Traveling dan Olahraga, Kunci Hidup Sehat Mischa Chandrawinata

Oleh Ayu Maharani pada 27 Feb 2019, 14:01 WIB
Mischa Chandrawinata menikmati traveling dan rutin olahraga demi mewujudkan hidup sehat. Ikuti kiatnya dalam artikel ini.
Traveling dan Olahraga, Kunci Hidup Sehat Mischa Chandrawinata (Foto: Liputan6)

Klikdokter.com, Jakarta Aktor sekaligus model, Mischa Chandrawinata, seperti tidak bisa dilepaskan dari aktivitas traveling dan olahraga. Bagi pria 31 tahun ini, keduanya merupakan aktivitas penting yang berguna untuk mewujudkan hidup sehat yang diidamkannya. Dalam kamus Mischa, rasanya momen traveling dan olahraga tidak boleh dilewatkannya begitu saja.

Beberapa waktu lalu, di pengujung 2018, KlikDokter berkesempatan untuk mewawancarai Mischa Chandrawinata, dalam sebuah event kesehatan di bilangan Kemang, Jakarta Selatan. Mischa pun dengan senang hati membagikan kiat hidup sehat yang dicapainya dengan traveling dan olahraga.

Kesehatan, prioritas nomor satu Mischa

Dalam pandangan masyarakat umum, selebritis dianggap memiliki pola makan dan waktu istirahat yang cenderung kacau. Pasalnya, jadwal syuting striping, pemotretan, wawancara, dan banyaknya acara yang harus dihadiri sangat menyita waktu mereka. Akibatnya, pola makan dan kualitas tidur pun sering berantakan.

Meski demikian, itu tidak berlaku bagi Mischa. Aktor sekaligus model ini dikenal sangat memperhatikan kesehatan. Menurut pemeran Nathan dalam sinetron Cinta Suci ini, tanpa kesehatan yang baik, aktivitas paling sederhana sekalipun pasti akan sulit dilakukan. Baginya, kesehatan adalah prioritas utamanya.

“Banyak yang tanya ke aku, bagaimana caranya agar sehat meski sibuk? Padahal, caranya mudah. Tetap perhatikan gaya hidup,” jelas adik mantan Puteri Indonesia 2005, Nadine Chandrawinata ini.

Menurutnya, saat seseorang sudah menetapkan kesehatan sebagai prioritasnya, sesibuk apa pun dia, pasti dia akan tetap berusaha menjaga pola makan dan waktu istirahatnya.

“Selain itu pikiran juga harus happy. Jangan sering mengeluh dan stres. Karena kalau sudah capek batin seperti itu, semuanya akan berpengaruh ke badan,” kata aktor yang pernah sukses membintangi sinetron Anak Jalanan ini .

Saran Mischa, pintar-pintarlah mengelola stres agar imunitas tubuhnya selalu terjaga. “Anda mesti menyenangi dengan ikhlas apa pun yang Anda lakukan. Always be happy, deh,” tambahnya.

1 of 3

Menikmati serunya olahraga ekstrem

Traveling dan olahraga merupakan dua aktivitas favorit yang turut menunjang kesehatan Mischa. Uniknya, saat mendapatkan libur di tengah padatnya syuting, bukannya memilih liburan yang tenang, Mischa justru lebih memilih traveling dengan melakukan olahraga yang memicu adrenalin!

Menurutnya, olahraga yang memicu adrenalin bisa membuatnya merasa bebas dan bahagia. Salah satu olahraga paling ekstrem yang pernah dilakoni Mischa adalah skydiving. Padahal – seperti diakui Mischa – dia termasuk orang yang sangat takut dengan ketinggian.

“Tapi untungnya baik-baik aja setelah itu. Malah ketagihan!” katanya.

Selain skydiving, pria kelahiran Hannover, Jerman, ini juga pernah melakukan bungee jumping di Singapura. Saat ini Mischa juga tengah menekuni olahraga laut, seperti surfing. Surfing bisa dilakukannya di laut ataupun lokasi khusus yang menyediakan ombak buatan untuk berlatih surfing.

Satu saran dari Mischa yang perlu diperhatikan, bila Anda ingin melakukan olahraga ekstrem, Anda wajib ditemani dan dibimbing oleh seorang profesional, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tak cuma menggemari olahraga pemacu adrenalin seperti skydiving, bungee jumping dan surfing, olahraga seperti bulu tangkis pun dilakoni Mischa. Bahkan, tanpa malu-malu bungsu dari tiga bersaudara ini mengakui bahwa ia juga sering berolahraga dengan ibundanya.

“Mau tau nggak olahraganya apa? Aerobik!” ungkapnya sambil tertawa.

Kegemaran Mischa berolahraga memang diturunkan dari kedua orang tuanya, Andy Chandrawinata dan Elfriede Chandrawinata. Mischa mengatakan, meski sudah tak muda lagi, ayahnya masih gemar melakukan olahraga diving, sedangkan sang ibu masih rutin berenang.

2 of 3

Tips traveling keluarga Chandrawinata

Tips traveling keluarga Chandrawinata (Foto: @mischach/Instagram)
Tips traveling keluarga Chandrawinata (Foto: @mischach/Instagram)

Mischa lalu menuturkan, bahwa selain menggemari olahraga, keluarganya juga sangat menyukai traveling, terutama traveling bersama keluarga. Menurut Mischa, traveling dengan keluarga – bersama kedua orang tua dan kakaknya, Nadine dan Marcel Chandrawinata – juga memiliki manfaat yang sehat dari sisi psikologis.

Mischa jadi lebih bisa menghargai waktunya bersama keluarga dan lebih mengenal kesukaan masing-masing anggota keluarga, terutama ayah dan ibu. Kedekatan antaranggota keluarga pun semakin kuat dan itu membuatnya sangat bahagia.

“Kalau psikis kita happy karena bisa dekat dengan keluarga, otomatis badan juga bisa jadi makin sehat,” kata Mischa. Ia lalu membagikan tips saat traveling yang biasa dilakukan oleh keluarganya saat berlibur.

Tips pertama adalah bangun sepagi mungkin. Saat berlibur, orang sering kehabisan waktu liburnya hanya karena ingin malas-malasan dan bangun siang. Padahal menurut Mischa, bila Anda bangun lebih pagi, ada banyak hal yang bisa Anda lihat, lakukan dan nikmati di lokasi liburan Anda.

“Intinya, manfaatkan waktu sebaik mungkin,” Mischa menegaskan.

Tips kedua, traveling jangan sampai memicu stres. Persiapkan segala kebutuhan liburan Anda jauh-jauh hari sebelumnya, sekaligus meriset tempat-tempat yang hendak dikunjungi. Sehingga Anda bisa mengantisipasi keadaan yang terjadi akibat persiapan yang belum matang dan hal-hal yang tak terduga. Dan tips ketiga, jangan lupa membawa obat-obatan pribadi.

Hidup sehat itu tidak sulit bila sedari awal Anda sudah memprioritaskannya seperti yang dilakukan oleh Mischa Chandrawinata. Sama halnya dengan Mischa, Anda juga pasti menikmati momen-momen traveling  dan olahraga Anda bersama keluarga. Manfaatkan kedua waktu tersebut, untuk membangun kesehatan sekaligus mempererat hubungan Anda dan keluarga.

[RVS]

Lanjutkan Membaca ↓
winardoleonwinardoleon

thanks infonya