Pertimbangkan 7 Hal Ini Sebelum Membeli Sports Bra

Oleh Ruri Nurulia pada 02 Mar 2019, 11:00 WIB
Saat olahraga, pakailah sports bra karena payudara butuh dukungan ekstra. Ini 7 hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli sports bra.
Pertimbangkan 7 Hal Ini Sebelum Membeli Sports Bra (Iakov Filimonov/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Saat berolahraga dan melakukan gerakan-gerakan yang energik, payudara juga ikut bergerak dan terkadang memantul. Untuk mendukung payudara selama melakukan aktivitas fisik sekaligus tetap merasa nyaman, Anda perlu memakai sports bra. Sayangnya, memilih sports bra bisa memusingkan karena umumnya semua terlihat mirip. Padahal, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum menjatuhkan membeli sports bra.

Ada sebuah investigasi terhadap dukungan payudara dan penggunaan sports bra pada pelari wanita di ajang London Marathon 2012. Hasil investigasi tersebut dipublikasikan di jurnal kedokteran “Journal of Sports Sciences”.

Dalam publikasi tersebut dikatakan bahwa 1 dari 3 pelari mengeluhkan sakit pada payudaranya saat berlari. Studi ini juga mengungkapkan bahwa semakin besar ukuran bra, maka akan semakin rentan merasa sakit pada payudara ketika berolahraga. Jika Anda tergolong rutin berolahraga, Anda perlu mengetahui apa saja yang harus dipertimbangkan saat memilih sports bra.

Pentingnya memakai sports bra saat berolahraga

Tanpa dukungan yang tepat, payudara perlahan akan mengendur dan meregang, akibatnya Anda akan merasa tidak nyaman saat berolahraga. Payudara juga dapat bergesekan satu sama lain atau dengan kulit di sekitarnya, atau bergesekan dengan material bra sehingga rawan lecet. Saat olahraga, payudara juga berkeringat, sehingga Anda butuh sports bra yang mampu menyerap kelembapan kulit.

Tak hanya itu, payudara tidak memiliki otot. Satu-satunya struktur penyangga alaminya adalah kulit di sekitarnya dan ligamen Cooper, yaitu ligamen yang menopang atau mempertahankan bentuk payudara. Dengan struktur ini, payudara akan baik-baik saja saat beraktivitas normal sehari-hari.

Namun, jika Anda berolahraga dengan gerakan seperti melompat atau berlari, payudara bisa memantul hingga ketinggian 21 cm, berpotensi menyebabkan rasa sakit dan kerusakan pada jaringan payudara. Nah, sports bra dirancang khusus untuk mengurangi gerakan payudara selama berolahraga.

Menurut dr. Sara Elise Wijono, M.Res, dari KlikDokter, sports bra dapat menyokong payudara sehingga dapat mengurangi nyeri saat Anda melakukan aktivitas yang dinamis.

“Berdasarkan penelitian, payudara akan bergerak membentuk angka delapan saat berlari. Tak hanya bergerak naik turun, tetapi juga menyamping ke kanan dan kiri. Bahkan, payudara dapat bergerak hingga 10 cm saat berlari,” ungkap dr. Sara.

Gerakan yang cukup heboh itu akan menyebabkan tarikan pada jaringan penyokong payudara, sehingga menimbulkan nyeri. Kondisi ini akan semakin mengganggu bagi wanita yang memiliki payudara besar. Dengan menggunakan sports bra yang ukurannya sesuai, payudara Anda memiliki ruang yang cukup untuk bergerak, sekaligus bisa menopang dengan baik sehingga tidak menimbulkan nyeri.

1 of 4

Perhatikan hal ini sebelum membeli sports bra

Dirangkum dari berbagai sumber, sebaiknya pemilihan sports bra harus memenuhi kriteria di bawah ini.

  1. Selalu update ukuran bra

Beberapa toko bra atau toko khusus olahraga memiliki tenaga yang terlatih untuk mengukur bra sesuai dengan ukuran payudara Anda. Sehingga, bra yang dipilih juga akan sesuai dengan bentuk tubuh. Ingat, meski Anda disarankan memakai model tertentu namun Anda tak nyaman saat memakainya, tetaplah cari yang paling sesuai.

Meski sudah tahu ukuran payudara, kenapa mengukur payudara tetap perlu dilakukan? Pasalnya, selain ukuran payudara bisa berubah, standar merek bisa berbeda meski ukurannya sama.

Beberapa tanda ukuran sports bra yang sesuai adalah:

  • Anda tak bisa menarik under band dari dada lebih dari 5 cm
  • Anda tak bisa menarik strap lebih dari bahu lebih dari 5 cm
  • Cup memenuhi payudara sepenuhnya
  1. Sesuaikan dengan jenis olahraga

Ya, pemilihan sports bra juga bergantung pada jenis olahraga yang Anda lakukan. Biasanya, kategorinya adalah high, medium, and low impact, serta medium dan low support. Ini membantu Anda untuk menyesuaikan tipe sports bra dengan aktivitas fisik yang biasa Anda lakukan. 

Untuk olahraga seperti lari, bootcamp, martial arts, boxing, latihan bodyweight, atau apa pun yang melibatkan lompatan atau skipping, Anda membutuhkan sports bra jenis high impact.

Jika olahraga yang Anda lakukan adalah bersepeda, latihan angkat beban, spinning, gym circuit, atau hiking, yang Anda perlukan adalah sports bra jenis medium impact jika payudara berukuran kecil. Jika payudara berukuran medium atau besar, cari sports bra dengan strap yang lebar, dengan bantalan (padding), dan/atau terbuat dari bahan yang kuat dan tidak terlalu elastis (light stretch).

Apabila olahraga Anda yoga, pilates, atau barre, jika payudara kecil pilihlah sports bra jenis low impact; medium impact untuk payudara ukuran medium; high impact untuk payudara besar. Carilah sports bra yang nyaman, berbahan melar, padding opsional, dengan pemilihan strap sesuai preferensi.

Ditambahkan oleh dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, payudara besar membutuhkan topangan lebih.

“Jika ukuran bra tidak tepat, maka dapat menyebabkan penekanan pada pembuluh darah dan saraf di area lengan,” jelasnya.

2 of 4

Selanjutnya

  1. Bahan yang disarankan

Jika selesai berolahraga, payudara Anda seperti ada spons basah yang melekat, bisa jadi bahan sports bra Anda tidak menyerap keringat dengan baik. Carilah label seperti “moisture wicking”, “breathable”, atau “ventilation”.

  1. Selalu mencoba bra yang ingin dibeli

Baik sports bra ataupun bukan, Anda harus mencoba sebelum membeli, termasuk jika yang Anda beli sama dengan koleksi Anda di rumah atau sudah loyal terhadap model tersebut selama belasan tahun.

Proses pembuatan bisa membuat bra sedikit berbeda, dari mulai warna, jahitan, ukuran, hingga bahan. Sebagai contoh, bra berwarna hitam bisa sedikit lebih kecil dibanding model yang sama tapi berwarna putih. Ini karena pewarna bisa membuat kain menyusut.

Ada beberapa tes yang bisa membantu Anda memilih bra yang tepat. Pertama, melompatlah. Di ruang fitting, melompatlah di depan cermin untuk melihat pergerakan payudara tampak depan dan tampak samping. Jika pergerakannya berlebihan, cari yang lain.

Kedua, perhatikan strap-nya. Jika strap terasa pas saat strap berada di bagian paling kencang, cari bra yang lain. Kenapa? Karena bra akan meregang dan Anda akan butuh pengaturan strap dari waktu ke waktu. Jika ini terjadi, bisa-bisa tali bra akan melorot dari bahu.

  1. Nyaman saat bernapas

Saat mencoba sports bra, tarik napas dalam-dalam. Apakah bra menjadi terlalu sempit? Jika ya, coba ukuran yang lebih besar. Hal ini dibenarkan oleh dr. Nadia. Menurutnya, penggunaan bra yang terlalu ketat dapat menekan otot dan tulang di dada, sehingga Anda akan mengalami kesulitan bernapas.

3 of 4

Selanjutnya (2)

  1. Bagian belakang tidak lebih tinggi dari bagian depan

Jika under band bagian belakang lebih naik posisinya daripada bagian depan, bisa jadi bra tersebut terlalu besar. Sports bra yang pas posisi under band-nya akan sama baik depan maupun belakang.

  1. Jujur pada diri sendiri

LaJean Lawson, Ph.D., profesor olahraga dan ilmu olahraga tambahan di Universitas Negeri Oregon, Amerika Serikat, yang juga dikenal sebagai ahli sports bra mengatakan, kira-kira hanya 15-20 persen wanita mengenakan bra terbaik untuk tubuh mereka.

Katanya, kesalahan terbesar wanita dalam memilih bra adalah tidak realistis dengan kebutuhannya.

“Pertama, sebelum memilih bra, lakukan analisis yang realistis. Pertimbangkan hal-hal seperti kemungkinan ukuran tubuh berubah, berat badan turun atau naik, baru melahirkan, atau mengubah olahraga. Semakin jujur Anda dengan diri sendiri, maka makin mudah menemukan jenis bra yang tepat,” katanya seperti dilansir Shape.

Jika pemilihan bra salah, dr. Nadia mengingatkan bahwa ada dampaknya terhadap kesehatan. Mulai dari nyeri punggung, gangguan sirkulasi, iritasi kulit, sesak napas, serta nyeri pada payudara. Tak nyaman, bukan?

Tujuh poin di atas bisa menjadi pertimbangan dalam memilih sports bra. Susah-susah gampang, memang. Intinya, sesuaikan sports bra dengan jenis olahraga yang Anda lakukan, ukuran tubuh, serta ukuran payudara. Ingat juga, ada harga ada kualitas. Jangan asal beli bra hanya karena murah. Sports bra yang tepat perannya sangat penting untuk latihan fisik Anda.

[RVS]

Lanjutkan Membaca ↓