Kanker Kulit Punya Ciri-Ciri Seperti Ini

Kanker kulit bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari. Ketahui gejala kanker kulit di sini.
Kanker Kulit Punya Ciri-Ciri Seperti Ini

Klikdokter.com, Jakarta Kanker kulit terjadi ketika adanya pertumbuhan sel yang tidak terkendali pada lapisan kulit. Sama seperti kanker lainnya, kanker kulit dapat diobati bila terdeteksi sejak dini.

Kanker kulit bisa menyerang siapa saja. Meski kanker jenis ini jarang terjadi pada orang Indonesia, Anda tidak boleh mengabaikannya. Dengan mengetahui gejala kanker kulit, Anda akan lebih waspada terhadapnya.

Karena penyakit ini bisa dicegah, mengenali gejala awal kanker kulit sangat penting untuk memudahkan penanganan serta pencegahan komplikasi yang tidak diinginkan.

1 dari 3

Sekilas Tentang Kanker Kulit

Ilustrasi Kanker Kulit
loading

Secara umum, kanker kulit dibagi menjadi dua jenis, yakni melanoma dan non-melanoma (karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa).

Karsinoma sel basal merupakan kanker kulit dengan angka kejadian terbesar, diikuti dengan karsinoma sel skuamosa, dan terakhir melanoma.

  • Karsinoma Sel Basal

Kanker kulit jenis ini adalah yang paling sering ditemukan, terutama pada orang berkulit putih. Kanker ini sering ditemukan pada daerah kulit yang terpapar matahari, seperti wajah, leher, bahu, tangan, dan punggung.

  • Karsinoma Sel Skuamosa

Tidak jauh beda dengan yang sel basal, karsinoma sel skuamosa lebih sering muncul pada area kulit yang terpapar matahari. Meski begitu, kanker jenis ini juga bisa timbul pada daerah yang jarang terkena matahari.

Artikel Lainnya: Ini yang Perlu Anda Tahu tentang Kanker Kulit

  • Melanoma

Melanoma merupakan jenis kanker yang cukup jarang ditemukan dan paling berbahaya di antara ketiga jenis kanker kulit yang paling umum. Kanker ini juga dapat menyerang orang dengan warna kulit apapun dan dapat muncul pada area tubuh manapun.

2 dari 3

Tanda Kanker Kulit yang Harus Diwaspadai

Ilustrasi Kanker Kulit yang Harus Diwaspadai
loading

Ada berbagai tanda yang akan ditunjukkan tubuh bila Anda mengalami kanker kulit. Adapun ciri-ciri kanker kulit yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  1. Luka yang Tidak Sembuh

Jika Anda memiliki luka terbuka yang susah sembuh pada bagian tubuh yang sering terpapar matahari, bisa jadi itu tanda kanker kulit. Jenis karsinoma sel basal dapat muncul sebagai luka terbuka, berdarah, dan kelihatan berlubang.

  1. Bercak Kemerahan yang Gampang Berdarah

Bercak pada kulit pun bisa menjadi suatu gejala kanker. Bercak pada kanker biasanya berwarna kemerahan yang terasa nyeri, gatal, mengelupas, dan mudah berdarah. Gejala kanker kulit ini paling sering ditunjukkan pada jenis sel basal dan sel skuamosa.

Artikel Lainnya: Sering Berjemur di Pantai Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Kulit

  1. Tahi Lalat yang Terus Membesar

Semua orang memiliki tahi lalat. Tapi, apabila tahi lalat ini semakin membesar dengan bentuk yang tidak simetris dan gampang berdarah, itu adalah salah satu gejala kanker kulit. Oleh karena itu, perhatikan ukuran dan bentuk tahi lalat Anda, ya.

  1. Benjolan Merah dan Bersisik

Selain tahi lalat yang berwarna gelap, tanda kanker kulit juga bisa berupa benjolan berwarna merah. Pada karsinoma sel basal, benjolan ini bisa menyerupai mutiara kecil yang berwarna merah dan berkilau.

Artikel Lainnya: Benarkah Tahi Lalat Bisa Berkembang Jadi Kanker Kulit?

  1. Bercak yang Tepinya Tidak Teratur

Gejala kanker kulit juga dapat dilihat dari bercak yang memiliki tepi tidak beraturan. Beda dengan bercak gigitan nyamuk dengan tepi simetris dan teratur, pada kanker kulit, bercak tersebut tidak beraturan, berlekuk, bahkan bisa saja samar.

  1. Bercak yang Berbeda Warna

Bercak yang timbul pada kanker kulit juga bisa berbeda warna. Apabila Anda memiliki bercak yang warna keseluruhannya tidak sama, misalnya memiliki corak coklat dan hitam, maka Anda patut curiga. Bisa saja itu merupakan gejala kanker kulit.

  1. Benjolan Menyerupai Kawah Kecil

Pada jenis karsinoma sel skuamosa, dapat pula timbul bercak atau benjolan yang menyerupai kawah. Bentuknya dapat menyerupai gunung berapi kecil dengan bercak merah pada bagian tengahnya.

Baca Juga

Dengan mengetahui gejala kanker kulit, Anda dapat mendeteksi lebih dini dan mencegah komplikasi yang dapat terjadi. Penyebab utama kanker kulit adalah paparan sinar matahari, jadi Anda dapat mencegahnya dengan rajin menggunakan tabir surya. 

Jika Anda mendapati gejala pada kulit seperti yang dipaparkan di atas, segera konsultasikan kepada dokter agar bisa segera ditangani. Konsultasi bisa dilakukan melalui layanan Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[WA]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Memiliki Banyak Tahi Lalat, Haruskah Khawatir?

Info Sehat
22 Mei

Menghilangkan Bekas Luka Bakar dengan Bawang Merah, Amankah?

Info Sehat
14 Feb

Sering Berjemur di Pantai Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Kulit

Info Sehat
30 Jan

Tidak Membersihkan Makeup Picu Kanker Kulit, Benarkah?

Info Sehat
05 Okt

Efek Kabut Asap Kebakaran Hutan pada Kesehatan Kulit

Info Sehat
20 Sep

1 KOMENTAR

Avatar
Ning nong
3 Bulan Lalu

𝘔𝘢𝘶 𝘵𝘢𝘯𝘺𝘢𝘬 𝘮𝘪𝘯𝘥𝘰𝘬 𝘬𝘢𝘭𝘰 𝘴𝘢𝘳𝘢𝘱 𝘬𝘦𝘫𝘦𝘱𝘪𝘵 𝘰𝘣𝘢𝘵 𝘯𝘺 𝘢𝘱𝘢 𝘮𝘪𝘯𝘥𝘰𝘬 𝘴𝘦𝘭𝘢𝘪𝘯 𝘰𝘱𝘳𝘢𝘴𝘪

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk