5 Manfaat Lidah Buaya yang Belum Banyak Diketahui

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 22 Feb 2019, 08:00 WIB
Siapa sangka, ternyata lidah buaya menyimpan beragam manfaat sehat yang belum banyak diketahui orang. Ini dia beberapa di antaranya.
5 Manfaat Lidah Buaya yang Belum Banyak Diketahui (Olga Vorontsova/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Aloe vera, atau biasa disebut lidah buaya, adalah tumbuhan berwarna hijau dengan duri-duri yang cukup tajam. Sejak ribuan tahun silam lidah buaya telah digunakan untuk berbagai macam keperluan sehari-hari, baik untuk merawat diri hingga mengobati penyakit.

Perlu diketauhi bahwa lidah buaya merupakan 1 dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang sering dikembangkan untuk obat dan bahan baku industri. Hal ini karena tumbuhan tersebut kaya akan berbagai kandungan bermanfaat, seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida, dan lainnya.

“Lidah buaya tumbuh di area yang udaranya kering dan tropis, seperti di Indonesia. Khasiat lidah buaya sudah terbukti sejak ribuan tahun lalu, sehingga dipercaya sebagai bahan dalam industri kosmetik, farmasi, dan makanan,” ujar dr. Sara Elise Wijono dari KlikDokter.

Manfaat tersembunyi lidah buaya

Selain hal-hal yang telah diketahui secara umum, lidah buaya juga memiliki manfaat tersembunyi. Apa sajakah manfaat itu?

  1. Mengobati gigitan serangga

Gigitan serangga mengganggu Anda saat sedang beraktivitas? Oleskan gel atau air lidah buaya pada area tubuh yang tergigit. Khasiat antiradang dari tanaman ini bisa menghilangkan rasa gatal, mencegah Anda menggaruk, dan mengurangi pembengkakan.

Jika Anda mendapat gigitan serangga beracun, lidah buaya diklaim dapat mengurangi serta memperlambat efek dari racun tersebut. Namun demikian, Anda tidak dianjurkan untuk menjadikan lidah buaya sebagai cara utama untuk mengatasi gigitan serangga beracun.

  1. Penghapus make up alami

Jika Anda mencari penghapus make up alami yang murah dan tidak mengiritasi kulit, cobalah resep air perasan lidah buaya dan minyak zaitun. Kombinasi keduanya memungkinkan Anda menghapus make up dengan lembut sambil melembapkan dan meremajakan kulit.

Faktanya, lidah buaya memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah bakteri menginfeksi pori-pori kulit. Tanaman serbabisa ini juga membantu membuang kotoran dan kelebihan minyak dari kulit.

  1. Mempercepat penyembuhan luka

Oleskan gel lidah buaya pada luka supaya kemerahan dan bengkak bisa segera mereda. Setelah luka membaik, terus oleskan demi menjaga kulit tetap lembap dan proses penyembuhan berlangsung lebih cepat.

“Berdasarkan penelitian, lidah buaya terbukti efektif mengobati luka bakar derajat satu dan dua. Penggunaan lidah buaya ditemukan dapat mempercepat waktu penyembuhan luka bakar hingga sembilan hari jika dibandingkan dengan pengobatan konvensional,” kata dr. Sara.

  1. Obat mujarab basmi ketombe

Melansir Reader’s Digest, sebuah studi menemukan bahwa lidah buaya berpotensi meredakan dermatitis seboroik. Itu adalah kondisi umum yang menyebabkan terjadinya ketombe.

Cara untuk mengusir ketombe menggunakan lidah buaya adalah dengan mengoleskan bagian yang mengandung gel secara langsung ke kulit kelapa Anda. Selain membasmi ketome, lidah buaya yang dioleskan langsung ke kulit kepala juga dipercaya dapat mencegah kerontokan.

  1. Ampuh hilangkan jerawat

Lidah buaya dapat membantu Anda menghilangkan jerawat dengan menghambat proses peradangan. Cara penggunaannya cukup mudah, Anda hanya tinggal mengoleskan gel lidah buaya sebagai masker wajah.

“Bagi Anda yang sudah berjerawat, pemakaian masker lidah buaya juga dapat membantu proses regenerasi kulit sehingga mencegah munculnya bekas luka,” tutur dr. Sara.

Apakah Anda tertarik untuk membuktikan sendiri beragam manfaat lidah buaya tersebut? Tetap perhatikan higienitas tanaman yang Anda gunakan, agar hasilnya benar-benar sesuai harapan. Selamat mencoba!

(NB/ RVS)