Pria Baru Menikah seperti Reino Barack Rentan Alami Kegemukan?

Oleh dr. Nadia Octavia pada 28 Feb 2019, 15:30 WIB
Anda baru menikah seperti Reino Barack? Hati-hati, pria baru menikah rentan alami kegemukan.
Pria Baru Menikah seperti Reino Barack Rentan Alami Kegemukan? (Reinobarack/Instagram)

Klikdokter.com, Jakarta Pernikahan pengusaha Reino Barack dan penyanyi Syahrini akhirnya resmi dilangsungkan di Masjid Camii Tokyo, Jepang pada hari Rabu (27/2/2019) kemarin, seperti dilansir Liputan6. Berita ini tentu disambut bahagia oleh keluarga, sahabat maupun fans keduanya. Anda juga baru menikah seperti Reino Barack kemarin? Hati-hati ya, pria ternyata sangat rentan mengalami kegemukan usai menikah.

Pria lebih subur setelah menikah

Anda mungkin sering mendapati teman pria Anda yang sudah menikah terlihat lebih "subur" dibandingkan saat masih lajang. Bahkan tak jarang banyak pria juga ikut meningkat berat badannya ketika sang istri sedang hamil.

Menurut studi yang dilakukan di the University of Bath, Inggris, hasilnya dilaporkan responden dalam studi tersebut mengalami peningkatan berat badan usai menikah paling tidak 1 kg. Hal ini diduga karena pria yang masih lajang akan "lebih berusaha" untuk tetap tampil menarik dan menjaga berat badan agar dapat menarik perhatian lawan jenisnya. Sedangkan pria yang sudah menikah cenderung "lebih santai" dalam menjaga penampilan karena merasa sudah memiliki pasangan.

Studi lain yang dilakukan oleh Leeds Metropolitan University di Inggris juga mendukung hal yang sama bahwa pria yang sudah menikah cenderung lebih gemuk dibandingkan saat masih lajang.

Pada studi tersebut ditemukan bahwa penyebab pria yang sudah menikah mengalami kegemukan, salah satunya karena mereka jadi cenderung makan lebih teratur dibandingkan dahulu saat lajang.

Selain itu kebiasaan para istri yang senang memanjakan pasangannya dengan memasakkan makanan (termasuk camilan dan dessert yang manis) turut "berkontribusi" dalam peningkatan berat badan pria.

Bahkan beberapa responden wanita dalam studi tersebut menyebutkan bahwa kegemukan yang dialami oleh suami usai menikah justru dapat membuat para istri merasa "lebih aman" suaminya tidak lagi dianggap menarik oleh wanita lain.

Kebersamaan membuat pasangan jadi gemuk?

Pria ataupun wanita yang baru menikah memang lebih bahagia namun mereka juga rawan mengalami kenaikan berat badan. Menurut penelitian yang dilakukan di Central Queensland University di Australia disebutkan bahwa dari 15.000 responden penelitian tersebut mengalami kenaikan berat badan 2-3 kg dalam 1 tahun pertama usai menikah.

Hasilnya ditemukan bahwa pasangan yang sudah menikah cenderung lebih sering menghabiskan waktu mereka dengan makan bersama, baik itu bersama dengan pasangan ataupun dengan keluarga. Sementara itu wanita atau pria yang masih lajang dan makan sendiri cenderung akan makan lebih sedikit.

Kegemukan pada pria ini tak hanya terjadi pada pria usia paruh baya saja tetapi juga pada pria muda. Pada studi lain yang dipublikasikan di the Journal of Families, Systems and Health yang dilakukan pada 2300 orang di Amerika Serikat, ditemukan bahwa 25% pria muda yang baru menikah (25-30 tahun) cenderung memiliki indeks massa tubuh berlebih dibandingkan pria lajang atau pria yang bercerai.

Ada banyak pendapat yang mengatakan bahwa pria menikah yang mengalami kenaikan berat badan itu wajar. Tapi kegemukan dapat membuat Anda berisiko mengalami berbagai penyakit mulai dari diabetes tipe 2, hipertensi, kadar kolesterol tinggi, penyakit jantung dan stroke. Kondisi ini juga harus menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh pria yang baru menikah, seperti halnya Reino Barack. Saran terbaik yang bisa diberikan adalah, tetaplah jaga berat badan Anda dengan menjalani pola hidup sehat usai menikah agar tidak mengalami kegemukan.

[RVS]