6 Trik Makan Enak Tanpa Merusak Diet

Oleh dr. Nadia Octavia pada 13 Mar 2019, 08:00 WIB
Punya hobi wisata kuliner tapi takut diet rusak? Ini tipsnya agar Anda tetap bisa makan enak tanpa harus khawatir berat badan melonjak.
6 Trik Makan Enak Tanpa Merusak Diet (Have A Nice Day Photo/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Ketika traveling di tengah masa diet, tentunya amat sayang melewatkan momen wisata kuliner di destinasi wisata. Tapi tenang, menikmati sejumlah kuliner lokal tetap bisa Anda lakukan tanpa harus merusak diet, kok. Berikut ini adalah triknya:

  1. Gunakan mangkuk atau piring yang kecil

Ukuran peranti makan seperti piring, mangkuk, sendok dan garpu akan memberikan sinyal kepada otak seberapa banyak makanan yang seharusnya Anda lahap. Artinya, piring yang lebih besar akan membuat Anda makan lebih banyak.

Suatu studi dilakukan pada sekelompok orang yang makan secara prasmanan. Diketahui bahwa orang yang mendapatkan piring yang besar mengambil makanan 52 persen lebih banyak dan makan 45 persen lebih banyak dibandingkan kelompok yang menggunakan piring kecil.

Jadi, mulai sekarang biasakanlah untuk mengambil makanan dengan menggunakan piring yang kecil bila Anda ingin menjaga berat badan tetap ideal.

  1. Ambil porsi kecil

Porsi yang besar akan membuat Anda tergoda untuk makan lagi dan lagi meskipun merasa sudah kenyang. Sebab, biasanya mubazir akan menjadi alasan Anda untuk menghabiskan semua makanan yang sudah diambil atau dipesan.

Oleh karena itu saat sedang berwisata kuliner, sebaiknya pilihlah makanan dengan porsi kecil. Jika Anda pergi makan bersama dengan pasangan atau teman, berbagi porsi dengan makan sepiring bersama-sama juga bisa menjadi pilihan.

  1. Hindari makan sebelum tidur

Tidur penting untuk metabolisme, keseimbangan gula darah, hormon, dan energi. Namun, ketika Anda tidur, metabolisme tubuh akan melambat dan makanan yang baru saja dikonsumsi tentu tidak dapat tercerna dengan sempurna. Oleh sebab itu, hindarilah makan mendekati waktu tidur.

Selain berat badan Anda bisa meningkat, langsung tidur setelah makan juga bisa menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan seperti GERD atau gastroesophageal reflux disease.

Mulai sekarang, batasi jam makan malam Anda maksimal 3 – 4 jam sebelum tidur untuk memberikan kesempatan tubuh memetabolisme makanan yang Anda konsumsi.

  1. Hindari makan sambil bekerja atau di depan TV

Makan di malam hari sembari menonton acara TV favorit tentu sungguh mengasyikkan, apalagi bila setelah makan malam ditutup dengan camilan sambil menyelesaikan film favorit.

Berhati-hatilah, karena kebiasaan ini akan membuat lupa diri. Dan tanpa sadar Anda sudah menghabiskan satu stoples biskuit yang mengandung kalori dan gula tinggi.

  1. Cukup minum

Jangan sepelekan asupan air minum harian Anda. Penuhi kebutuhan air minum sebanyak 8 gelas setiap harinya. Jika Anda cukup minum dan terhidrasi dengan baik, rasa lapar keinginan untuk ngemil juga akan berkurang.

Hal ini karena terkadang tubuh menyalahartikan rasa haus sebagai rasa lapar. Meski demikian, sebaiknya yang Anda minum adalah air putih, bukan alkohol atau minuman manis yang justru bisa membuat angka timbangan Anda meningkat.

  1. Berolahraga secara teratur

Olahraga merupakan cara paling efektif untuk menjaga berat badan Anda tetap stabil meski memiliki hobi makan enak. Dengan aktif berolahraga, Anda dapat menghilangkan ekstra kalori yang menumpuk di tubuh.

Usahakan untuk tetap berolahraga paling tidak 30 menit setiap harinya. Lakukan olahraga ringan yang Anda sukai, semisal berenang, lari pagi, bersepeda atau sekadar jalan cepat. Yang terpenting, kuncinya tetaplah aktif bergerak.

Anda ingin tetap bisa makan enak tapi takut diet yang tengah dijalani sia-sia? Berbagai trik di atas bisa Anda terapkan agar berat badan tetap stabil. Kuncinya kontrol diri, niat dan hindari "lapar mata"!

[NP/ RVS]