Ini Daftar Makanan yang Pantang Dikonsumsi Penyandang Diabetes

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 26 Feb 2019, 14:00 WIB
Anda penyandang diabetes? Kenali daftar makanan yang harus dihindari.
Ini Daftar Makanan yang Pantang Dikonsumsi Penyandang Diabetes (Maren Winter/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu cara untuk mengendalikan gula darah adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Dengan begitu, gula darah tetap terkendali dan Anda bisa memiliki hidup yang berkualitas meski memiliki diabetes. Apa saja makanan yang dapat memperburuk kadar gula darah, sehingga harus dihindari?

Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang mengganggu metabolisme gula di dalam tubuh. Ada beberapa tipe diabetes, seperti diabetes tipe 1 yang umumnya dialami anak dan remaja, diabetes tipe 2 yang kebanyakan terjadi pada dewasa, diabetes gestasional yang mengenai ibu hamil, dan sebagainya. Di antara berbagai jenis diabetes tersebut, yang paling sering terjadi adalah diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 muncul akibat gabungan faktor genetik, lingkungan, dan gaya hidup yang tidak sehat seperti obesitas, kurang olahraga, pola makan tidak sehat, kebiasaan sedenter, dan sebagainya.

Karena salah satu faktor risiko utama dari diabetes tipe 2 adalah gaya hidup tidak sehat, maka perubahan gaya hidup adalah salah satu kunci utama untuk menangani diabetes. Selain dari meninggalkan gaya hidup sedenter dan aktif berolahraga rutin minimal 3 kali seminggu, perubahan pola makan juga sangat penting untuk dilakukan.

Bicara tentang pola makan, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari para penyandang diabetes, yang dapat memperburuk kadar gula darah. Mengontrol gula darah dalam tubuh tidak cukup hanya dengan minum obat diabetes atau menyuntikkan insulin, tetapi tetap harus dibarengi dengan menjaga pola makan.

  • Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama tubuh, sehingga tidak bisa dipantang begitu saja. Solusinya adalah dengan memilih jenis karbohidrat yang baik dan tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah signifikan dalam waktu singkat, seperti beras merah, beras cokelat, roti gandum, dan oatmeal. Sementara itu, karbohidrat yang dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat – seperti nasi putih dan roti putih – sebaiknya dikurangi porsinya.

  • Protein

Protein terdiri dari protein hewani dan nabati. American Diabetes Association menyarankan agar penyandang diabetes lebih memilih protein nabati (kacang-kacangan, tahu, tempe) dan protein hewani yang lebih rendah lemak (telur, ikan, dan ayam). Alangkah baiknya menghindari protein hewani yang berasal dari daging merah dan tinggi lemak, seperti daging sapi dan daging kambing, terutama yang dimasak dengan cara digoreng.

  • Lemak

Tidak semua lemak buruk, karena tubuh tetap membutuhkan lemak untuk menjalankan fungsi sehari-hari. Pilihlah lemak baik seperti kacang-kacangan, salmon, tuna, makerel, sarden, atau lemuru. Jangan terlalu sering mengonsumsi makanan yang digoreng dan menggunakan santan.

  • Sayur dan buah

Porsi sayur dan buah harus diperbanyak untuk penyandang diabetes. Konsumsilah sayur dan buah segar yang tidak terlalu manis. Hindari sayur dan buah kalengan. Meskipun diklaim sehat, jus buah mengandung gula tambahan yang cukup tinggi yang dikhawatirkan dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

  • Minuman

Hindari minuman manis seperti minuman soda, minuman kemasan dengan tambahan gula (termasuk jus buah), serta teh dan kopi yang banyak dijual di kafe-kafe. Jika ingin minum yang manis, ada beberapa pemanis buatan yang aman di pasaran sehingga dapat menjadi pengganti gula bagi Anda. Salah satu yang bisa dicoba adalah stevia.

Itu dia daftar makanan yang pantang dikonsumsi oleh penyandang diabetes. Dengan menjaga pola makan yang sehat, obat diabetes yang diminum tentunya dapat lebih efektif dalam menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil.

[RS/ RVS]