Kenapa Radang Tenggorokan Menyebabkan Demam?
searchtext customer service

Mengapa Radang Tenggorokan Sebabkan Demam?

Radang tenggorokan dan demam adalah dua hal yang sepertinya tidak bisa dipisahkan. Mengapa demikian?
Mengapa Radang Tenggorokan Sebabkan Demam?

Klikdokter.com, Jakarta Radang tenggorokan merupakan keluhan gangguan kesehatan yang paling sering terjadi di saat musim pancaroba. Meski terkesan sepele, kondisi tersebut nyatanya bisa sangat mengganggu aktivitas bahkan menurunkan kualitas hidup penderitanya. 

Radang tenggorokan tak hanya menyebabkan nyeri saat menelan, melainkan juga bisa mengakibatkan terjadinya demam. Penyakit ini bisa terjadi akibat adanya infeksi bakteri atau virus pada saluran napas atas. 

Bakteri yang paling sering menyebabkannya adalah Streptococcus pyogenes dan Streptococcus kelompok A. Sementara itu, jenis virus yang sering menyebabkan radang tenggorokan adalah influenza, virus penyebab campak, dan virus penyebab cacar air.

Radang Tenggorokan Bisa Menyebabkan Demam

Radang Tenggorokan Bisa Menyebabkan Demam

Terkait demam yang sering datang berdampingan dengan radang tenggorokan, dr. Fiona Amelia dari KlikDokter menjelaskan bahwa keadaan tersebut terjadi akibat adanya kuman, baik virus ataupun bakteri, di daerah tenggorokan.

“Nah, di sekitar tenggorokan itu ada banyak pembuluh darah. Kalau misalnya kuman tidak masuk ke pembuluh darah, cuma membuat radang lokal saja, itu biasanya keluhannya sulit menelan atau batuk," ujar dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter.

"Namun, kalau sempat masuk ke pembuluh darah di sekitar tenggorokan, itu bisa memicu demam. Kuman-kuman kalau sampai masuk ke pembuluh darah, itulah yang membuat penderita radang tenggorokan mengalami demam," sambungnya.

Artikel Lainnya: Apa Penyebab Radang Tenggorokan pada Anak?

Cara Mengatasi Demam karena Radang Tenggorokan 

Cara Mengatasi Demam karena Radang Tenggorokan

Pada sebagian besar kasus, radang tenggorokan menyebabkan demam. Kenapa demikian? Hal ini disebabkan adanya kuman, baik virus ataupun bakteri, di daerah tenggorokan. Saat  virus atau bakteri ini mencapai pembuluh darah, hal ini dapat memicu demam.

1. Hentikan Kebiasaan Merokok 

Saat mengalami radang tenggorokan, kebiasaan merokok akan memperburuk peradangan yang sedang terjadi. Selain itu, merokok dapat menimbulkan ketidaknyamanan di area tenggorokan serta batuk yang semakin membuat radang tenggorokan tidak kunjung sembuh.

2. Hindari Pencetus Alergi

Jika Anda memiliki riwayat alergi, hindari segala sesuatu yang bisa memicu munculnya gejala, seperti debu dan serbuk sari. Tercetusnya alergi akan memperburuk radang tenggorokan Anda.

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Radang Tenggorokan 

3. Perbaiki Pola Makan

Perbaiki pola makan Anda dengan memperbanyak asupan sayur dan buah setiap hari. Keduanya kaya akan vitamin dan mineral yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan begitu, kuman penyebab penyakit tidak mudah masuk dan menginfeksi tubuh.

4. Diet Makanan Lunak

Umumnya, radang tenggorokan menyebabkan kesulitan menelan. Oleh karena itu hindari makanan padat. Sebagai gantinya, konsumsilah makanan lunak dengan suhu yang tidak ekstrem, misalnya kuah sup hangat. Usahakan jangan terlalu panas atau terlalu dingin, supaya tenggorokan tidak makin meradang.

5. Perbanyak Konsumsi Air Putih 

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan mengonsumsi air putih minimal 2 liter per hari akan menurunkan suhu tubuh yang sedang mengalami demam. Cairan juga menjaga tenggorokan tetap lembap. Hindari kafein dan alkohol yang dapat membuat Anda dehidrasi.

Artikel Lainnya: Makanan yang Aman Dikonsumsi Saat Sakit Radang Tenggorokan

6. Berkumur Dengan Air Garam atau Obat Kumur Antiseptik

Untuk radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus, sangat disarankan untuk melakukan kumur. Berkumurlah dengan air garam obat kumur antiseptik yang dijual di apotek.

7. Cukup Istirahat

Selama radang, istirahatlah yang cukup agar tubuh dapat segera pulih kembali. Selain itu, istirahatkan pula suara Anda, jangan terlalu banyak berbicara apalagi berteriak. 

8. Konsumsi Madu

Madu dipercaya dapat membantu penyembuhan radang. Ini berkat sifat antimikroba madu, sehingga sangat boleh dikonsumsi saat sakit. 

Artikel Lainnya: Kenapa Alkohol Bisa Tingkatkan Risiko Radang Tenggorokan?

9. Jaga Kelembapan Udara 

Gunakan humidifier untuk menjaga kelembapan udara yang anda hirup. Hal ini akan membantu saluran napas tetap nyaman dan tidak teriritasi. Jika tidak memiliki alat humidifier, Anda dapat duduk selama beberapa menit di kamar mandi beruap.

10. Lakukan Kompres

Gunakan air suam-suam kuku atau air suhu ruangan untuk mengompres tubuh yang sedang mengalami demam. Baiknya di seluruh area lipatan jangan hanya pada dahi saja. Selain itu Anda juga dapat mandi dengan air hangat untuk menurunkan demam serta membuat tubuh lebih rileks. 

11. Konsumsi Obat Penurun Panas

Jika demam tidak kunjung turun setelah dikompres atau beristirahat, Anda dapat mengonsumsi pereda panas seperti parasetamol. Obat ini dijual bebas, sehingga dapat Anda dapatkan dengan mudah. 

Baca Juga

Apabila radang tenggorokan dan demam terjadi berkelanjutan, segeralah berobat ke dokter. Hal ini bertujuan agar Anda mendapatkan obat yang paling sesuai dengan penyebab utama keluhan yang dirasakan. 

Dengan demikian, radang tenggorokan bisa segera teratasi dan Anda bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala. 

Konsultasi dengan dokter juga bisa Anda lakukan lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter

ARTIKEL TERKAIT

Bolehkah Minum Obat Batuk untuk Redakan Radang Tenggorokan?

Info Sehat
11 Apr

Bolehkah Minum Kopi Saat Kena Radang Tenggorokan?

Info Sehat
08 Apr

Radang Tenggorokan Bisa Diredakan dengan Jahe?

Info Sehat
08 Apr

Tips Berpuasa Saat sedang Demam

Info Sehat
08 Apr

Daftar Obat untuk Anak yang Radang Tenggorokan

Info Sehat
08 Apr

REAKSI ANDA

1 KOMENTAR

Avatar
Dewi Ratnasari
1 Bulan Lalu

gimana cara dok aku sering mual terus

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat