Radang Tenggorokan Bisa Diredakan dengan Jahe?

Oleh Ayu Maharani pada 06 Mar 2019, 11:30 WIB
Anda ingin mengobati radang tenggorokan secara alami sebelum mengunjungi dokter? Katanya, jahe bisa membantu meredakannya, lo.
Radang Tenggorokan Bisa Diredakan dengan Jahe? (Maya Kruchankova/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Saat tenggorokan terasa sangat tidak nyaman dan tubuh juga mulai demam, ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda terkena radang tenggorokan. Tapi, sebelum memeriksakan diri ke dokter, Anda bisa melakukan cara alami di rumah untuk membantu mengatasi ketidaknyamanan itu. Dengar-dengar, selain bisa membantu menangani masuk angin, jahe juga bermanfaat untuk meredakan radang tenggorokan. Benarkah?

Jahe dan radang tenggorokan

Pendapat itu rupanya dibenarkan oleh dr. Melyarna Putri, M.Gizi, MPH dari KlikDokter. Menurutnya, jahe adalah bahan alami yang memiliki efek antiperadangan. Karena efek tersebut, jahe bisa mengurangi rasa nyeri yang timbul ketika terjadi peradangan pada tenggorokan.

Dilansir Healthline, jahe juga berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi penyebab sakit tenggorokan. Jahe itu sendiri mengandung senyawa bioaktif. Senyawa bioaktif adalah fitonutrien yang ditemukan dalam makanan tertentu yang bermanfaat bagi kesehatan.

Selain itu, jahe juga diyakini memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi bakteri ataupun virus. Dalam satu studi in vitro, 10 persen ekstrak jahe dapat menghambat perkembangan bakteri Streptococcus mutans, Candida albicans, dan Enterococcus faecalis. Ketiga mikroorganisme tersebut bertanggung jawab atas infeksi oral.

Rasa nyeri yang Anda alami saat menderita radang tenggorokan berasal dari reaksi imun tubuh terhadap infeksi ataupun iritasi. Nah, jahe dapat memblokir protein proinflamasi di dalam tubuh sehingga nyeri dan gatal akibat radang bisa berkurang.

Cara mengonsumsi jahe untuk meredakan radang tenggorokan

Ada beberapa cara dalam mengonsumsi jahe untuk membantu meredakan sakit tenggorokan, yaitu sebagai berikut.

  • Mengisap permen jahe

Cara ini merupakan cara yang paling mudah. Namun sayangnya, ini juga merupakan cara yang kurang efektif. Sebab, permen jahe biasanya sudah dicampur dengan gula atau bahan lainnya yang terkadang justru bikin tenggorokan makin sensitif.

Jadi sebelum mengisap permen jahe, pastikan bahwa permen tersebut memang mengandung ekstrak jahe alami yang cukup banyak. Ini karena ada pula permen jahe yang hanya menggunakan perisa jahe.

  • Minum teh jahe alami

Menyeruput teh jahe hangat termasuk pengobatan alami yang paling populer untuk meredakan radang tenggorokan. Resep teh jahe juga mudah dibuat.

Caranya, parut jahe hingga mendapatkan dua sendok teh. Lalu, seduh parutan jahe tersebut di dalam cangkir dengan air mendidih. Diamkan hingga beberapa menit. Bila ingin mendapatkan sensasi manis, jangan campurkan dengan gula pasir, tetapi gunakanlah madu.

  • Membuat sup dengan bumbu jahe

Saat demam, paling enak memang mengonsumsi sup hangat. Entah itu terbuat dari daging ayam, daging sapi, maupun daging ikan yang dicampur aneka sayuran. Nah, bila Anda ingin memasak sup ikan, sebaiknya gunakan bumbu jahe yang banyak. Karena selain dapat menghilangkan rasa amis, jahe dalam sup ikan juga bisa membantu melegakan tenggorokan Anda.

  • Mengonsumsi suplemen jahe

Jahe juga tersedia dalam bentuk kapsul suplemen yang berisi ekstrak jahe (bubuk). Ini merupakan cara terpraktis lainnya selain mengisap permen untuk mendapatkan kebaikan dari jahe. Namun, jangan lupa baca petunjuknya baik-baik agar Anda tidak salah dosis.

Jahe boleh dikonsumsi untuk membantu meredakan radang tenggorokan bila kondisinya belum terlampau parah. Namun, bila radang tenggorokan dan demam tidak kunjung membaik selama beberapa hari meski Anda sudah mengonsumsi jahe, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Sebab, kemungkinan besar Anda membutuhkan obat-obatan yang harus direkomendasikan dulu oleh dokter.

[RS/ RVS]