Khasiat Kencur dan Daun Sirih untuk Usir Radang Tenggorokan

Oleh Ayu Maharani pada 12 Mar 2019, 15:00 WIB
Tak perlu pusing mencari cara untuk meredakan radang tenggorokan yang mengganggu. Karena kencur dan daun sirih bisa jadi solusinya.
Khasiat Kencur dan Daun Sirih untuk Usir Radang Tenggorokan (ideapix69/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Saat Anda mengalami radang tenggorokan biasanya timbul rasa tidak nyaman ketika sedang berbicara atau menelan. Tentu saja Anda tidak ingin berlama-lama mengalami kondisi tersebut dan ingin segera mengobatinya. Tapi sebenarnya, ada dua jenis tanaman herbal yang sejak zaman dulu dipercaya ampuh untuk mengatasi radang tenggorokan, yakni kencur dan daun sirih.

Manfaat kencur bagi tenggorokan

Menurut dr. Melyarna Putri dari KlikDokter, Curcuma zedoaria atau kencur umumnya tumbuh di Asia, seperti Indonesia, India, Thailand, dan Malaysia. Kencur yang kaya akan kandungan zat sitotoksik dan antibakteri ini dipercaya dapat membantu mengatasi radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pyogenes.

Kencur bersifat antiradang, sehingga dapat membantu membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan tersebut. Dijelaskan kemudian oleh dr. Melyarna, selain dapat membantu menonaktifkan bakteri penyebab radang tenggorokan, kencur juga dapat meredakan sensasi nyeri, panas, dan demam akibat penyakit tersebut.

Tak cuma itu, kencur juga bermanfaat melegakan saluran pernapasan dan membantu meredakan batuk berdahak lebih cepat. Biasanya, orang-orang yang pekerjaannya sangat bergantung pada kondisi tenggorokan seperti penyanyi atau pemain teater, akan menjadikan tanaman herbal ini sebagai senjata andalan sebelum tampil.

Bila kencur memiliki sejumlah manfaat untuk memelihara serta memperbaiki kondisi tenggorokan, lalu bagaimana dengan daun sirih?

Daun sirih untuk meredakan radang tenggorokan

Dijelaskan oleh drg. Callista Argentina dari KlikDokter, bahwa daun sirih mengandung antioksidan alami yang bekerja secara dominan sebagai antibakterial. Minyak atsiri dari daun sirih mengandung zat allylpyrocatechol (APC) yang sangat baik bagi kesehatan mulut.

“Karena sifat antibakterial ini, daun sirih mampu menghambat pertumbuhan bakteri serta mengurangi produksi zat asam yang dihasilkan oleh bakteri.” jelas drg. Callista. Tak cuma di Indonesia, daun sirih merupakan obat tradisional yang cukup populer di Cina dan India, terutama untuk memelihara kesehatan gigi dan mulut.

Dilansir dari berbagai sumber, air rebusan daun sirih merah juga dipercaya mampu meringankan batuk akibat radang tenggorokan karena adanya kandungan vitamin B , vitamin C, serta alkaloid yang bekerja meredakan peradangan.

Mana yang lebih baik?

Ketimbang daun sirih, memang lebih banyak sumber yang mengatakan bahwa kencur merupakan obat alami yang telah teruji dapat meredakan gangguan di tenggorokan. Namun, karena keduanya sama-sama bersifat antibakteri, baik kencur maupun daun sirih dapat membantu membunuh kuman penyebab radang tenggorokan.

Dari kacamata medis, dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter mengatakan, mengonsumsi kencur dan daun sirih itu relatif aman. Keduanya memang sudah lama sekali menjadi pengobatan tradisional yang masih diterapkan hingga sekarang.

“Ya, baik kencur maupun daun sirih bisa Anda jadikan pilihan pengobatan di rumah untuk membantu meredakan gejala radang tenggorokan. Tapi, bila pengobatan tradisional rumahan ini tidak memberikan perubahan positif selama 2-3 hari, sebaiknya periksakan kondisi radang tersebut ke dokter.” dr. Alvin menegaskan.

Sebab, bila radang yang Anda derita termasuk infeksi bakteri yang cukup parah hingga menyebabkan demam tinggi dan nyeri berlebih, Anda membutuhkan penanganan yang lebih saksama selain mengonsumsi kencur maupun rebusan daun sirih, yakni konsumsi antibiotik dan obat antinyeri.

Jika Anda sudah mengonsumsi kencur dan daun sirih tetapi penyakit radang tenggorokan tidak kunjung sembuh, jangan asal mengonsumsi antibiotik. Apabila memang Anda merasa perlu mengonsumsinya, usahakan untuk periksa ke dokter agar mendapatkan resep antibiotik yang bisa dipertanggungjawabkan.

[NP/ RVS]