Kiat Terbaik untuk Atasi Badan Lemas

Oleh Rudolf Santana pada 25 Feb 2019, 12:00 WIB
Mengalami kondisi badan lemas bisa sangat mengganggu aktivitas. Atasi dengan sejumlah kiat terbaik di bawah ini.
Kiat Terbaik untuk Atasi Badan Lemas (Kokulina/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kondisi badan lemas sering kali datang tanpa diduga. Keadaan tersebut bisa saja terjadi karena Anda kurang tidur, dehidrasi, terlalu keras berolahraga, bahkan mungkin karena adanya penyakit tertentu. Dengan mengenali apa penyebab badan lemas yang Anda alami, Anda bisa menentukan langkah apa yang perlu Anda ambil.

Topik mengenai badan lemas masih menjadi tema yang menarik perhatian pembaca KlikDokter. Selain itu, tema mengenai pertolongan pertama saat disengat kalajengking, bintik pada penis serta beda obat generik dan obat paten juga masih sangat diminati. Kelima artikel di bawah ini bisa Anda andalkan sebagai panduan untuk selalu hidup sehat.

1 of 6

1. 5 Jenis Makanan Ini Ampuh untuk Mengatasi Badan Lemas

5 Jenis Makanan Ini Ampuh untuk Mengatasi Badan Lemas (Rodrigobark/Shutterstock)
5 Jenis Makanan Ini Ampuh untuk Mengatasi Badan Lemas (Rodrigobark/Shutterstock)

Jangan buru-buru panik kalau Anda tiba-tiba mengalami badan lemas. Duduklah dengan relaks, dan ingat-ingat kembali kira-kira apa yang telah Anda makan atau lakukan. Jika badan lemas yang Anda alami ternyata karena faktor yang masih bisa Anda tangani sendiri –seperti dehidrasi atau terlalu keras berolahraga– Anda bisa mengikuti saran dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter.

Menurut dr. Astrid ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi badan lemas. Dalam artikel ini dipaparkan mengenai lima makanan yang ampuh untuk mengatasi badan lemas. Namun jika kondisi badan lemas yang Anda alami tidak bisa ditangani dengan cara ini, segera periksa ke dokter ya.

2 of 6

2. Apa Beda Obat Generik dan Obat Paten?

Apa Beda Obat Generik dan Obat Paten? (Foto: Shutterstock)
Apa Beda Obat Generik dan Obat Paten? (Foto: Shutterstock)

Anda masih saja mengunggulkan obat paten yang dirasa lebih ampuh daripada obat generik dan menolak resep obat generik dari dokter?  

Tampaknya Anda perlu membaca artikel ini agar Anda bisa menelaah perbedaan keduanya. Selain itu juga agar Anda semakin paham bahwa obat generik pun memiliki kualitas setara dengan obat paten.

3 of 6

3. 9 Penyebab Bintik pada Penis

9 Penyebab Bintik pada Penis (Foto: Shutterstock)
9 Penyebab Bintik pada Penis (Foto: Shutterstock)

Munculnya bintik pada penis tidak bisa dianggap ringan. Bisa saja itu tanda munculnya penyakit skabies, kutil kelamin, infeksi jamur, atau bahkan kanker. Maka jika Anda mendapati tanda-tanda berupa munculnya bintik-bintik pada penis, Anda harus waspada.

Membaca artikel ini bisa menjadi salah satu langkah antisipasi yang bisa Anda lakukan sebelum memeriksakan diri ke dokter.

4 of 6

4. Tips Pertolongan Pertama Saat Disengat Kalajengking

Tips Pertolongan Pertama Saat Disengat Kalajengking (PongsadhornJR/Shutterstock)
Tips Pertolongan Pertama Saat Disengat Kalajengking (PongsadhornJR/Shutterstock)

Peristiwa munculnya seekor kalajengking berukuran sejengkal tangan orang dewasa dari bagasi kabin pesawat Lion Air JT-293, Pekanbaru–Jakarta, pada Kamis (14/2) lalu, sempat   memicu kehebohan.  Beruntung tidak ada penumpang yang disengat kalajengking itu dalam kejadian tersebut.

Untuk mengantisipasi kondisi yang sama terulang lagi, bekali diri Anda dengan pengetahuan tentang sengatan kalajengking. Baca artikel ini untuk mengetahui tips memberikan pertolongan pertama pada seseorang yang disengat kalajengking, atau mungkin ketika Anda sendiri mengalaminya.

5 of 6

5. Atasi Badan Lemas Setelah Sembuh dari Sakit

Atasi Badan Lemas Setelah Sembuh dari Sakit (Alejandro-J.-de-Parga/Shutterstock)
Atasi Badan Lemas Setelah Sembuh dari Sakit (Alejandro-J.-de-Parga/Shutterstock)

Saat tubuh dalam kondisi sakit, semua aktivitas menjadi ikut terganggu. Dengan pengobatan yang tepat tubuh pun dapat cepat pulih dan siap menjalani aktivitas kembali. Namun dalam masa pemulihan ini sering ditemukan keluhan badan lemas.

Sistem kekebalan tubuh yang telah berjuang melawan serangan virus, bakteri atau infeksi juga membutuhkan waktu pemulihan agar dapat kembali melindungi tubuh. Di dalam artikel ini, Anda bisa mendapatkan beberapa cara untuk mengatasi badan lemas selama dalam masa pemulihan.

Kelima artikel di atas, masih menjadi tema yang menarik minat para pembaca KlikDokter. Salah satu topik yang masih banyak dicari adalah tentang badan lemas, karena kondisi tersebut sangat mungkin dialami oleh siapa saja. Dengan menyimak artikel-artikel tersebut, pengetahuan Anda tentang kesehatan akan semakin bertambah.

[RH]

Lanjutkan Membaca ↓