Manfaat Minyak Kutus Kutus untuk Kesehatan

Oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong pada 19 Mar 2020, 13:00 WIB
Minyak kutus kutus kini sangat populer karena dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Apa sajakah manfaat minyak ini untuk tubuh?
Ilustrasi Minyak Kutus Kutus

Klikdokter.com, Jakarta Klikdokter.com, Jakarta Anda tentu pernah mendengar tentang minyak kutus kutus. Ya, minyak yang berasal dari Bali tersebut memang kini tengah diminati masyarakat.

Minyak ini konon sering disebut sebagai minyak kehidupan karena berasal dari daun, akar, batang tanaman sekaligus.Minyak kutus kutus termasuk obat luar sehingga penggunaannya pun cukup sederhana, hanya perlu dioleskan pada bagian tubuh yang bermasalah.

Minyak ini diyakini memiliki banyak manfaat untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan, seperti gatal-gatal, alergi, gangguan pencernaan, radang sendi, serta berkhasiat untuk mengurangi lemak dan menambah stamina.Penasaran akan khasiat dan manfaat minyak kutus kutus dari segi medis? Berikut penjelasan lengkapnya.

 

1 of 4

Mengenal Minyak Kutus Kutus dan Kandungannya

Ilustrasi Minyak Kutus Kutus
Ilustrasi Minyak Kutus Kutus

Minyak kutus kutus pada dasarnya adalah minyak yang terdiri dari campuran berbagai ekstrak tanaman herbal. Dilansir dari Intisari, Servasius Bambang Pranoto yang notabene adalah penemu racikan minyak ini menggunakan sekitar 49 jenis bahan tanaman obat untuk menciptakannya.

Artikel Lainnya: Mana Lebih Baik untuk Kesehatan, Minyak Kelapa atau Minyak Zaitun

“Minyak ini saya temukan karena pada waktu itu meracik minyak pijat untuk mengobati sakit akibat kecelakaan. Eksperimennya pun menggunakan tubuh saya sendiri sebagai bahan percobaan. Tapi, saya juga tidak asal buat, karena sebelumnya saya memang telah mempelajari pengobatan herbal,” ujarnya.

Bahan-bahan herbal yang terkandung dalam minyak kutus kutus, di antaranya minyak kelapa, daun ashitaba, gaharu, purwoceng, daun neem, jintan hitam, serai, dan temulawak. Kandungan herbal tersebut memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan sehingga tidak heran apabila minyak kutus-kutus dipercaya dapat menyembuhkan penyakit.

Minyak oles racikan Bambang ini kini berfungsi sebagai minyak oles atau minyak pijat dan diklaim dapat meredakan begah, perut tidak nyaman, keluhan saluran pencernaan, gigitan serangga, hingga meredakan pegal di otot.

Efek dari minyak kutus kutus sebenarnya sama dengan efek dari minyak esensial pada umumnya. Setelah dioleskan di kulit, senyawa dalam minyak tersebut dapat diserap dan menimbulkan efek tertentu di area yang dioleskan.

Misalnya minyak dioles di daerah kaki, maka aplikasi minyak disertai pijatan akan menimbulkan efek relaksasi. Selain itu, aroma dari minyak kutus kutus dan minyak esensial umumnya akan merangsang area di otak yang disebut sistem limbik.

Sistem limbik berperan dalam mengatur emosi, pernapasan dan denyut jantung. Itulah sebabnya pijat menggunakan minyak kutus kutus juga dapat menimbulkan rasa nyaman.

Namun, perlu digarisbawahi bahwa sampai sejauh ini belum ada bukti ilmiah yang dapat menjelaskan mekanisme efek tersebut. Selain itu, klaim bahwa minyak kutus-kutus dapat menangani penyakit gula (diabetes), penyakit jantung, kanker, dan sebagainya juga belum didukung oleh bukti ilmiah yang jelas.

Artikel Lainnya: Minyak Kemiri Bikin Kumis dan Jambang Tumbuh Lebat?

Sejauh ini penanganan penyakit-penyakit tersebut tetap lebih tepat menggunakan obat yang teruji secara klinis serta di bawah pemantauan dokter.

2 of 4

Manfaatnya Minyak Kutus Kutus

Ilustrasi Minyak Kutus Kutus
Ilustrasi Minyak Kutus Kutus

Meskipun belum ada bukti ilmiah mengenai khasiat minyak kutus kutus, bukan berarti penggunaannya dilarang. Ada beberapa kondisi atau keluhan kesehatan yang dapat dikurangi dengan menggunakan minyak kutus kutus.Berikut ini beberapa manfaat Minyak Kutus Kutus:

  1. Stres dan Gangguan Kecemasan

Stres dan gangguan kecemasan dapat terjadi pada siapa saja. Gangguan ini biasanya dapat menyebabkan aktivitas penderitanya terganggu. Apabila sudah mengganggu, Anda mungkin dapat mencoba minyak ini.

Aroma dari minyak kutus kutus dapat memberikan efek relaksasi sehingga merangsang sistem limbik di otak dan dapat menurunkan stres dan mengusir kecemasan.

  1. Nyeri pada bagian tubuh tertentu

Beberapa bahan yang terkandung pada minyak kutus kutus berfungsi sebagai obat analgesik atau pereda nyeri. Penggunaan minyak kutus kutus yang dikombinasikan dengan obat-obatan dapat membantu membantu mengurangi rasa nyeri seperti nyeri punggung bawah, nyeri otot, nyeri pada saat dtang bulan, dan nyeri kepala.

  1. Gangguan tidur

Insomnia adalah salah satu keluhan yang umum ditemui pada orang dewasa. Minyak kutus kutus ternyata bisa menjadi salah satu penawarnya. Penggunaan minyak ini sebelum tidur dapat memberikan efek nyaman, sehingga tubuh terasa lebih rileks dan tidur pun lebih lelap.

  1. Menambah berat badan bayi

Pijat bayi yang saat ini sedang menjadi tren di kalangan orang tua milenial juga dapat dilakukan di rumah dengan menggunakan minyak kutus kutus. Pijat bayi menggunakan minyak memiliki banyak keuntungan, diantaranya meningkatkan penyerapan lemak dari ASI, sehingga berat badan bayi bertambah. Selain itu, pijat bayi juga dapat membuat bayi tidur lebih nyenyak.

Artikel Lainnya: Ampuhkah Minyak Jarak untuk Memanjangkan Bulu Mata?

Selain kondisi-kondisi di atas, minyak kutus kutus juga dapat digunakan sebagai anti nyamuk alami. Aromanya yang khas tidak disukai oleh nyamuk dan serangga, sehingga Anda cukup mengoleskan minyak ini di tangan dan kaki saat beraktivitas atau sebelum tidur agar tidak lagi diganggu nyamuk.

Selain itu, fungsi minyak kutus-kutus lainnya, yakni sebagai antioksidan, peningkat vitalitas, dan pelembap kulit.

3 of 4

Efek Samping Minyak Kutus Kutus

Ilustrasi Minyak Kutus Kutus
Ilustrasi Minyak Kutus Kutus

Meskipun banyak manfaatnya, Anda tetap perlu mengantisipasi beberapa efek samping dari penggunaan minyak kutus kutus. Apabila setelah mengoleskannya timbul rasa gatal, kulit kemerahan, tampak melepuh, dan terasa panas, sebaiknya segera hentikan penggunaannya. Karena bisa jadi Anda mengalami reaksi alergi.

Selain alergi karena kandungan tertentu, reaksi alergi yang timbul juga bisa disebabkan oleh minyak kutus kutus yang palsu. Oleh karena itu, sebelum membeli, pastikan bahwa minyak kutus kutus yang Anda beli asli.

Selain itu, jangan coba-coba untuk meminum minyak kutus kutus. Karena ijin BPOM yang tertera adalah hanya untuk pemakaian luar, yakni sebagai minyak oles, bukan obat minum.Manfaat minyak kutus kutus dalam menangani berbagai penyakit memang masih perlu ditelaah lebih lanjut secara ilmiah.

Namun, Anda dapat menggunakannya untuk mengurangi gejala dan keluhan seperti yang disebutkan di atas,sembari tetap waspada bila timbul gejala alergi terhadap minyak kutus kutus.

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓