Awas, Ini Bahayanya Tidur dengan Rambut Basah

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 27 Feb 2019, 16:00 WIB
Sering tidur dengan rambut basah bisa memicu gangguan kesehatan. Hati-hati, ini dia yang akan terjadi.
Awas, Ini Bahayanya Tidur dengan Rambut Basah (Africa-Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Rambut sehat adalah impian semua orang. Bagaimana tidak, organ tubuh satu ini kerap dianggap sebagai mahkota, khususnya oleh kaum wanita. Penampilan rambut yang cantik dan berkilau mampu menggambaran kesehatan tubuh Anda. Tapi, bila Anda sering tidur dengan rambut basah, ada beragam gangguan kesehatan yang mengintai.

Berdasarkan pemaparan dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, banyak orang menjaga kesehatan rambut dengan menjalani berbagai perawatan rambut di salon, mulai dari yang menggunakan bahan alami hingga teknologi mutakhir. Namun, ada beberapa kebiasaan yang tak disadari dapat merusak rambut.

“Tanpa disadari, banyak orang sering melakukan beberapa kebiasaan sebelum tidur yang dapat merusak rambutnya, sehingga meski sering melakukan perawatan, rambut pun bisa rusak,” kata dr. Nadia. Salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan orang banyak adalah tidur dengan rambut basah.

Efek negatif tidur dengan rambut basah

Seperti dilansir dari Reader’s Digest, ternyata tidur dengan rambut basah dapat merusak rambut secara perlahan. Saat mencoba menata rambut yang dibawa tidur dalam keadaan basah esok harinya, Anda mungkin akan kesulitan dalam menatanya.

Pasalnya, Olga Gilbert, penata rambut Asal Amerika Serikat, mengatakan bahwa tidur dengan rambut basah memang tidak serta-merta merusak folikel atau batang rambut. Namun, hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan rambut.

Dijelaskan oleh Gilbert, rambut berada pada titik paling rapuh saat basah, sehingga lebih lentur dan mudah patah. Oleh sebab itulah bila Anda membawanya tidur dalam keadaan basah, rambut akan tertekan dan kemudian rusak. Hal ini juga akan terjadi ketika rambut diikat dalam keadaan basah.

"Jika Anda menarik rambut dan mengikatnya dalam kondisi basah, rambut pun menjadi mudah patah dan akhirnya rusak," kata Gilbert.

Meski demikian, ada kalanya orang tidak cukup waktu untuk keramas dan mengeringkan rambut di pagi atau siang hari. Itu sebabnya banyak orang yang kemudian baru bisa melakukannya sepulang kerja di malam hari atau sebelum tidur. Sehingga, tidur dengan rambut basah pun tak terhindarkan.

Nah, jika Anda terpaksa harus tidur dengan rambut basah, ada beberapa cara mudah untuk meminimalkan kerusakan yang mungkin terjadi. Pertama, Anda dapat mempersiapkan sarung bantal berbahan sutra atau satin untuk tidur.

Diketahui bahwa bahan tersebut memiliki permukaan lebih halus yang dapat mengurangi efek negatif pada rambut basah. Dengan begitu, kerusakan rambut bisa diminimalkan. Selanjutnya, pastikan agar Anda tidak mengikat rambut saat basah.

Bila Anda terbiasa mengikat rambut dalam keseharian, gantilah karet gelang yang ketat dan elastis dengan ikat rambut lembut yang tidak akan menarik secara kasar. Selain itu, tetap dukung kesehatan rambut Anda dengan sejumlah perawatan.

Kondisioner hingga serum rambut adalah beberapa cara terbaik untuk mengusung kesehatan rambut. Setelah tahu betapa buruknya tidur dengan rambut basah, pastikan Anda tidak mengulang kebiasaan buruk ini lagi di masa yang akan datang.

1 of 2

Tips agar rambut sehat dan kuat

Ingin memiliki rambut sehat, kuat dan berkilau? Berdasarkan rekomendasi dr. Nadia, Anda dapat mengonsumsi deretan makanan berikut ini dengan kandungan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut.

  • Protein

Pastikan Anda mengonsumsi cukup protein jika ingin memiliki rambut kuat dan sehat. Ayam, ikan, telur, daging, telur, produk olahan susu, dan kacang-kacangan adalah sumber protein terbaik.

  • Zat besi

Besi merupakan mineral penting yang diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut. Konsumsilah sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kangkung untuk mewujudkan rambut sehat yang Anda impikan.

  • Biotin

Biotin merupakan vitamin B yang larut dalam air. Penuhi kebutuhan vitamin ini lewat konsumsi makanan yang tinggi biotin seperti gandum, hati, kuning telur, dan kacang kedelai.

  • Omega-3

Asam lemak omega-3 merupakan jenis lemak yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kelembapan rambut. Omega-3 bisa didapat dari salmon, sarden, makerel, ataupun dari bahan makanan nabati seperti alpukat dan kacang-kacangan.

  • Vitamin A

Vitamin A dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sebum atau kelenjar minyak. Jadi, perbanyaklah konsumsi wortel, ubi, dan labu agar rambut Anda terjaga kelembapannya dan tak mudah kering atau patah.

Setelah menyimak penjelasan di atas, kini Anda telah mengetahui dampak negatif dari kebiasaan tidur dengan rambut basah. Saatnya menciptakan rambut sehat dengan berhenti melakukan kebiasaan tersebut. Dan jangan lupa, konsumsi makanan mengandung nutrisi seperti yang telah disebutkan, agar kesehatan rambut tetap terjaga.

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓