Jangan Sepelekan Badan Lemas

Oleh Rudolf Santana pada 04 Mar 2019, 13:44 WIB
Anda yang pernah mengalami badan lemas pasti tahu bahwa kondisi ini bisa sangat mengganggu aktivitas. Lalu bolehkah kondisi ini dibiarkan?
Jangan Sepelekan Badan Lemas (Prostock Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Ada beragam penyebab mengapa seseorang bisa tiba-tiba mengalami kondisi badan lemas. Saat Anda kurang tidur, mengalami dehidrasi atau berolahraga terlalu keras, bisa dipastikan selanjutnya Anda akan mengalami badan lemas. Mengenali penyebab badan lemas bisa menjadi penentu tindakan apa yang perlu diambil untuk mengatasi kondisi tersebut.

Tema artikel tentang badan lemas tampaknya masih menjadi favorit pembaca KlikDokter sepanjang minggu lalu. Mungkin karena kondisi ini mudah terjadi dan bisa dialami oleh siapa saja. Meski demikian badan lemas tidak boleh Anda sepelekan begitu saja.

Tema lainnya seperti pertolongan pertama saat disengat kalajengking, serta beda obat generik dan obat paten juga masih sangat diminati. Kelima artikel di bawah ini bisa menjadi andalan Anda untuk selalu hidup sehat.

1 of 6

1. 5 Jenis Makanan Ini Ampuh untuk Mengatasi Badan Lemas

5 Jenis Makanan Ini Ampuh untuk Mengatasi Badan Lemas (Rodrigobark/Shutterstock)
5 Jenis Makanan Ini Ampuh untuk Mengatasi Badan Lemas (Rodrigobark/Shutterstock)

Apa yang biasanya Anda lakukan ketika tiba-tiba Anda mengalami badan lemas? Tidak perlu panik hingga malah membuat Anda semakin lemas atau bahkan jadi tidak sadarkan diri. Duduk, dan tenangkan diri hingga kondisi Anda membaik.

Ada lima jenis makanan yang dinilai ampuh untuk mengatasi badan lemas. Dalam artikel ini dipaparkan mengenai lima makanan yang ampuh untuk mengatasi kondisi badan lemas.

Kelima makanan ini bisa Anda coba untuk mengatasi keadaan badan. Meski demikian, jika makanan tersebut tidak kunjung menaikkan kondisi Anda, segera periksa ke dokter untuk mengetahui lebih jelas apa penyebab badan lemas yang Anda rasakan.

2 of 6

2. Tips Pertolongan Pertama Saat Disengat Kalajengking

Tips Pertolongan Pertama Saat Disengat Kalajengking (PongsadhornJR/Shutterstock)
Tips Pertolongan Pertama Saat Disengat Kalajengking (PongsadhornJR/Shutterstock)

Apakah Anda juga merasakan badan lemas saat melihat kalajengking? Binatang serupa kepiting namun memiliki ekor dengan sengat ini memang menakutkan. Meski jarang yang mematikan, tapi sengatannya bisa membuat badan lemas hingga menyebabkan rasa mual. Namun demikian, jangan sepelekan sengatan kalajengking.

Baca artikel ini untuk mengetahui cara-cara memberikan pertolongan pertama pada seseorang yang disengat kalajengking, atau mungkin ketika Anda sendiri mengalaminya.

3 of 6

3. Apa Beda Obat Generik dan Obat Paten?

Apa Beda Obat Generik dan Obat Paten? (Shutterstock)
Apa Beda Obat Generik dan Obat Paten? (Shutterstock)

Hingga ini masih banyak orang yang tidak memahami perbedaan obat generik dan obat paten. Saat periksa ke dokter, pasien sering meminta untuk diresepkan ‘obat paten’. Obat generik dinilai tidak ampuh untuk mengatasi penyakit yang diderita. Alasan lainnya, harga obat generik yang murah sering membuat orang berasumsi bahwa kualitas obat generik juga rendah.   

Jika Anda termasuk yang belum memahami perbedaan antara obat generik dan obat paten, Anda perlu membaca artikel ini agar Anda bisa menelaah perbedaan keduanya.

4 of 6

4. Atasi Badan Lemas Setelah Sembuh dari Sakit

Atasi Badan Lemas Setelah Sembuh dari Sakit (Alejandro-J.-de-Parga/Shutterstock)
Atasi Badan Lemas Setelah Sembuh dari Sakit (Alejandro-J.-de-Parga/Shutterstock)

Usai sembuh dari sakit, pasti Anda masih merasakan kondisi badan yang lemas, seperti tidak bertenaga. Pada saat itu, sistem kekebalan tubuh Anda yang telah berjuang melawan serangan virus, bakteri atau infeksi, sedang membutuhkan waktu pemulihan agar dapat kembali melindungi tubuh.

Dengan membaca artikel ini, Anda bisa mendapatkan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi badan lemas selama dalam masa pemulihan.

5 of 6

5. Badan Lemas Disertai Mual, Ada Apa?

5. Badan Lemas Disertai Mual, Ada Apa? (InesBazdar/Shutterstock)
5. Badan Lemas Disertai Mual, Ada Apa? (InesBazdar/Shutterstock)

Siapa pun pasti pernah mengalami badan lemas. Kondisi ini bisa terjadi akibat beragam penyebab, misalnya dehidrasi atau kelelahan. Namun bagaimana jika badan lemas yang Anda alami disertai dengan mual? Haruskah dikhawatirkan?

Ada beragam penyebab mengapa badan lemas disertai mual, seperti akibat diet, infeksi virus dan penyakit. Jika Anda mengalami kondisi tersebut, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Tapi sebelumnya Anda bisa membaca artikel ini untuk mengetahui, mengapa badan lemas juga kadang disertai mual.

Tema mengenai badan lemas memang selalu menarik untuk dicermati. Selain karena gejala ini merupakan kondisi yang umum terjadi, badan lemas juga bisa menunjukkan adanya gangguan kesehatan yang perlu mendapat pemeriksaan lanjutan. Dengan menyimak artikel-artikel di atas, Anda bisa lebih memahami tindakan apa yang harus Anda ambil jika mengalami beberapa gangguan kesehatan di atas.

[RH]

Lanjutkan Membaca ↓