Minuman Hangat Efektif Atasi Radang Tenggorokan?

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 09 Mar 2019, 15:00 WIB
Minuman hangat diduga memainkan peran penting dalam proses penyembuhan radang tenggorokan. Bagaimana faktanya?
Minuman Hangat Efektif Atasi Radang Tenggorokan? (Rido/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Ada beberapa cara alami yang bisa mengendalikan rasa sakit radang tenggorokan. Salah satunya adalah dengan mengistirahatkan total tubuh Anda. Selain itu, banyak juga anggapan yang menyebut bahwa konsumsi minuman hangat memainkan peran besar dalam proses penyembuhan radang tenggorokan.

Sebelum mengungkap fakta medisnya, Anda perlu tahu bahwa radang tenggorokan merupakan keluhan yang bisa terjadi akibat adanya infeksi bakteri, virus, maupun alergi. Menurut dr. Melyarna Putri dari KlikDokter, penyakit tersebut sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya, apalagi jika disebabkan oleh infeksi bakteri.

“Hanya sebagian kecil kasus radang tenggorokan yang benar-benar membutuhkan pengobatan khusus,” kata dr. Mely, demikian ia biasanya disapa.

Lantas, bagaimana dengan konsumsi minuman hangat? Benarkah radang tenggorokan bisa lebih cepat sembuh jika pasien meningkatkan konsumsi air yang demikian?

Menjawab hal tersebut, mantan direktur Common Cold Centre di School of Biosciences di University of Cardiff di Inggris, Prof. Eccles berkata bahwa minuman hangat memang bisa membantu mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan. Hal ini karena minuman hangat bisa meningkatkan produksi air liur dan membantu memberikan ‘pelumas’ pada tenggorokan.

"Minuman hangat lebih enak daripada minuman dingin. Minuman tersebut mampu meningkatkan lebih banyak air liur dan dampak sensorik, di mana hal itu dapat memberikan efek plasebo yang lebih besar untuk mengurangi rasa sakit," jelas Prof. Eccles.

Dalam pembuktiannya, Prof. Eccles melakukan penelitian terhadap 30 pasien. Ia melaporkan bahwa minuman hangat berbahan dasar buah ditemukan dapat memberikan bantuan jangka panjang terhadap radang tenggorokan pada pasien yang terlibat.

"Minuman manis dan hangat dapat bekerja dengan meningkatkan kadar opioid di dalam tubuh, sehingga mampu memberikan efek pereda rasa sakit alami yang pada akhirnya membantu meredakan gejala radang tenggorokan,” tegas Prof. Eccles.

Senada pendapat tersebut, dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter juga mengungkapkan hal yang sama. Dokter yang akrab disapa dr. Ega itu menyarankan agar pasien radang tenggorokan minum air hangat dengan campuran madu agar gejala penyakit bisa mereda.

"Air hangat yang dicampur madu ternyata efektif untuk membantu meredakan radang tenggorokan. Berdasarkan penelitian, madu terbukti efektif untuk meredakan proses peradangan dan membantu menekan batuk, terutama yang terjadi malam hari," ujarnya.

“Madu yang dijadikan campuran minuman hangat harus yang asli alias tidak mengandung pemanis buatan,” tambah dr. Ega.

Sekarang sudah jelas bahwa minuman hangat terbukti mampu membantu proses penyembuhan radang tenggorokan. Atas dasar itu, jika saat ini Anda sedang mengalami penyakit tersebut, sebaiknya jangan sungkan untuk meningkatkan konsumsi minuman hangat. Namun, jika radang tenggorokan yang dialami tak kunjung membaik dalam beberapa hari, berobatlah ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

(NB/RH)