, keadaan tersebut bisa terjadi akibat cedera, pembuluh darah membesar, penebalan otot, atau kista yang tumbuh di dekat saraf.

5. Sindrom nyeri myofascial

Sindrom nyeri myofascial adalah masalah muskuloskeletal yang dapat menyebabkan nyeri pada otot. ASSH mencatat bahwa keadaan ini juga dapat menyebabkan kebas pada tangan dan lengan.

6. Obat-obatan

ASSH mencatat bahwa beberapa jenis obat, seperti obat perawatan kanker, dapat menyebabkan kesemutan dan kebas di tangan. Efek tersebut dapat bersifat sementara atau permanen.

Dari sekian penyebab di atas, mana yang kira-kira menjadi biang kerok jari tangan kebas pada diri Anda? Jika ragu akan penyebabnya atau keluhan terjadi secara berkelanjutan, segera periksa ke dokter. Dengan demikian, penyebab jari tangan kebas yang Anda alami bisa diketahui dan cara tepat untuk mengatasinya bisa diterapkan sebaik-baiknya.

(NB/ RVS)