Rahasia Tubuh Sehat dan Bugar Nirina Zubir

Oleh Nur Budhi pada 06 Mar 2019, 14:00 WIB
Mendapatkan tubuh sehat dan bugar perlu komitmen kuat dan konsisten menjalankan hidup sehat. Nirina Zubir membagikan kiatnya berikut ini.
Rahasia Tubuh Sehat dan Bugar Nirina Zubir (Foto: Nur Budhi/Klikdokter)

Klikdokter.com, Jakarta Jika Anda penggemar saluran musik MTV Indonesia yang pernah mengudara di tahun 1990-an, tentu Anda masih ingat sosok VJ berkarakter riang, Nirina Zubir.  Wanita bernama lengkap Nirina Raudatul Jannah Zubir ini memulai debut aktingnya lewat film 30 Hari Mencari Cinta (2004). Tahun ini lewat perannya sebagai Emak di film Keluarga Cemara, Nirina dinominasikan sebagai aktris terbaik dalam ajang Indonesian Movie Actors Awards 2019. Lima belas tahun berlalu, sosok Nirina tampak masih seperti dulu, riang dan lincah, seakan tak kenal lelah. Tampaknya Nirina memiliki kiat khusus untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar.

Pertengahan Februari lalu, KlikDokter sempat berbincang dengan Nirina di bilangan Kemang.  Nirina yang kini sudah memiliki dua anak dari pernikahannya dengan Ernest Fardiyan Syarif, memaparkan kiatnya untuk tetap sehat di tengah aktivitasnya sebagai ibu rumah tangga dan karirnya di dunia entertainment.

Menyempatkan olahraga meski sibuk

Nirina yang kini tengah berprofesi sebagai penyiar di salah satu stasiun radio swasta mengaku bahwa kondisi tubuhnya yang sehat dan bugar itu didapatnya karena ia masih menyempatkan waktu untuk berolahraga di tengah kesibukan yang padat.

“Masih mengupayakan olahraga sih di sela-sela waktu sibuk,” ungkap wanita kelahiran Madagaskar, 12 Maret 1980 itu.

Menariknya, Nirina tidak hanya berpatokan pada satu jenis olahraga saja. Ia mengaku sangat fleksibel dalam memilih jenis aktivitas fisik yang dilakukannya sehari-hari.

I like every sports. Jadi aku tidak mengotak-ngotakkan hanya lari saja, hanya sepeda saja. Hal yang paling penting adalah bergerak dan berkeringat,” Nirina menegaskan.

Di samping berolahraga, untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar Nirina mengaku bahwa dirinya juga menjaga pola makan. Meski demikian, tampaknya pola makan yang diterapkan Nirina tidaklah ribet.

“Aku sebenarnya penyuka makan. Tapi sebisa mungkin porsinya dibatasi. Dari yang dulu suka nambah, sekarang udah enggak,” kata Nirina, membagikan kiatnya menjaga pola makan.

1 of 3

Konsumsi madu dan kencur

Nirina Zubir (Foto: @nirinazubir_/Instagram)
Nirina Zubir (Foto: @nirinazubir_/Instagram)

Supaya kondisi tubuhnya semakin “tahan banting”, Nirina mengaku bahwa dirinya sering mengonsumsi madu. Produk dari lebah yang satu itu memang telah terbukti memiliki segudang manfaat sehat, sebagaimana dikatakan oleh dr. Nitish Basant Adnani dari KlikDokter.

“Madu sejak dahulu digunakan untuk menyembuhkan luka dan mengatasi keluhan saluran cerna. Penelitian menyebut bahwa madu juga dapat berfungsi sebagai agen antibakteri, melegakan tenggorokan, dan meningkatkan ketahanan tubuh,” tutur dr. Nitish.

Tak hanya madu, Nirina juga mengaku bahwa dirinya masih sering mengonsumsi kencur. Rimpang jenis ini sengaja dikonsumsinya saat ia sedang mengalami masalah pada tenggorokan.

“Aku masih suka hal-hal yang natural juga sih. Seperti misalnya tenggorokan lagi terasa gak enak, aku makan kencur gitu. Dikunyah aja kencurnya, enggak perlu dibikin jus atau jamu. Jadi masih bentuk kencur utuh,” jelas Nirina.

Memang, kencur terbukti dapat memberikan beragam manfaat. Terkait hal ini, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter mengatakan bahwa tumbuhan herbal tersebut memiliki fungsi antiradang, antibakteri, dan antijamur.

”Tetapi, ada beberapa kondisi yang perlu diperhatikan terkait konsumsi kencur. Misalnya, saat sedang konsumsi obat dari dokter secara rutin. Harus diperhatikan interaksi kencur dengan penyakit atau obat lainnya,” dr. Astrid menjelaskan.

2 of 3

Tidur berkualitas juga penting

Selain menyempatkan diri untuk rutin berolahraga, menjaga pola makan dan mengonsumsi madu serta kencur, Nirina juga selalu berusaha mendapatkan tidur yang berkualitas. Baginya, tidur cukup adalah salah satu pondasi kesehatan yang tidak bisa diabaikan.

Jika kurang tidur, efeknya tak hanya terasa pada otak tetapi juga tubuh secara keseluruhan. Tak ingin pikiran dan kesehatan tubuh terganggu hingga membuat aktivitasnya terganggu, Nirina sangat memperhatikan waktu tidurnya sehari-hari.

“Aku selalu berusaha mengatur tidur supaya cukup. Kalau weekdays, aku sebisa mungkin jam 12 sudah tidur, karena jam 4 pagi sudah harus bangun, harus langsung jalan dan tiba di studio untuk siaran sebelum jam 6. Kalau lagi tidak ada aktivitas, aku tidur jam 9 atau 10 bareng anak-anak,” kata Nirina, dengan senyum khasnya.

Kiat untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar seperti yang dijalani oleh Nirina Zubir sebenarnya tidak rumit dan bisa dijalankan oleh siapa saja. Namun yang harus diperhatikan adalah kedisiplinan dalam melakukannya. Dan, Nirina cukup konsisten menjalankannya.

[RVS]

Lanjutkan Membaca ↓