Cegah Disfungsi Ereksi dengan 7 Superfood Ini

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 25 Feb 2019, 13:30 WIB
Salah satu hal yang paling ditakuti pria adalah disfungsi ereksi. Jangan sampai ini terjadi pada Anda. Cegah dengan konsumsi superfood ini.
Cegah Disfungsi Ereksi dengan 7 Superfood Ini (Lukas Gojda/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tidak ada seorang pria pun yang ingin mengalami disfungsi ereksi, karena kondisi tersebut bisa mengganggu kehidupan seksual. Penyebab disfungsi bisa akibat berbagai hal, mulai dari hal-hal sederhana seperti stres, atau yang lebih kompleks seperti kondisi medis tertentu. Pencegahan atau perbaikan disfungsi ereksi bisa dilakukan dengan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat. Salah satunya adalah dengan menyantap beberapa superfood.

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, disfungsi ereksi adalah ketidakmampuan untuk ereksi atau mempertahankan ereksi agar mencapai kepuasan seksual. Diperkirakan sekitar 10 persen pria sehat mengalami kondisi tak mengenakkan ini, dan jumlahnya meningkat pada pria dengan penyakit seperti hipertensi atau diabetes. Ada beberapa faktor yang bisa memicu kondisi ini.

"Banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan ereksi, misalnya makanan dan gaya hidup yang tidak sehat, merokok, jarang berolahraga, dan adanya penyakit yang mendasari," ujar dr. Dyan.

Hanya saja, radikal bebas dianggap paling bertanggung jawab untuk urusan disfungsi ereksi. Ini karena radikal bebas bisa merusak dinding pembuluh darah dan menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar, termasuk aliran darah ke penis.

Pembuluh darah di sekitar penis yang rusak akibat radikal bebas sebenarnya bisa ditangkal dengan cara yang cukup mudah. Anda disarankan untuk menjalankan gaya hidup sehat dan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, sekaligus menjaga alat reproduksi pria tetap dalam kondisi yang baik.

1 of 3

Superfood anti disfungsi ereksi

Blueberry (Subbotina Anna/Shutterstock)
Blueberry (Subbotina Anna/Shutterstock)

Lebih lengkapnya, berikut ini adalah beberapa jenis superfood yang wajib Anda konsumsi demi mencegah disfungsi ereksi.

  1. Blueberry

Blueberry mengandung beberapa kandungan yang dapat merelaksasi pembuluh darah dan memperbaiki sirkulasi tubuh. Selain itu, blueberry mengandung banyak serat yang dapat mengurangi kadar kolesterol. Kolesterol yang rendah dapat meningkatkan aliran darah ke penis, sehingga ereksi tahan lebih lama.

  1. Pisang

Anda tentu tahu manfaat pisang memang untuk menambah energi. Nah, ini juga bisa membantu Anda mencegah disfungsi ereksi. Dalam pisang terkandung enzim yang dinamakan bromelain, yang dapat membantu meningkatkan stamina seksual, dan libido.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau, termasuk seledri, bayam, dan kangkung dapat meningkatkan sirkulasi darah di penis karena konsentrasi nitrat yang tinggi. Nitrat adalah vasodilator, yang berarti perannya membuka pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

  1. Semangka

Semangka dapat meningkatkan kadar L-arginina dalam aliran darah, dan meningkatkan produksi oksida nitrat. L-arginina adalah salah satu kandungan yang membuat Anda terhindar dari disfungsi ereksi. Semangka juga kaya akan antioksidan.

  1. Tomat

Selain mengandung antioksidan, tomat juga mengandung likopen. Kandungan itu bisa meningkatkan sirkulasi darah.

  1. Kacang

Kacang memiliki kandungan yang tinggi akan L-arginina, sama seperti semangka. Ini sangat penting untuk stamina seksual, karena dapat merelaksasi pembuluh darah dan merangsang aliran darah ke penis.

  1. Dark chocolate

Dark chocolate mengandung flavonoid, yang telah dikaitkan langsung dengan peningkatan sirkulasi dan bisa juga mencegah disfungsi ereksi. Namun, perhatikan secara saksama saat memilih dark chocolate, karena cokelat produksi massal kerap menghilangkan sebagian  besar flavonoid. Flavonoid yang berkurang sekaligus penambahan gula dan lemak justru bisa bikin cokelat ini menjadi tak sehat. Solusinya, pilih cokelat yang asli tanpa pengolahan.

2 of 3

Imbangi juga dengan olahraga rutin

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal medis “American Journal of Clinical Nutrition”, disebutkan bahwa kombinasi asupan buah dan sayur yang cukup, serta kombinasi dengan olahraga rutin dapat membantu menurunkan risiko terjadinya disfungsi ereksi hingga 21 persen.

Berdasarkan penjelasan dari dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, latihan aerobik secara rutin dapat memperbaiki fungsi sel sekaligus membantu menurunkan berat badan. Latihan aerobik yang dimaksud meliputi joging, bersepeda, atau renang. Selain aerobik, dr. Astrid juga menyarankan untuk melatih otot dasar panggul.

“Cara untuk mengidentifikasi otot ini adalah dengan mencoba menghentikan aliran urine saat buang air kecil. Otot yang berkontraksi saat menahan aliran urine itulah yang merupakan otot dasar panggul,” jelas dr. Astrid. Salah satu latihan otot dasar panggul yang cukup banyak dikenal adalah senam Kegel.

Adanya disfungsi ereksi pastinya meresahkan, mengganggu kehidupan seksual, serta bisa bikin stres lalu depresi. Karenanya, cegahlah dengan konsumsi superfood di atas dan kombinasikan dengan olahraga rutin. Selain itu, untuk melindungi tubuh secara keseluruhan, terapkan pola hidup sehat, jauhi rokok, serta batasi konsumsi minuman beralkohol.

(RN/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓
Giftson Partogi Tua TampubolonGiftson Partogi Tua Tampubolon

Kalau menurut saya, jauhi obat2an. Kita tdk tahu, efek samping untuk tubuh dan untuk calon anak. Lebih baik konsumsi yg disarankan dokter di atas dan olahraga. Kalay saya olahraganya gym, di bagian kaki. Ada teknik gerakan supaya bisa "main" lama. Bahkan 1 jam lebih. Saya sudah buktikan. 😃 Mantaplah pokoknya. 2 ronde pun sanggup.

Achmad Hasrun AccungAchmad Hasrun Accung

ada ga ya dok obat yg thn lama,,