10 Jenis Makanan yang Kaya Vitamin E

Oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc pada 07 Mar 2019, 17:30 WIB
Vitamin E merupakan mikronutrien yang penting untuk sistem daya tahan tubuh Anda. Apa saja jenis makanan yang kaya akan vitamin ini?
10 Jenis Makanan yang Kaya Vitamin E (Thewet-Nonthachai/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Vitamin E adalah salah satu jenis vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain bagus untuk menjaga kulit Anda, vitamin E juga baik untuk kesehatan pembuluh darah dan sistem daya tahan tubuh. Tak cuma itu, vitamin yang larut lemak ini juga dapat berperan sebagai antioksidan yang baik.

Terdapat berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin E. Ini artinya, sebagian besar orang bisa mendapatkan vitamin tersebut dalam jumlah yang cukup melalui asupan sehari-hari. Jadi, apa saja makanan yang kaya vitamin E?

1. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari dapat menjadi salah satu bahan camilan yang mudah dikonsumsi. Anda dapat menaburkan biji bunga matahari dalam yoghurt, oatmeal, atau salad. Diperkirakan, dalam 100 gram biji bunga matahari mengandung sekitar 35,17 miligram vitamin E. Cukup banyak, bukan?

2. Kacang almond

Kacang almond dapat dikonsumsi secara langsung, atau ditambahkan ke sereal. Anda bahkan dapat mengonsumsinya dalam bentuk susu almond. Pada setiap 100 gram kacang almond, terdapat sekitar 25,63 miligram vitamin E.

3. Kacang

Kacang merupakan salah satu camilan yang cukup populer di masyarakat. Terdapat 4,93 miligram vitamin E untuk setiap 100 gram kacang.

4. Minyak jenis tertentu

Sebagian jenis minyak dikenal mengandung vitamin E yang cukup tinggi. Namun, penting untuk diingat bahwa minyak secara umum juga kaya akan lemak dan kalori. Satu sendok makan minyak wheat germ dapat mengandung 20,32 miligram vitamin E. Sementara itu, takaran yang sama untuk minyak rice bran dapat mengandung 4,39 miligram vitamin E.

1 of 2

Selanjutnya

5. Alpukat

10 Jenis Makanan yang Kaya Vitamin E (Krasula/Shutterstock)
10 Jenis Makanan yang Kaya Vitamin E (Krasula/Shutterstock)

Alpukat merupakan salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi karena mengandung kadar gula yang relatif sedikit dan zat gizi yang beragam. Pada 100 gram alpukat diketahui bahwa terdapat 2,07 miligram vitamin E.

6. Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup populer di masyarakat dan baik bagi kesehatan. Seporsi bayam dengan berat 100 gram diketahui dapat mengandung sekitar 2,03 miligram vitamin E.

7. Swiss chard

Sayuran hijau yang satu ini mengandung 1,89 miligram vitamin E dalam setiap 100 gram.

8. Butternut squash

Untuk setiap 100 gram makanan sejenis labu ini, kandungan vitamin E nya dapat mencapai 1,29 miligram.

9. Daun bit

Banyak orang yang sudah mengetahui mengenai rangkaian manfaat mengonsumsi buah bit. Namun, masih sedikit orang yang tahu bahwa mengonsumsi daun bit juga baik bagi kesehatan. Satu porsi 100 gram dari daun bit dapat mengandung 1,81 miligram vitamin E.

10. Ikan forel

Selain kaya akan asam lemak omega-3, ikan forel juga mengandung vitamin E dalam jumlah yang banyak. Satu porsi 100 gram dari ikan forel dapat mengandung 2,15 miligram vitamin E.

Vitamin E merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Konsumsi 10 makanan di atas dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan harian vitamin E. Akan tetapi, konsumsi vitamin E juga harus diimbangi dengan asupan nutrisi lainnya ya, seperti protein, serat, serta mineral dan vitamin lainnya.

[HNS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓