Apakah Vertigo Bisa Diturunkan dari Orang Tua?

Ada beberapa penyakit yang memang bisa diwariskan dari kedua orang tua. Lantas, apakah vertigo termasuk salah satunya?
Apakah Vertigo Bisa Diturunkan dari Orang Tua?

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit dapat terjadi akibat pengaruh dari faktor risiko tertentu. Salah satu faktor risiko yang tak bisa dihindari adalah riwayat keluarga. Beberapa penyakit yang terbukti dapat terjadi akibat riwayat keluarga adalah diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Tak hanya itu, ada pula beberapa orang yang percaya bahwa vertigo juga dapat terjadi akibat faktor riwayat keluarga. Benarkah begitu? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, Anda perlu tahu bahwa orang dewasa maupun anak-anak bisa mengalami vertigo.

Menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, vertigo merupakan gejala pusing yang disertai dengan rasa melayang dan berputar. Penderita penyakit vertigo akan merasa bahwa dirinya atau objek yang ada di sekelilingnya berputar-putar.

Artikel Lainnya: Benarkah Obat Hipertensi Picu Disfungsi Ereksi?

 

1 dari 2

Vertigo Bukan Penyakit Keturunan

Seseorang Mengalami Vertigo
loading

Menurut dr. Nadia Octavia, vertigo bukanlah sesuatu yang bisa diturunkan dalam keluarga. Hal tersebut turut dibenarkan oleh dr. Bambang Hady Prabowo, MM., MKK.

Artikel Lainnya: Waspadai Jika Anak Sering Vertigo

Menurut dr. Bambang, vertigo memang bisa dialami oleh anak-anak dan orang dewasa, tetapi pada dasarnya penyakit tersebut bukanlah sebuah gangguan kesehatan yang berkaitan dengan riwayat keluarga.

“Ya, vertigo itu tidak berkaitan dengan hubungan darah. Namun, kebiasaan yang dilakukan bersama keluarga bisa memperberat penyakit vertigo yang sudah ada,” jelas dr. Bambang.

Misalnya saja, lanjut dr. Bambang, Anda sebagai anak yang memang memiliki penyakit vertigo akibat infeksi telinga. Nah, orang tua Anda adalah tipikal yang sangat suka begadang sehingga Anda kerap mengikuti pola hidup tersebut. Lama-kelamaan, gejala vertigo yang Anda alami bisa bertambah parah karena kekurangan waktu istirahat.

Melengkapi pernyataan tersebut, dr. Reza mengatakan bahwa gaya hidup yang bisa memperburuk vertigo yang sudah terlanjur terjadi adalah pola makan tinggi garam. Hal ini karena garam (natrium) dapat memicu peningkatan tekanan darah, yang ujungnya menyebabkan gejala pusing atau sakit kepala yang parah.

“Tak cuma itu, orang yang sejak awal terserang vertigo juga sebaiknya tidak mengonsumsi kopi, teh, dan minuman beralkohol. Mereka juga wajib menghindari merokok dan berkendara,” dr. Reza menegaskan.

Kesimpulannya, vertigo jenis apapun tidak diturunkan dari orang tua, karena penyakit dengan gejala pusing berputar tersebut tidak memiliki kaitan dengan riwayat keluarga.

Baca Juga

Meski begitu, kebiasaan buruk yang kerap dilakukan bersama keluarga dapat memperburuk penyakit vertigo yang sebelummya memang sudah terjadi. Jadi, penting bagi penderita vertigo untuk tidak terpengaruh kebiasaan buruk yang dilakukan oleh anggota keluarga lain agar gejala penyakitnya tidak bertambah parah. 

(NB/ RVS)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Vertigo Bisa Disebabkan oleh Kelelahan?

Info Sehat
28 Feb

Vertigo Bisa Disebabkan oleh Gangguan Lambung?

Info Sehat
27 Feb

Penyebab Pusing dan Mual Usai Makan Mecin

Info Sehat
27 Feb

Cara Jitu Atasi Pusing dan Mual Saat Hamil

Info Sehat
26 Feb

Mana yang Lebih Berbahaya, Suhu Dingin atau Panas?

Info Sehat
19 Feb

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk