Hobi Makan Camilan Asin Bikin Radang Tenggorokan?

Oleh Ayu Maharani pada 04 Mar 2019, 16:20 WIB
Tak cuma minuman dingin yang dituduh menjadi pemicu radang tenggorokan, tapi juga camilan yang asin-asin.
Hobi Makan Camilan Asin Bikin Radang Tenggorokan?

Klikdokter.com, Jakarta Radang tenggorokan atau yang dikenal dengan faringitis umumnya ditandai dengan rasa sakit, gatal, atau iritasi pada tenggorokan yang terasa semakin sakit saat menelan. Radang tenggorokan yang paling sering dijumpai disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau bahkan reaksi alergi dan dapat menyerang anak-anak dan remaja.Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya radang tenggorokan.

Salah satunya adalah konsumsi makanan dan minuman. Tentu Anda pernah mendengar bahwa minuman dingin dan manis bisa menjadi pemicu timbulnya atau memperburuk gejala radang tenggorokan. Tapi rupanya, tak cuma minuman dingin yang dituduh sebagai pemicu penyakit tersebut.

Mengonsumsi makanan asin ternyata juga dapat menjadi penyebab radang tenggorokan lho. Kandungan garam yang terdapat dalam makanan asin dapat membuat tenggorokan kering dan melukai batang tenggorokan. Simak penjelasannya di sini!

1 of 2

Radang Tenggorokan dan Camilan Asin

Camilan Asin
Camilan Asin

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, makan makanan asin ataupun makanan dengan rasa tajam lainnya memang bisa mengiritasi tenggorokan. Apalagi bila penderitanya memiliki sistem imunitas tubuh yang sedang tidak baik dan tenggorokan yang sensitif. Iritasi akibat makanan asin yang dikonsumsi dengan intensitas tinggi pasti sulit dihindari.

Artikel Lainnya: Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan

“Tapi ingat, asupan dengan rasa tajam dan menyengat hanya bisa menyebabkan iritasi, bukan infeksi. Iritasi biasanya tidak sampai menyebabkan demam. Sedangkan infeksi pasti menyebabkan demam,” jelas dr. Dyan Mega Inderawati.

Dengan demikian, bila Anda ingin terhindar dari masalah tenggorokan, sebaiknya konsumsi makanan dengan rasa tajam secukupnya saja. Selain  itu, jangan lupa banyak minum air putih setelahnya.

Di sisi lain, tak cuma makanan asin yang dapat mengakibatkan iritasi tenggorokan, tetapi juga gastroesophageal reflux disease (GERD). GERD membuat asam lambung naik hingga ke area tenggorokan, dan sifat asam dari asam lambung itulah yang mengiritasi tenggorokan. Selain itu, kurang asupan air putih pun dapat melukai tenggorokan, terutama bila sebelumnya Anda mengonsumsi makanan pedas dan panas.

Untuk mencegah agar gejala batuk akibat radang tenggorokan tidak semakin parah, hentikan kebiasaan merokok dan gunakanlah masker, khususnya bila Anda berada di lingkungan yang berpolusi.

Sedangkan untuk konsumsi camilan asin, sebaiknya dihindari dulu karena hanya akan mengiritasi tenggorokan Anda. Dan setelah mengonsumsi makanan bercita rasa tajam serta panas, perbanyaklah minum air putih suhu ruang (tidak dingin/tidak panas) untuk menetralkan tenggorokan.

Demikianlah penjelasan mengenai camilan asin atau makanan yang memiliki cita rasa yang tajam, ternyata makanan tersebut memiliki dampak yang tidak baik bagi tenggorokan, jika dikonsumsi terlalu banyak. Semoga artikelnya bermanfaat ya, Salam Sehat Selalu

[RS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓
Meikha MeikhoMeikha Meikho

obat radang tenggorokan apa ya dok?